Monday 27 January 2020

5 Contoh Menu Sarapan Sehat dan Praktis

Pernah baca kalimat ini "Don't skip yout breakfast"? Bagi saya sarapan itu wajib, penting sekali untuk kelangsungan hidup satu hari, tsah. Iya lho bener, kebayang nggak sih kalau kita melewatkan sarapan. Pastinya badan loyo, nggak semangat dan bisa sampai mendadak pingsan. Duh, jangan sampai ya. Dengan sarapan kita akan mendapatkan sumber energi dan salah satunya bisa membuat suasana mood lebih baik.

Ada banyak menu sarapan yang bisa kita pilih, seperti sarapan seadanya dengan 2 buah pisang goreng dan teh hangat. Atau sekedar untuk mengisi perut saja, misalnya satu porsi roti bakar dengan segelas susu. Atau dengan menu favorit seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi goreng atau nasi pecel. Tapi ada sebagian orang yang mulai mengubah isi piring sarapannya, dari pisang goreng, nasi uduk menjadi menu yang lebih mudah dicerna oleh tubuh, menu yang ringan. Misalnya sarapan dengan segelas jus atau potongan buah saja.

Nah, untuk sarapan buah biasanya saya rajin beli buah musiman atau buah lokal yang banyak ditemui di pasar atau di tukang sayur. Misalnya pepaya, pisang, mangga. Alpukat biasanya saya selalu dibawain ibu kalo pulang ke Jombang. Artinya kalo sering makan alpukat, beraryi batu pulang ke Jombang ahahaha. Karena saya nggak jago banget pilih alpukat yang isinya mulus. Nah, biasanya buah saya potong kecil-kecil lalu ditaruh di piring. Kadang buah saya jus, bisa ditaruh di gelas atau kadang saya hidangkan di mangkok kecil dengan tambahan potongan buah, granola dan lain sebagainya.

Mau tahu buah apa aja yang sering kami konsumsi di rumah?

5 Contoh Menu Sarapan Sehat dan Praktis 
Berikut 5 contoh menu sarapan sehat dan praktis ala HM Zwan :


1. Buah Potong APePi (Alpukat, Pepaya, Pisang)
Bahan :
1 buah alpukat, potong ukuran sedang
1 iris buah pepaya, potong kecil
2 buah pisang Chia seed secukupnya
Madu secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.


2. Smoothie Alpukat
Bahan :
1 buah alpukat
4 sdm air

Toping :
Mangga gadung
Granola

Cara membuat :
Blender semua bahan. Tuang dalam mangkok. Hias dengan toping.

Resep praktis >> 5 Resep Smoothie Gampang dan Praktis 



3. Jus Kesemek
Bahan :
1 buah kesemek
1 buah apel
Segelas kecil air

Cara membuat :
Blend semua bahan, tuang digelas, hidangkan.


4. Buah Potong APi (Alpukat, Pisang)
Bahan :
1 buah alpukat, potong ukuran sedang
2 buah pisang
Chia seed secukupnya
Madu secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.

5. Buah Potong PePi (Pepaya, Pisang)
Bahan :
2 iris buah pepaya, potong kecil
2 buah pisang 
Chia seed secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.  
Kenyang nggak sih sarapan buah? Alhamdulillah sejauh ini sarapan buah itu mengenyankan. Biasanya saya sarapan buah sebelum jam 9 pagi, seringnya jam 7 pagi bareng sama suami. Kalau lapar biasanya saya makan buah lagi, yang penting stok buah selalu tersedia. Kalau lapar, ya ngemil buah lagi. Sejak sering sarapan buah, banyak sekali hal positif yang saya rasakan. Salah satunya urusan BAB, dulu BAB dalam seminggu bisa dihitung jari. Dan parahnya sampai sembelit huhuhu. Alhamdulillah sekarang urusan ke belakang lebih lancar dan badan lebih enakan, nggak gampang sakit. Terutama batuk dan flu, ini kerasa banget. Karena dulu hampir setiap bulan saya pasti sakit batuk flu. Langganan banget...Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik.

Teman-teman, ada yang suka sarapan buah?

1 comment:

  1. Pernah seminggu terus menerus berusaha istiqomah sarapan buah. Cari yang paling murah, buah pepaya. Lama-lama blenger. Sekarang sudah kembali sarapane nasi secenthong sambel plus iwak asin atau nasi goreng.Duuh mana timbangan semakin ke kanan. Kalau baca gini pengin istiqomah sarapan buah lagi.

    ReplyDelete