Skip to main content

Pengalaman Membuat Krim Custard Enak dan Mudah a la Endang JTT

Ada yang pernah dengar krim custard??saya termasuk yang baru tahu nama krim custard setahun yang lalu. Ceritanya, waktu itu saya pas pingin banget nyoba resep baru. Lagi-lagi ketika googling, saya dipertemukan dengan blognya mbak Endang JTT, Just Try and Taste. Sebenarnya saya termasuk followersnya mbak Endang di blog, sering jadi silent reader. Paling seneng main ke blog JTT soalnya step by stepnya komplit banget, plus ada foto-fotonya. Jadi, saya sebagai koki rumah tangga baru tertolong bangetlah sama ulasan masakannya mbak Endang.

Ohya, waktu itu kalau nggak salah saya googlingnya resep bikin roti pakai teflon. Nggak tau, waktu itu saya kepengen banget bikin roti. Berhubung saya belum punya oven, ada juga oven milik bulek tapi males ngambilnya. Akhirnya dapat resep roti manis isi krim custardnya mbak Endang. Untuk adonan rotinya saya nggak main nguleni pakai tangan tapi pakai mixer yang kakinya gelombang. Jadi, adonan rotinya bagus banget dan lembut. Dan hasilnya juga memuaskan banget buat pemula seperti saya, baru pertama kali bikin roti manis dan sukses. Ohya, saya membuat roti manisnya tidak menggunakan oven ya, jadi manggangnya pakai wajan serbaguna. Kalau mbak Endang pakai teflon frypan kalau nggak salah, nah kalau saya pakai wajan serbaguna. Bentuknya tidak seperti teflon frypan tapi mirip panci. Teman saya menyebutnya wajan tempura, tapi memang namanya wajan tempura sih hehehe. Yang penasaran bentuknya, silahkan lihat di link resep roti manis ya.

Isi roti manis menggunakan krim custard. Cara membuatnya pun gampang banget, yang penting ikuti petunjuk cara membuatnya. Apalagi buat pemula, harus hati-hati ya, biar nggak salah. Berikut resep krim custardnya.

Krim Custard
By : Endang JTT

Bahan Krim Custard :
4 butir kuning telur
50 gram tepung maizena
100 gram gula pasir
1 sdt vanili ekstrak (saya pakai vanili bubuk)
500 ml susu cair (saya pakai ultra milk)
50 gram mentega/margarin (saya pakai margarin)

Cara Membuatnya :
- Siapkan mangkok, masukkan kuning telur, gula pasir dan tepung maizena. Aduk sampai smooth.
- Siapkan panci, masak susu cair dengan api kecil sampai hangat (jangan sampai mendidih). Tambahkan mentega, aduk, matikan kompor dan biarkan susu dingin.
- Tambahkan 50 ml susu cair ke adonan telur, aduk rata. Masukkan lagi 100 ml susu cair ke adonan telur, aduk sampai encer.
- Masukkan adona telur ke sisa susu cair yang ada di panci, masak dengan api kecil, aduk sampai adonan mengental dan menjadi krim.
- Jika sudah meletup-letup, matikan kompor, pindahkan ke dalam wadah dan tutup dengan plastik/plastik wrap.


Tekstur dari krim custard ini lembut banget dan harum. Rasanya pun khas, enak bangetlah. Saya sudah tiga kali bikin, yang kedua untuk isi donat. Ohya, untuk tepungnya sendiri, menggunakan tepung maizena ya. Bukan tepung terigu, ketan atau beras hehe. Saya menggunakan tepung maizena biasa, atau bisa juga menggunakan corn starch Markaindo.

Kalau ditanya, ada nggak tips agar tidak gagal membuat krim custard??jawabannya cuma dua kata, nggak ada. Yang penting, ikuti petunjuk pembuatan krim custard. Dari mulai bahan, takaran sampai step by stepnya. Biar apa??biar jadilah krim custardnya hehehe.
Dear mbak Endang JTT, terima kasih ya untuk resep dan ilmu memasaknya...^^

Teman-teman, ada yang pernah bikin krim custard sendiri??ayo dong cerita..

Comments

  1. waaa kayaknya gak susah yaa, pengen ah bikinin buat anak2 di rumah...

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah bikin mbak. Dan kayaknya gak bisa bikin roti, deh. Bikin yg bahannya sudah cemepak tinggal action saja kadang kurang berhasil. HIhihi.

    ReplyDelete
  3. Mau bikin ini tapi nggak kesampean mlulu :)) enak ya mbaaa, mau nyolek 😆

    ReplyDelete
  4. Haha suka sedih sendiri kalau buat cake gak pernah berhasil heuheu.

    ReplyDelete
  5. Agak ribet ya mbaaa Wkwkkwkw. Tapi kalo beli mahallllll :D

    ReplyDelete
  6. tipsnya untuk berhasil adalah selalu mencoba jangan takut gagal...heheheheh

    ya Allah jadi penngen belajar masak, biar suami bisa bahagia teruss...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis