Tuesday, 23 February 2016

Menu Makanan Mudah dan Enak Untuk Ibu Menyusui


Menu Makanan Mudah dan Enak Untuk Ibu Menyusui. Akhir-akhir ini saya sering banget bahas tentang  hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan, melahirkan dan menyusui. Sesuai dengan jorgan blognya, jadi apapun yang saya alami perlu diceritakan di blog, apalagi hal-hal yang terkenang dan mungkin bermanfaat untuk orang yang sedang mencari informasi. Ngomongin soal ibu menyusui, banyak hal yang saya ingat tentang masalah ini. Kata orang ibu menyusui itu...banyak makan, suka lapar, cepet kurus (kok saya nggak kurus-kurus??nah lo), cepet gemuk, cepet capek dan masih banyak lagi. Kalau cepet kurus kayaknya belum terbukti ya, khususnya buat saya hahahaha. Ngarep banget ya cepet kurus, gimana mau kurus, makan terusss hehe. 

Katanya, ibu menyusui itu harus banyak makan makanan bergizi. Jadi ingat omongan ibu saya, paling nikmat itu lihat orang nyusui makan, apapun lauknya, makannya nikmattt banget. Kalau dipikir-pikir, iya juga sih. Mau lauknya tahu tempe, rasanya nikmat banget, apa mungkin karena udah  lapar banget jadi langsung makan, jadinya nikmat banget. Bener nggak sih??hehehe... Kali ini saya mau sharing menu makanan yang mudah dibuat dan pstinya enak untuk ibu menyusui.

Menu Makanan Mudah dan Enak Untuk Ibu Menyusui
1. Sayur bening daun katuk
Dulu, pas baru pulang dari rumah sakit, satu minggu setelah melahirkan, ibu sering banget nyaranin saya bikin sayur bening daun katuk. Sampai bosen rasanya hehehe, biar nggak bosan, ada tambahannya yaitu manisah. Jadi nggak daun katuk aja gitu, ada irisan manisahnya. Lauk andalan selama satu bulan setelah melahirkan adalah, tahu, tempe dan ikan goreng.
Bahan : Daun katuk, manisah.
Bumbu : Bawang merah, kunci, jahe, garam dan gula.
Cara membuatnya : Panaskan air, masukkan irisan bawang merah, kunci dan jahe yang digeprak. Masukkan daun katuk, manisah, garam dan gula. Jika sudah matang, angkat.
2. Sayur sop daging
Saya, paling senang sama makanan berkuah, salah satunya sop. Sop apapun, mulai dari sayur sop sayur aja, sop ayam sampai sop daging. 
Bahan : Daging sapi, wortel, kubis, buncis, kentang, brokoli, daun bawang pre, daun seledri dan bawang goreng.
Bumbu halus : Bawang merah, bawang putih, daun bawang pre, garam, gula
Cara membuatnya : Siapkan panci, panaskan air, masukkan daging, masak sampai daging empuk. Tumis bumbu  halus sampai harum, masukkan ke panci yang berisi daging, tambahkan sayuran, garam dan gula. Jika sudah matang, angkat dan taburi dengan bawang goreng. 

3. Tumis pare tempe ikan teri
Pare adalah salah satu sayur pahit yang saya suka, bahkan suka bangetttt. Sebelum di tumis, iris pare tipis-tipis, taburi dengan garam, uleni sampai pare lemes kemudian cuci bersih. Paling suka tumis pare sama tempe dan teri, uww sedapnyaaa.
Bahan : Sayur pare, tempe (iris tipis, goreng setengah matang), ikan teri, garam, gula, merica, kaldu ayam.
Bumbu tumis : Bawang merah, bawang putih, laos, daun salam.
Cara membuatnya : Tumis bumbu sampai harum, masukkan pare, tempe dan ikan teri lalu aduk. Tambahkan garam, gula, merica dan kaldu ayam, aduk sampai tercampur rata. Jika sudah matang, angkat.

4. Sayur capcay
Selain sayur sop, saya juga suka sayur capcay. Kok semua suka ya??maklum, demen makan bangettt hehehe. Saya kalu bikin sayur capcay biasanya saya tambahin daging ayam cincang, biar sedep gitu hehehe.
Bahan : Ayam cincang, wortel, brokoli, kubis, sawi putih, sawo hijau, daun bawang pre, garam, gula,  merica, saos tiram.
Bumbu tumis : Bawang bombai, bawang putih, daun bawang pre (ambil putihnya saja).
Cara membuatnya : Panaskan minyak goreng, tumis bumbu sampai harum, masukkan ayam cincang. Tambahkan air, jika sudah matang masukkan sayuran, garam, gula dan saos tiram. Jika sayur sudah empuk, angkat dan sajikan.

