Sunday, 4 May 2014

Sejuta Kenangan di Depan Masjid

...Tempatku terpekur mengenang segalanya, semua masa lalu itu. Tempat ini menyenangkan...
~Daun yg jatuh tak pernah membenci angin, Tere Liye~
credit : fb pesantren
Bismillahirrahmaanirrahim...
Masjid Al-marzuqoh, satu tempat yang penuh kenangan. Dari pintu gerbang pesantren mata kita langsung tertuju pada pendopo, disamping kiri pendopo kita sudah bisa melihat masjid yang bagi saya penuh kenangan. Dulu latarnya belum di keramik masih paving, dan di dekat kursi kayu tepatnya sebelah kiri ada taman bundar kecil. Tiang-tiang lampupun belum ada, tapi pohon-pohon itu tepatnya dibelakang gadis yang sedang berjalan masih ada sampai sekarang. Sebelah kiri masjid ada midoah (tempat wudhu dan terkadang untuk mencuci), diujung midoah  ada taman dan pintu samping masjid. Sebelah kiri sama juga ada midoah tapi ukuran kecil karena terhubung dengan jejeran kamar mandi gedung ar-rohmah. Lihatlah, ada anak-anak kecil di latar, di bundaran masjid ada yang sedang duduk, dan di teras masjid ada yang sedang tidur-tiduran, sungguh hati saya bergetar. Bagaimana tidak, 7 tahun setiap hari, setiap waktu aktifitas shalat, mengaji, belajar, bahkan menjadi tempat ampuh untuk menghafal materi pelajaran saat ujian.

Ketika saksi bisu itu bermula....
Iya, masjid Al-marzuqoh. Satu daiantara sekian tempat yang menjadi saksi bisu perjalanan hidup saya di pesantren. Diantaranya....
1. Ke masjid itu wajib, karena tiap waktu pasti ada qismul amn (bagian kemanan) yang keliling kamar. Sering terlambat pergi ke masjid, mulai dai subuh (hobi), dhuhur (nggak sering), ashar (jarang sih), maghrib (kadang-kadang), dan isya (sering lolos). Hahahaha.....maaf,saya keceplosan ngakak (haddueh,gagal nulis serius romantis gimmana gitu xixixi). Nah, kalau terlambat pergi ke masjid emang ada hukumannya???yaiyalah ada, apa???pakai mukena bawahannya sarung (sarung bapak-bapak itu), bawa sajadah dan al-qur'an. Kalau telat (sholat subuh), ya berdiri di depan masjid sambil baca al-qur'an, kadang kalau qismul am'nnya (bagian kemanan) galak atau kiler, yasudah tambah ngangkat kaki satu hahahahaha. Bubar ngantuknya, ngaji sampai tarhim dan adzan subuh, kalau udah sholawatan baru deh disuruh ambil wudhu. Wohhh...capek, tapi hobi telat, gimana lagi ya, kamar di lantai dasar aja sering telat, pindah kamar lantai 1,2,3 apalagi, makin hobi banget telat ke masjid hahaha. Poin pentingnya : bakal terkenal seantero ma'had (pesantren/pondok), gimana nggak terkenal, berdiri di depan masjid, itu santri mulai dari kelas 1-6 (SMP-SMA) ambil wudhu lewat depan kita, kalau ketahuan teman bakal di ketawain, di nyinyirin dan disukurin pokoknya hahaha. Sungguh, terlalu!!

2. Mukholifah lughoh (pelanggaran bahasa). Komunikasi disini dua bahasa, seminggu bahasa inggris, seminggu bahasa arab, sampai seterusnya. Nah, kalau ketahuan melanggar bahasa di qismul lughoh (bagian bahasa) pusat, ujung-ujungnya diumumin di masjid pas habis shalat maghrib. Dan, nggak tau kenapa ya, saya kok sering banget ngelanggar hahahaha, di pusat lagi, apa nggak malu-maluin tuh ya. Saya sih berhubung tipenya cuek, jadi ya cuek bebek aja gitu, paling-paling teman-teman yang duduk di jejeran depan, tahu saya duduk di jejeran tengah, langsung pada noleh ke belakang ke arah saya. Ih, nyebelin bangettttt..."HM lagi....HM lagi...." ugh, sambil mlengos sambil mbatin "yah, nggak bakal makan malam enak nih" hahaha. Makan malam kan habis maghrib, santri yang melanggar bahasa mau nggak mau wajib duduk manis belajar entah itu pelajaran nahwu, shorof, atau otak atik grammar. Sementara teman-teman lain, makan enak (lodeh sama sate plus krupuk) sambil ngakak nggak karuan hohoe. Poin pentingnya : semakin tambah terkenal, seharian bawa kardus bertuliskan ana "nama...HM" mukholifatul lughoh hadzal yaum (saya HM melanggar bahasa hari ini). Itu kardus harus dipakai mulai dari shalat isya sampai besok sore, di kamar, keluar kamar, ke sekolah, ke kamar mandi, ke toiletpun (oh em jie), dan ke masjidpun harus pakai ini, kalau telat ke masjid, ugh....berdiri di depan masjid sambil ngalungin itu kardus.

