Friday 7 April 2017

Pengalaman Membuat Krim Custard Enak dan Mudah a la Endang JTT

Ada yang pernah dengar krim custard??saya termasuk yang baru tahu nama krim custard setahun yang lalu. Ceritanya, waktu itu saya pas pingin banget nyoba resep baru. Lagi-lagi ketika googling, saya dipertemukan dengan blognya mbak Endang JTT, Just Try and Taste. Sebenarnya saya termasuk followersnya mbak Endang di blog, sering jadi silent reader. Paling seneng main ke blog JTT soalnya step by stepnya komplit banget, plus ada foto-fotonya. Jadi, saya sebagai koki rumah tangga baru tertolong bangetlah sama ulasan masakannya mbak Endang.

Ohya, waktu itu kalau nggak salah saya googlingnya resep bikin roti pakai teflon. Nggak tau, waktu itu saya kepengen banget bikin roti. Berhubung saya belum punya oven, ada juga oven milik bulek tapi males ngambilnya. Akhirnya dapat resep roti manis isi krim custardnya mbak Endang. Untuk adonan rotinya saya nggak main nguleni pakai tangan tapi pakai mixer yang kakinya gelombang. Jadi, adonan rotinya bagus banget dan lembut. Dan hasilnya juga memuaskan banget buat pemula seperti saya, baru pertama kali bikin roti manis dan sukses. Ohya, saya membuat roti manisnya tidak menggunakan oven ya, jadi manggangnya pakai wajan serbaguna. Kalau mbak Endang pakai teflon frypan kalau nggak salah, nah kalau saya pakai wajan serbaguna. Bentuknya tidak seperti teflon frypan tapi mirip panci. Teman saya menyebutnya wajan tempura, tapi memang namanya wajan tempura sih hehehe. Yang penasaran bentuknya, silahkan lihat di link resep roti manis ya.

Isi roti manis menggunakan krim custard. Cara membuatnya pun gampang banget, yang penting ikuti petunjuk cara membuatnya. Apalagi buat pemula, harus hati-hati ya, biar nggak salah. Berikut resep krim custardnya.

Krim Custard
By : Endang JTT

Bahan Krim Custard :
4 butir kuning telur
50 gram tepung maizena
100 gram gula pasir
1 sdt vanili ekstrak (saya pakai vanili bubuk)
500 ml susu cair (saya pakai ultra milk)
50 gram mentega/margarin (saya pakai margarin)

Cara Membuatnya :
- Siapkan mangkok, masukkan kuning telur, gula pasir dan tepung maizena. Aduk sampai smooth.
- Siapkan panci, masak susu cair dengan api kecil sampai hangat (jangan sampai mendidih). Tambahkan mentega, aduk, matikan kompor dan biarkan susu dingin.
- Tambahkan 50 ml susu cair ke adonan telur, aduk rata. Masukkan lagi 100 ml susu cair ke adonan telur, aduk sampai encer.
- Masukkan adona telur ke sisa susu cair yang ada di panci, masak dengan api kecil, aduk sampai adonan mengental dan menjadi krim.
- Jika sudah meletup-letup, matikan kompor, pindahkan ke dalam wadah dan tutup dengan plastik/plastik wrap.


Tekstur dari krim custard ini lembut banget dan harum. Rasanya pun khas, enak bangetlah. Saya sudah tiga kali bikin, yang kedua untuk isi donat. Ohya, untuk tepungnya sendiri, menggunakan tepung maizena ya. Bukan tepung terigu, ketan atau beras hehe. Saya menggunakan tepung maizena biasa, atau bisa juga menggunakan corn starch Markaindo.

Kalau ditanya, ada nggak tips agar tidak gagal membuat krim custard??jawabannya cuma dua kata, nggak ada. Yang penting, ikuti petunjuk pembuatan krim custard. Dari mulai bahan, takaran sampai step by stepnya. Biar apa??biar jadilah krim custardnya hehehe.
Dear mbak Endang JTT, terima kasih ya untuk resep dan ilmu memasaknya...^^

Teman-teman, ada yang pernah bikin krim custard sendiri??ayo dong cerita..

7 comments:

  1. waaa kayaknya gak susah yaa, pengen ah bikinin buat anak2 di rumah...

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah bikin mbak. Dan kayaknya gak bisa bikin roti, deh. Bikin yg bahannya sudah cemepak tinggal action saja kadang kurang berhasil. HIhihi.

    ReplyDelete
  3. Mau bikin ini tapi nggak kesampean mlulu :)) enak ya mbaaa, mau nyolek 😆

    ReplyDelete
  4. Haha suka sedih sendiri kalau buat cake gak pernah berhasil heuheu.

    ReplyDelete
  5. Agak ribet ya mbaaa Wkwkkwkw. Tapi kalo beli mahallllll :D

    ReplyDelete
  6. tipsnya untuk berhasil adalah selalu mencoba jangan takut gagal...heheheheh

    ya Allah jadi penngen belajar masak, biar suami bisa bahagia teruss...

    ReplyDelete