Itu dia empat menu makanan saya setiap hari, nggak jauh-jauh sama sayur sop, capcay, sayur bening, sayur asem dan tumis hehehe. Masaknyapun mudah, apalagi rasanya, uwww enak hehehe.
Teman-teman sudah masak apa hari ini..???


***


41 comments:

  1. wah enak semua, kalok begini mah daku bs makan 6 kalian hehe, kalau dulu daun katuk aku bikin jd urab2 mbak hanna, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaha...wah,ide bagus,daun katuk buat urap2^^

      Delete
  2. Sop en capcay, saya suka saya suka :D

    ReplyDelete
  3. dulu waktu masih menyusui, ibuku selalu paksa makan ini itu, tapi aku kok gak doyan makan sama sekali. ya, makan juga porsinya sedikit. apa ajanya menunya, ya dipaksain masuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, ibuku juga suka maksa makan banyakkk..hehe

      Delete
  4. Saya gak menyusui tapi saya doyan makanan nomor 2 sampai 4
    duh duh piye ki apa susuku jadi bancar, piye ikiiiiiiiii T___T

    ReplyDelete
  5. beettuuulll...kalau pas menyusui bawaannya laper terus, apa yang ada dimakan semua, cuma telor rebus dan sambel pun rasanya enak banget :D

    ReplyDelete
  6. ikut menyimak menu makannya mbak. buat referensi nantinya.Bw ah. sekalian biar nambah baraya.

    ReplyDelete
  7. Beneer mba.. Aku br aja lahiran bbrp hari lalu. Spy asi bnyk makanin apa aja yg dimasak ama si mba art, rasanya enak2 aja ;) daun katuk beningpun berasa nikmat :D.. Skr sih aku blm ampe tahap eneg makannya :p

    ReplyDelete
  8. Uhuyyyy...aku doyan juga mbak...tenang aja...aku nggak kurus2 juga kok...hahaha

    ReplyDelete
  9. semuanya enak dan favorit kau juga tuuh. Sayur katuk ngg ada di sini hiks..jadi kangeen :)

    ReplyDelete
  10. Iyahh Mbak, jadi busui itu nikmat banget deehh klo soal selera makan. Biar kata nasi putih ama telor dadar aja itu maahh nyamiii deehh..

    Awal2 jadi busui juga slalu ada tuh menu daun katuk, hehehheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,kalo nyusui pasti disuruh makan daun katuk

      Delete
  11. Ane bukan ibu hlo mbak tapi ane suka. Hahahhaha

    ReplyDelete
  12. Catat duluuuu... Inshaa Allah lagi program... program menjemput jodoh... hehehe

    Nanti, kalau udah jadi ibu-ibu, obrak-abrik lagi catatan di sini, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..semoga didekatkan jodohnya,aamiin

      Delete
  13. Aku belum pernah makan sayur daun katuk.

    ReplyDelete
  14. busui makanannya enak2 ya, ada capcay juga :D klo pare aku ga doyan, mba Hanna, paitnya ga nahan, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak lo mbak,dulu aku g suka tapi sekarang doyan bangett

      Delete
  15. Aaakkkkkkkk sukaa menu-menunya, apalagi capcay heheheh menu hari ini pengen ikan bakar :D

    ReplyDelete
  16. kol juga konon bisa memperbanyak ASI mak Hana...

    ReplyDelete
  17. jadi kangen masa menyusui y mb, makan apa aja lahap dan bs kurus gt coz dsedot sama debay, hihii.tapi y gitu habis masa menyusui selesai pola makannya msh tetap jadinyaaa melarr lagii haha

    ReplyDelete
  18. ini menu sederhana tp menggoda banget gmbarnya

    ReplyDelete
  19. Eh Mbak Baru melahirkan dilarang makan tauge ntar cepet hamil lagi *korban mitos* ehehe

    ReplyDelete
  20. saya sdg tidak menyusui tp saya suka mkannya...hahhahaha....
    perlu nih di aplikasikan klo udah merid...

    ReplyDelete
  21. Nomor 3 favorit aku juga mba.. Bisa juga diganti daun pepaya sama teri, oseng pedes :D
    Rasanya lapar terus klo menyusui, itu akuu.. Hihiii

    ReplyDelete
  22. aku baru buat juga tumis toge tapi pakai jambal. Untuk ibu menyusui bagus ya toge

    ReplyDelete
  23. enak2 semua..bisa habis semangkuk sendiri he he he

    ReplyDelete
  24. duh enak semua itu :).. ibu menyusui selalu lapaaar

    ReplyDelete