Skip to main content

Resep Jajanan dengan 5 Bahan


Resep Jajanan dengan 5 bahan. Kapan hari, sempat ada teman yang tanya. "Em, kira-kira kalau bikin jajanan dengan bahan dikit bisa nggak ya??". Dengan spontan saya menjawab, "Ya bisalah, gampang bangettt..". Akhirnya saya diberi PR sama teman untuk menulisnya di blog. Buat saya, bikin jajanan dengan bahan yang minim itu menyenangkan. Selain cari ide baru, setidaknya kalau mendadak ada tamu ke rumah, mau nggak mau harus bikin kue yang sifatnya dadakan tapi enak dan pantas. 

Bulan lalu ada teman waktu ngajar dulu mendadak main ke rumah, mau lihat baby Kaizu dan silaturahmi. Maklum sudah dua tahun tidak bertemu, jadi pas banget momennya, pas saya habis lahiran dan sedang tinggal di Batam. Tepatnya dua jam sebelum sampai rumah, teman saya telpon. Mendadak bingung, karena saya belum boleh pakai sepeda motor dan suami di luar kota. Sedangkan di rumah stok kue sudah habis, akhirnya lihat stok bahan di dapur, ada terigu, telur dan di kulkas ada sawi. Akhirnya saya bikin kulit risoles dan terciptalah kue martabak telur hehehehe. Nggak sampai satu jam, 10 buah martabak telur sawi matang cantik dengan bahan minim. 

Resep Jajanan dengan 5 Bahan
1. Lumpia sayur
Bahan : Kulit lumpia, bawang bombai, kubis, saos tiram, telur.
Cara membuat isi lumpia sayur : tumis bawang bombai sampai harum, masukkan irisan kubis, saos tiram, kemudian telur. Aduk sampai tercampur rata dan matang.
Cara membuat lumpia : Siapkan kulit lumpia, isi dengan tumis kubis, gulung seperti membuat amplop, terakhir olesi kulit lumpia dengan putih telur agar menempel. Goreng lumpia sampai kuning kecoklatan, angkat lalu hidangkan.

2. Kue nangka
Bahan : Nangka (iris kotak-kotak), tepung terigu, gula, garam, air
Cara membuat : Siapkan wadah, campur semua bahan, aduk sampai menjadi adonan. Panaskan minyak goreng dan cetakan bakwan (semacam centong sayur, khusus buat gorengan). Ambil adona dan cetak di centong sayur, goreng sampai warna kecokelatan, angkat lalu hidangkan.

3. Martabak telur
Bahan : Kulit lumpia, daging cincang, daun bawang, saos tiram, telur
Cara membuat isi martabak telur : Siapkan wadah, masukkan daging cincang, daun bawang, saos tiram dan telur, aduk sampai tercampur.
Cara membuat : Panaskan teflon dengan minyak goreng sedikit. Siapkan kulit lumpia, isi dengan isian martabak telur, lipat dan pindah ke teflon, goreng, balik, jika sudah matang angkat. HIdangkan selagi hangat.

4. Getas nasi
Bahan : Nasi, kelapa parut, tepung terigu, gula, air mendidih
Cara membuat : Siapkan wadah, uleni nasi dengan gula dan kelapa parut, tambahkan tepung terigu lalu masukkan air mendidih, aduk sampai tercampur. Panaskan minyak goreng, goreng adonan getas nasi sampai kecokelatan, angkat lalu hidangkan.

Gampang kan??cukup dengan 5 bahan, jadilah sebuah jajanan yang nikmat. Kalau lumpia sayur, kebetulan saya sering bikin. Kue nangka, pertama kali incip waktu sekolah di Ponorogo, enak banget, harum nangkanya bikin ketagihan. Martabak telur, lumayan sering bikin, apalagi kalau ada bulek main ke rumah. Nah kalau getas nasi ini, favorit ibu saya, dulu waktu kecil setiap hari selalu bikin getas nasi buat sarapan, paling enak dinikmati pas masih anget sambil minum teh, heummm sedap.

Teman-teman ada yang punya resep serupa???


*****






Comments

  1. Martabak telur nih boleh dicoba...

    ReplyDelete
  2. Fotonya benar2 menggiurkan kek daftar jajanannya. Dan itu getas nasi jajanan everlasting ya mb :) *ngilerrr*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..iyaaa,sampe sekarangibuku masih seing bikin^^

      Delete
  3. Mau cobain yang getas nasi ah, sayang banget sering sisa nasinya :(
    Kulit lumpianya bikin sendiri, atau beli, Han?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bleh juga makpuh^^.
      Getas nasi, nguleninya sampai nasi agak lembut,kasih air mendidihnya dikit2 sampai jadi adonan lembek (nggak cair).
      Kulit lumpianya kadang beli kadang bikin sendiri,kalau nggak mau ribet bisa beli di pasar makpuh :)

      Delete
  4. Wuih..bisa ya, bikin penganan dg bahan minimal? coba aah..*kalo nggak males hihi.. :p

    ReplyDelete
  5. Wah asyik..ada referensi bikin jajanan selama 5 hari bahannya pun gampang.moga2 ga males bikinnya hehhee...

    ReplyDelete
  6. Kalo getas nasi aku belum pernah membuat. Yang paling sering martabak telur itu, tapi saos tiramnya aku pake garam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,kadang aku pakai garam kadang nggak hehehe

      Delete
  7. Mbaak.. penasaran sama kue nangka, pengen coba aahh.. nyari nangka dulu :)

    ReplyDelete
  8. aku paling suka buat pangsit goreng..dengan bahan minimal juga hehehe

    ReplyDelete
  9. maen ke rumah mbak hanna ah, biar dapet jajan, hehe

    ReplyDelete
  10. Huwaa.. kue nangkanya kayangnya asik, ada rasa asin dan manis khas nangka gitu ya? Mau coba kalau batuk udah sembuh..hihiyy ^^

    ReplyDelete
  11. Wiii mantap banget resepnya... Bisa dicoba nih, simple yaaa :D

    ReplyDelete
  12. Numpang lewat aja soalnya saya cuma bisa makannya doang ahah

    ReplyDelete
  13. Dari 5 kue itu hanya kue nangka yang belum pernah saya makan
    kalau kolak nangka sih sudah
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  14. Sumpahhh ... jadi baperrr... eh laperrr

    ReplyDelete
  15. kue nangka dan getas nasi belum pernah coba ...

    ReplyDelete
  16. hehe..sama seperti yang lain, kue nangka dan getas nasi saya belum perah coba.. :)
    mau bikinin buat saya mak? *huaaa..digetokpakecentong

    ReplyDelete
  17. Martabak telur susah nya di bagian goreng harus lincah tangan nya haha

    Nonton film free

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.