Wednesday, 4 June 2014

[Batam] Atas Nama Pendatang

"Mimpi apa saya bisa menginjak Batam, sungguh, ini pulau kecil yang indah"
~HM Zwan~
Akibat malas turun dari motor,jadi klik ajalah diatas motor hehe.

Bismillahirrahmaanirrahim...
Mimpi apa ya sampai pada akhirnya saya bisa tinggal di Batam, meninggalkan pulau Jawa yang banyak kenangan. Jangan tanya nilai saya IPS dan geografi berapa, sungguh, payahlah pokoknya, baru tahu kalau ada pulau di Indonesia yang namanya pulau Batam ya waktu menjelang nikah itu hahaha. Tau-tau saya sudah jadi warga Batam gitu aja, pulau kecil yang indah. Jalan-jalan kesana ujung-ujungnya ketemu laut, balik kanan mentok lihat laut juga hehe. Sesekali mengitari area PT yang cukup luas dan tergolong banyak, lalu tiba-tiba mencium bau yang tidak sedap, eh tapi ternyata itu bau cokelat loh hahahaha, iya saya lagi di depan pabrik cokelat oiy hihi. Sapa yang mau cokelat???unjuk gigi ya.

Atas nama pendatang
Bukan es teh namanya...
Waktu itu makannya masih dari warung ke warung.
saya :"mas ayam bakar 2 ya"
mas2 warung "minumnya apa kak?" dipanggil kakak???aarkkk senengnyaaa, keren aja gitu, norak, yoben!!
saya :"es teh 2"
mas2 warung : "??????" ekspresinya aneh bin bingung
saya : "es teh 2 mas...teh teh..." dengan wajah heran sambil mbatin, masak teh aja nggak tau.
mas kakang prabu : "teh obeng mas"
mas2 warung : "oh teh obeng.." kemudian berlalu
Jiah, ternyata es teh di Batam disebut teh obeng, teh hangat = teh O (huruf O lo ya jadi bibir mecoco hehe), catat ya pemirsah hehehe. Satu lagi, mbak = kakak, mas = abang, arkkk senangnya saya, keren gitu kalau dipangil kakak, berasa 17 tahun banget hahahaha *plak*.
Teh obeng, mana obengnya??weww..
Belanja di pasar...
Seperti biasa layaknya ibu rumah tangga, belanja ikan dan sayur. Di area ikan tidak ada masalah, seperti di Jawa. Pas belanja sayur, beli sawi 1 ikat di timbang (mendadak ngerasa biasa tapi aneh), bayam 1 ikat di timbang (biasa tapi aneh juga), seledri 5 biji di timbang (agak shock), daun bawang 2 biji ditimbang (shock banget). Bujubuneng, ini apa-apaan kok main timbang aja ya???tanya ke bulek, ternyata di Batam kalau beli sayur main timbang, gubrak!!!. Well well well, jadi, sekarang sudah lumayan pinterlah, kalau beli daun bawang dan seledri, tinggal bilang aja 3000 ya bang hehehe.

Makan di warung/warung tenda/rumah makan...
Di setiap meja pasti ada semacam teko model jadul, ada yang terbuat dari plastik, dari aluminium juga ada. plus tatakannya. Selesai menikmati sepiring nasi padang, mas kakang prabu cuci tangan pakai air teko, saya sewot "ih, mas ini kok cuci tangan pakai air minum sih??", mau nggak mau, suka nggak suka, saya dinyinyirin sama mas kakang prabu. Ealah,  ternyata itu teko plus tatakannya memang khusus buat cuci tangan bukan tempat air minum ckckckckck. Untung belum sempat nuangin ke gelas hahaha.
 Ini penampakannya, ini yang plastik,bagus lagi yang aluminium khas melayu banget..ada yang mau bawa pulang???agagagaga
Yah, begitulah pengalaman unik dan katrok saya pas baru di Batam hehehe. Nah, teman-teman punya pengalaman yang sama nggak???ayo dong cerita hehe.

