Tuesday, 7 October 2014

Mie Daun Kelor

Mie daun kelor???beneran nggak sih???ya bener lah, masak bohong hehe. Ceritanya saya juga norak banget pas lihat kemasan mie yang saya pegang saat itu, kalau mie hijau paling-paling pewarna alaminya dari bayam, eh ternyata ini beda. Mie organik milik Javara ini ternyata mie daun kelor, biasanya kan dari bayam ternyata bukan, unik dan kreatif banget idenya. Dapat 3 mie dengan warna yang berbeda rasanya menjadi tantangan sendiri bagi saya untuk mengolahnya, kapan hari mie cabe merah saya masak mie ayam. Kali ini karena baru saja belanja cumi dan udang segar di pasar, jadinya dimasak goreng basah seafood ajalah kayaknya mantap
MIE DAUN KELOR GORENG SEAFOOD BASAH

Bahan:
Mie daun kelor 1 kotak (1 bungkus isi 2 kotak panjang)
Telur 1 buah, goreng orak arik
Udang 8 buah
Cumi 5 buah, potong sesuai selera
Daun seledri 1 ikat, cincang halus
Cabe hijau 3 buah, iris serong
Garam
Gula
Kaldu ayam

Bumbu halus:
Bawang merah 5 buah
Bawang putih 2 buah
Cabe rawit 5 buah
Cabe merah 2 buah

Cara memasak:
Rebus mie daun kelor, tuang 3 sdm agar mie tidak lengket. Jika sudah matang agkat, tiriskan.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, cabe hijau, masukkan udang dan cumi. Biasanya keluar air dan tidak lagi menambah air.
Masukkan garam, gula, kaldu ayam dan mie daun kelor, aduk.
Tambahkan telur dan daun seledri, aduk, jika sudah tercampur angkat lalu hidangkan.
Tekstur mie daun kelornya seperti biasa lembut banget, beda dengan mie telor, kami suka banget, sayang sekali sepertinya hanya tersedia di Jakarta dan sekitarnya. Kebetulan tidak ditambah air karena pas masukin cumi sama udang mendadak air keluar, dan jadilah mie goreng basah. Semuanya rasanya nikmat, alhamdulillah. Ohya, tips untuk masak cumi jangan terlalu lama karena teksturnya pasti akan alot. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

61 comments:

  1. Baru tahu ada mie daun kelor. Memang sih biasanya mie organik dari bayam, wortel dan sayuran lainnya. Tapi gimanapun kalau mie rasanya enak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. non organik juga banyak mas,saya sering baca teman2 foodblogger yang bikin tapi yang ini saya bener2 kaget pas pertama kali baca hehe..kreatif idenya :D

      Delete
  2. Wah baru denger nih ada MIE DAUN KELOR. Heihiehiee,. Kebetulan juga saya fans berat MIE baik mie KUAH maupun MIE GORENG. baca baca dulu ahhhhhhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama pak,silahkan disoba dan dicari mienya hehe

      Delete
  3. Ga kebayang daun kelor bisa jd campuran mi... penasaran!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,warna yang bagus,rasa yang enak dan lembut ^^

      Delete
  4. Javara ini produknya memang bagus ya, semua natural :)))

    Mienya look so yummy #Ngiler :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,organik semua....silahkan dinikmati hehehe

      Delete
  5. Seperti biasa...menggoda..mie Daun Keller udah dijual di supermarket mak????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudha mak,kapan hari teman ada yang nyari2 pas habis baca ulasan saya,ketemu juga,,tapi di Jakarta,belum tau dikota2 lainnya :D

      Delete
  6. rasanya seperti apa ya, soalnya saya belum pernah merasakanya dan membuatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. teksturnya lembut,beda mienya,enak banget

      Delete
  7. hmm enak kayanya jadi pengen nyobain tpi sayang di sini engga ada :(

    ReplyDelete
  8. saatnya makan siang, liat menu masakan, jadi laper deh... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas bangettt..silahkan dicoba hehe

      Delete
  9. baru tau ada mie daun kelor, nyari ha kebetulan ada daun kelor depan rumah *loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sama mak,wah asik tuh punya daun keor haha

      Delete
  10. belinya dimana mak?ahhh jadi penasaran sayah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di supermarket daerah jakarta dan sekitarnya sudah ada mbk,kapan hari teman nyari dan dapet.produk organic punya javara

      Delete
  11. Itu mienya bisa di dapet di mana mak Hana? Dijual di supermarket atau di pasaran ga? Seru aja daun kelor jadi mie hihihi...bikin penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di supermarket daerah jakarta dan sekitarnya sudah ada mbk,kapan hari teman nyari dan dapet.produk organic punya javara ^^