3. Midhoah (tempat wudhu, di sebelah kiri masjid). Fungsi tempat wudhu ya pasti dong buat wudhu, tapi itu tidak berlaku pada saya dan beberapa teman-teman deh (teman-teman saya, betul, iyah >_<). Kalau lagi ujian semester sama ujian pondok, pasti dong belajarnya super rajin, bangun jam 2 shalat tahajud di masjid. Sambil bawa buku, ngafalin materi pondok sambil jalan-jalan keliling pesantren, dan masih pakai mukena dan sarung. Kalau perut keroncongan, buku ditaruh di masjid, ambil mi instan, diremas-remas (dihancurin), diambil bumbunya, rebus pakai air kran di midhoah (tempat wudhu) hahahaha. Dapur jam segitu tutup je, jadi yaa.....ditunggu sampai itu mi instan mekar badanya, buang airnya, kasih bumbu. Sementara saya duduk manis menyiapkan mi goreng instan, beberapa teman cari nasi sisa atau nasi yang nggak kemakan di kamar masing-masing. Biasanya sih mereka naruh tempat makan (baskom sedang) diatas lemari, tinggal dilihat aja, kalau ada nasi, main embat aja, daripada mubadzir hahahaha. Mi instan goreng matang, nasi datang, pindah ke bundaran masjid, dicampurlah itu mi goreng sama nasi, slurpppttt.....enak loh pemirsah hahahaha. Haus???malas ambil minum di depan dapur atau jalan ke pacuran yang khusus air minum???gampang, jalan aja ke tempat yang paling dkeat, midhoah hahahaha. Poin pentingnya : diantara sunyinya malam, langit bertabur bintang, ada secuil anak-anak manusia yang sedang kelaparan, enak nggak enak yang penting kenyang, kebersamaan itu indah bukan???.

Wuih, udah banyak juga ternyata, padahal ini belum ada sepertiganya lo hehehe. A place to remember, tak ada yang lebih indah dari sebuah kenangan, tempat yang biasapun mampu mecetak beribu-ribu kenangan yang tak kan terlupakan. Jika saja saya menjadi sosok yang biasa saat menjalani hari-hari itu, maka mungkin tak ada tulisan ini, tak ada hal indah yang bisa ditulis atau diceritakan, dan tak ada tempat yang terkenang seperti saat ini. Di dalam jiwa anak yang  ndablek (bukan nakal tapi istimewa) ada jiwa yang lain yang membuat hidupnya lebih berarti. Hahahaha..itu quotenya siapa sih, ngarang banget. Ya....ya ya ya, mak Nurul maafkan ya, saya nggak bisa nulis dengan kata-kata yang indah, bisanya ya kayak gini. Gagal bangetlah pokoknya, yang penting ceritalah ya xixixixi.
Selamat wiken, semoga hari ini indah^^.
***
Ahad,4/5/2014

34 comments:

  1. Hahaha iqobnya malah jadi menyenangkan

    ReplyDelete
  2. Hahaha iqobnya malah jadi menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyenangkan untuk sekarang mbk hehehe

      Delete
  3. Good luck Ga ya jeng..berkesan bgt masjidnya ya..

    ReplyDelete
  4. Ahahahaha ya ampun mbak Hana ini bandel juga dulu ya. Masa ada orang hobinya telat hihihi tapi pengalaman seru ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha...lha nggak tau ya mbk,kok ya mesti telat gituuuu hehe

      Delete
  5. hahaha... mak Hana ternyata istimewa ya... sering dapet hukuman hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,ceribel bangetlah hehehe

      Delete
  6. hahahaha,,,zaman pas ababil nih mungkin :)

    ReplyDelete
  7. Aku selalu ingin berkunjung ke masjid, dan ada niatan mau buat wisata religi, berkunjung dari masjid ke masjid.
    Masjid memang salah satu tempat yang tak akan pernah terlupakan :)
    Goodluck buat GA-nya ya, Zwan :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,hayuk mak ke Siak..masjidnya bagus2 loh....makasih mak indah ^^

      Delete
  8. wakakakaaa...seru deh kelakuan jaman masih di pesantren. Btw bu gulu rada bengal ya jaman sekolah, hahahaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha...sssssttttt jangan keras2 mbkkk

      Delete
  9. Wuah... ternyata aku gak sendiri. Hehehe... :D

    ReplyDelete
  10. Wah.... ternyata aku gak sendiri. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah tos duluuuu,asik ada temannyaaa :D

      Delete
  11. wkwkwk...hobby ko telat.. jadi inget temenku yg persis kaya gini..kami dulu memanggil dia Ralat alias Ratu Telat :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha keren juga namanya,miss ralat hehehehe

      Delete
  12. kirain anak pesantren gak bisa bandel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahahaha....bandelnya ya begituan modelnya mbk^^

      Delete
  13. masih inget g' em ma k' lenggosari qismul lughoh yg killer bngt itu??. hahhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaasiiiihhh......kiler mpe blenger ya ka hahahahaha

      Delete
  14. koneksi super lemot, tapi karena pengen ikutan menikmati sejuta kenangannya ya...maksain diri maen kesinih deh tuh.

    ReplyDelete
  15. baca pelanggaran bahasa, jadi inget juga dulu waktu sekolah di MAK ,..... :)

    Salam kenal

    happy blogging :)

    ReplyDelete
  16. Woww...ternyata kau keren sejak dulu ya Mb Is :) anak yg ngetop di sekolah dg alasan apapun itu keren hihihii...

    Terima kasih sudah berpartisipasi di GA ini ya, good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha..yyyaaaaa begitulah mak,makasih bu jur :D

      Delete
  17. tempat yang biasapun mampu mecetak beribu-ribu kenangan yang tak kan terlupakan.

    Setuju dengan kalimat ini... muach muach... Makasih sudah ikutan GA ku yaaa

    ReplyDelete
  18. selamat ya maaak Hanaaa...menang lhooo :D...sungguh tempat dengan berjuta kenangan...bisa jadi satu buku mak :)

    ReplyDelete
  19. selamat ya mbak sudah menang, sukses teruss :)

    ReplyDelete
  20. Seru banget mak pengalamannya di pesantren:)

    ReplyDelete