Tuesday, 11 February 2014

[hot wajan] Gulai Ikan Sungai

Dear food, either stop being so delicious or stop making me fat..


Siak.
Bismillahirrahmaanirrahim…hayooo,siapa yang belum makan??kebetulan banget pas dapur ngepul saya sudah beres, alias masakan sudah matang. Di pasar Belantik, banyak banget ikan sungai, soalnya di Siak kan sungainya gede hehe. Nah, kalau kapan hari ikan sungainya *maaf nggak nanya nama ikannya ke ibu-ibu yang jual hehe,lupa* lumayan besar, seukuran bandeng yang sedang. Segitu kok gede sih??ya iyalah, lha wong saya baru kali ini lihat ikan sungai yang besar se ikan bandeng hehe. Di masak apa nih??mas kakang prabu maunya di gulai, ya sudahlah yuk masak gulai ala HM Zwan.


Bahan
Ikan sungai 5 ekor (potong jadi 2)
Santan 1 bungkus
Daun jeruk 1 lembar
Daun salam 1 lembar
Sereh 1 buah
Jahe 1 ruas
Jeruk lemon 1 sdm
Tomat 1 buah
Cabai merah 2 buah (iris serong)
Timun (buang isinya,iris memanjang)
Air
Garam
Gula
Kaldu ayam

Bumbu Halus
Bawang merah 7 buah
Bawang putih 3 buah
Cabai rawit 4 buah
Kemiri 3 buah
Kunir 1 ruas

Cara Memasak
Tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan cabai merah, sereh, daun salam, saun jeruk, jahe, air.
Masukkan bumbu, garam, gula, jeruk nipis, kaldu ayam sesuai selera.
Jika sudah mendidih, masukkan timun dan ikan, diamkan selama 5 menit.
Masukkan santan dan irisan tomat, tunggu sampai matang, angkat, hidangkan.


Heummm,harummmm….rasanya enak, menggugah selera, apalagi makannya sama nasi pulen anget, sambel tomat. Sluurrrppttt…maknyus pemirsah hehehe. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat…^^

***
Siak,11/2/2014
@hmzwan

61 comments:

  1. Waaa... jadi laper nih Mak.
    Aku tuh suka banget ama gulai... bumbunya itu yang membuat rasa gulai mak nyuusss....

    ReplyDelete
  2. wahhhhhhhhhhhhh...langsung ngiler dan lapar
    Gulai ikan juga kesukaan saya Jeng
    Saya pinjam lagi ya resepnya utuk dipost di blog Makanan Indonesia Ala Narablog
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,sama dong dhe..injeh dhe,nuwun^^

      Delete
  3. Kalau di Jombang mugkin disebut ikan bader yo Jeng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....iya ya dhe,lupa2 inget iwak bader xixixix

      Delete
  4. gulai ikannya nikmat banget tuh han...seger pula ikannya ya...

    ReplyDelete
  5. Setiap kali membaca tulisan yang bertema makanan, emosi perutku serasa diaduk-aduk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan udah lama nggak makan makanan khas tanah air, ^_^

      Delete
  6. Ikan Sungai kalau di BAndung namanya apayah? :D asik dapat lg resep nya,, buat dicoba dihari minggu :D hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyaa,,saya belum pernah ke bandung mbk,ikan apa aja bisa kok mbk^^

      Delete
  7. Mak Hanna, mau nanya ...klo bikin gulai ikan, ikannya digoreng dulu enggak ya? heheee....maklum gak bisa masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang ini nggak mak,bisa juga pakai ikan lain,suka2 digoreng bisa nggak juga gpp :D

      Delete
  8. Hmm, pagi-pagi disuguhin menu berat, air liur netes nih mak Hanna :)

    ReplyDelete
  9. hinuk tenan mak hanna...suka bgt gulai ikan...di sidoarjo byknya ikan bandeng ma laut...tp enak jg dibkin gulai gni..sluruuuuppp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh,mbk iro orang sda to??saya sering ke sda mbk dulu hehehe..iyha,apalagi kepalanya,sluurpptt

      Delete
    2. Asal kertosono tetanggaan sm mak hanna kan yg asli jombang....skrg tinggal ma suami di sidoarjo...

      Delete
  10. Saya suka banget ikan kali nan seksi. Sini ikan kalinya kecil2, Mba. Itu pun udah jarang yang jala. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha....disini iwak kaline seksi2 mbk idah hehhe

      Delete
  11. kuahnya keknya nyamiii banget, sayang saya gak suka ikan air tawar, sungai dll..

    ikan air tawarnya nanti boleh diganti kan Mbak? kapan2 mau coba buat ah, makasih udh berbagi resepnya loh Mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diganti ikan apa aja,bisa digoreng atau mentahan,sama2 mbk....^^

      Delete
  12. Wenak.. aku juga suka kuah gulainya,, itu ikan sungai yang kayak gimana sih mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iwak'e modele koyok bandeng bersisik ^^

      Delete
  13. mantab bener gulainya...hi hi barusan makan jadi lapar lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggugah untuk makan lagi ya mbk hehe

      Delete
  14. Replies
    1. sini mbk,,tak masakin deh nanti hehe

      Delete
  15. Duh, enaknya yg bisa nangkap ikan di sungai.. ini kayak ikan sarden yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nangkap di pasar mbk hehe,kayak ikan bandeng mbk^^

      Delete
  16. ikannya boleh diganti tahu tempe kah? ;) ga doyan ikan nih hehehee....

    ReplyDelete
  17. Mbak-mbak.. yang bikin menarik hati ini apanya sih, fotonya apa penampakan gulainya? kalau rasanya sih pasti maknyus lahya, masakan ala HM Zwan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmm kayaknya penampakannya deh,menggugah selera hahha

      Delete
  18. MasyaAllah saya tergoda sama makanan ini -,-

    ReplyDelete
  19. dah pernah nyobain makan ini dengan ikan asap belum? cobain deh... itu enaknya berasa di langit...

    ReplyDelete
  20. dah pernah nyobain makan ini dengan ikan asap belum? cobain deh... itu enaknya berasa di langit...

    ReplyDelete
  21. Ugh *telan air liur* kuahnya menggoda banget :D

    ReplyDelete
  22. *glek* kalau saya gak boleh malem2 makan yang kayak gini. Makan siang aja yang banyak hihi

    ReplyDelete
  23. warnanya menggoga....slruuupp....papa saya hobi mancing di sungai, dari kecil udah biasa juga makan ikan sungai...ah jadi pengen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwaaa enk tuh mancing mbk..eh di afrika ada inan sungi g mbk hehe

      Delete
  24. aih mbaaa... gambarnya mana tahaaaaan.. *lap iler*

    ReplyDelete
  25. nyam..nyam..nyamm.. kebeneran belum masak nih, coba2 aah masak ikan ala sumatera hehee..

    ReplyDelete
  26. Berhasil bikin lappaarrr ... Belum apa-apa sudah kepingin tambah nasi ...

    ReplyDelete
  27. eum...kapan-kapan bakal saya coba ahhhh....xixixixi

    ReplyDelete