***
@hmzwan

44 comments:

  1. daun bawang 2biji ditimbang berapa ons tuh? lucu jga ya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. g tau mbk hehehehe...satu biji aja ditimbang :D

      Delete
  2. aaagaggagaaaa.. untuuung ada warga Batam, jadi tau deh tu teko bukan teko air minum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..bener bbanget mak hehe

      Delete
  3. ada makanan khas Batam namanya wingko bakar, enaakk banget... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bingka bakar bukan wingko mak hehe

      Delete
  4. aku pengen ke Batam mbak,,,kapan mbak balik ke Sby ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbk ke batam,seru lo hehehe....insya allah lebaran mbk^^

      Delete
  5. whahahaha.... minumnya obeng keren ah ,,,, :D :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....bukkannn obeng benerannnn

      Delete
    2. bahahahaha.... pantas si abang penjualnya kebingungan ... bru kali ini ada yg minta dibuatin minuman obeng :D :P

      Delete
  6. wakakakaaa....seandainya aku yang di situ pasti katrok juga. Lha sayur seuprit kok ditimbang hahahaaaa....
    belum cuci tangan pake teko. Berasa kayak bangsawan ningrat kali diriku, hahahaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha..itu yg plastik,yang aluminium lebih cantik lagi hehehe

      Delete
  7. Pengalaman baru yg seru ya .. hehehe

    ReplyDelete
  8. hihi... kayak di malaysia ya, bilang kopi itu kopi o. kalau minta kopi juga yg datang malah kopi susu.
    saya malah blm nginjak ke batam. ongkos ferrynya bikin otak berdenyut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama mbk bahasanya sama Spore plus Malaysia,dari dumai ke batam emag mahal hehehe 300 ta 400an ya???kl dari siak 250 mbk naik feery 5 jam :D

      Delete
  9. hehee..... lucu ta[i seru ya, mak....., ada temen juga tinggal disana, ceritanya sama persis. sebenarnya kurleb sih sama di tempatku, *dari batam cuma 4 jam kalo pake ferry* cuma kalo teh es bukan teh obeng, kalo aku juga mungkin bisa melongo tuh....hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbk emy tinggal dimana,riau kan kl g salah hehehe...nah kl di riau es teh jadinya teh es hehehe.....begitulah kl jadi pendatang,siap2 melongo hehe

      Delete
  10. Waaah mak Han ... ngakak membacanya. Memang surprais ya tinggal di daerah yang berbeda kebiasaannya dengan kita. Masih ingat waktu di Pekanbaru .... semua sepeda moror dibilang Honda :)

    Tapi di Pekanbaru banyakan orang Minang jadi bahasa di sana mirip2 sama bahasa orang Minang. Sy pernah ke Batam tapi tahun 2000, kita belum kenalan ya :D
    Waktu itu pake fasilitas kantor suami liburan ke Singapura, nyeberang dari Batam. Asyik nih mak Han, serasa bulan madu, dari satu daerah ke daerah lain .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,waktu di rengat sempat heran,semoa kok dibilangnya honda ya yg make motor hehehehe.....iya banyak pake akhiran Do..semoga bisa ke batam lagi ya mak,biar bisa kopdar gitu heheheh...

      Delete
  11. hahaha..
    inilah Batam, kota kelahiran Di mbak :D

    ReplyDelete
  12. Lain ladang lain kinjengnya ya Mak...hahahaha...

    ReplyDelete
  13. aku malah tidak pernah kemana-mana, malah jauhan ayam berkeliaran he he he

    ReplyDelete
  14. Hahaha.. Wkt dulu pertama ke riau juga gitu, minumnya teh o-beng , kopi o

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,iya mbk,kapan nih sampai siak??hehe

      Delete
  15. orang yang suka minum teh obeng berarti orangnya kuat, hehehe....

    ReplyDelete
  16. Pengalaman yang menarik tentunya... Selamat datang di Pulau Dollar...Sing penting blogwalking jalan terusss

    ReplyDelete
  17. Terakhir kali saya ke Batam tahun 2001, udah lupa dulu di sana ngapain. Maklum masih kecil, hehehe. Kayaknya harus ke Batam lagi nih biar jadi orang Jawa yang merasakan culture shock, hahaha.

    ReplyDelete
  18. Adohe jenenge teh obeng. Moga2 ga diaduk sama obeng hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nggak mbk.tetep ngaduknya sm sendok ;)

      Delete
  19. jadi inget dulu pas tugas kantor ke Batam, bingung cari makan. Kalau udah kenal Mak Hana, kyknya tinggal telpon trus kita keliling2, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya...???ayuk ke batam lg sm ke2nai trs nnti qt jln2 hehe

      Delete
  20. hahahaha.. inget juga awal-awal dulu, beli sawi selembar buat temen makan mi instan, sawinya juga ditimbang.. asli kaget... :D

    ReplyDelete
  21. aku belum penrah menginjakan kaki kebatam

    ReplyDelete
  22. Hahaha. Tekonya beralih fungsi ya, Mba. Indonesia emang kaya.

    ReplyDelete
  23. Bawang dua biji kalau dikilo berapa harganya? :D

    ReplyDelete