      Delete
  12. aku baru dengar juga nih mie daun kelor,,,kalo buah kelor sih udah tau,,tapi nggak pernah makan mbak,,,sedep banget nih ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,malah saya yang belum tau penampakan buah kelor,ada buahnya ternyata hehe

      Delete
  13. Mak, dibanding foto2 yang lain, food photography mu menonjol banget.. Bagus-bagus dan artistik. Resepnya juga unik-unik.. Kenapa gak bikin food blog sekalian? hehehe
    Saran aja sih.. Soalnya sayang banget ditumplekin di sini.. Kalo jadi food blog sendiri, pasti keren banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi....banyak yang kasih saran juga sih,tapi ini yang makjleb hahaha...oke,ditimbang dan dipikir2 dulu makkandi..makasih ya :D

      Delete
    2. *menunggu lahirnya hotwajan.com dengan setia* *melipir*

      Delete
    3. ahahaha....semedi dulu ah

      Delete
  14. Hmmm, apa mungkin pas merebusnya terlalu lama ya? Jadinya dari mienya mendadak keluar air. Mungkin itu juga yang menyebabkan teksturnya jadi lembut banget. Menurut saya, kayaknya jangan diberi kecap manis deh, soalnya warna hijau mienya jadi terlihat kusam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak,g lama ngerebusnya.Air yang bikin basah keluarnya dari cumi sama udang,hehehe...oke,makasih sarannya :D

      Delete
  15. emang apa khasiatnya daun kelor itu Mba Is koq dijadiin mie? *halaaaahh...

    hmmm..yummi yummi dan sangat menggoda, sayang aq gak doyan cumi dan udangnya :) ganti pake ayam dan bakso enak juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha....wah,bungkusnya dah kebuang tau hahaha...kl g salah ada vit B6 salah satunya,duh nyesel buang bungkus :D

      bisa2,ganti pake orak arik tahu tempe juga bisa mbk^^

      Delete
  16. nah kalau di tempat saya daun kelor tu buat mandiin orang meninggal lo kang.... hihi... kayaknya bisa di icip nih ...

    ReplyDelete
  17. Hmm..skilas liat pictnya menggoda bgt mak. Suka ama jepretannya.Pasti pake LSDR ya?
    Kira2 di hypermart Kudus ada gak ya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..pake kamera hp mbk,note 2.Wah,kurang tau mbk,coba dicek kao jalan2 ^^

      Delete
  18. daun kelor kan buat mandiin orang ninggal. waah ternyata ada kulinernya. jadi ngences :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nutrisinya banyak,bahkan di daerah tempat suami sering dibuat sayur ^^

      Delete
  19. Zwaaaan...mie nya gede-gede gitu yaaah...
    Kelihatannya enyaaak :)
    Kayaknya mah masih sodaraan sama kwetiau kali yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahha....iya bi,sepupunya ini mah hahaha.gedean kwetiau ^^

      Delete
  20. kalau mie bayam atau wortel saya pernah nyobain. Tapi, belum pernah yang daun kelor. Malah baru tau dari postingan ini. Padahal saya deket sama Jakarta, tapi infonya keduluan sama Mak Hanna hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ayo mak kalo jln2 coba cari ^^

      Delete
  21. eh emang daun kelor gapapa ya dikonsumsi walau cuma buat pewarna doang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daerah suami malah buat konsumsi sehari2,buat sayur mayur,banyak kandungan nutrisinya...

      Delete
  22. daun kelor kan yang buat sayur bening itu kan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk nu,di daerah suami katanya sering dibuat sayur bening :D

      Delete
  23. Rasanya kayak apa yaa? penasaran! Kalau di Jakarta, orang yang pakek susuk ngga boleh deket-deket daun kelor,Mak! hehe :) Btw, bener kata Mak Pungky tuh...

    ReplyDelete
  24. itu mie daun kelornya beli dimana mak? aku blm pernah nemu

    ReplyDelete
  25. Walah.. beneran unpredictable niih... mie daun kelor :)

    ReplyDelete
  26. Daun kelor, Mak? Wohaaaa! hihii aku baru denger

    ReplyDelete
  27. kalau denger kata2 daun kelor, di daerahku hubungannya selalu dengan mistis mbak... eh ternyata banyak kandungan gizinya ya...

    ReplyDelete
  28. Huahaha, saya aja ngeri makan daun kelor, ini malah ada olahan mie nya. Hmm... emang mending menyantap mie-nya sih :p

    ReplyDelete
  29. Looks yummy...tapi aku masaknya dengan sayur aja :)... biar Kombinasinya lbh sehat... TFS..

    ReplyDelete
  30. Mba, maaf ya namamu kucatut di sini http://pi23tz.blogspot.com/2014/10/di-balik-kesakralan-daun-kelor.html

    ReplyDelete