Tuesday, 17 December 2013

Hot Wajan: Kue Kukus Gula Merah

“If I was made of cake I'd eat myself before somebody else could.”
 
~ Emma Donoghue  ~


Siak..
Bismillah...sobahal khoir...selamat pagi, semoga hari ini selalu sehat dan dimudahkan segala urusan amin. Sudah dua minggu Siak nggak hujan-hujan, nah minggu-minggu sebelumnya hujan terus sampai nggak bisa keluar kos cari makan hehe. Nggak mungkin kan seharian nggak makan hehe, akhirnya iseng *perasaan apa-apa suka iseng ya???hahaha* ngecek apa aja yang ada, ya siapa tau bisa buat apa gitu....ada gula merah,terigu,baking powder. Akhirnya ide yang selalu ada dalam diri saya *pletak* keluar, buat kue kukus gula merah. No timbangan *ngekos bo'*, No bahan yang lebih keren gitu ya. Alhasil ini resep bener-bener apa adanya "alakos", kok nggak di panggang?kok nggak pake mixer?kok nggak bla bla bla bla....??NGGAK, namanya juga anak kos jadi bahan mah seadanya, adanya panci ya main ngukuslah hehe. yang penting jadi kue, titik!!!hahaha...

 Bahan: 
6 sdm terigu
1 sacshet susu kental manis putih
3 sdm gula pasir
4 sdm gula merah (sisir)
1 lembar daun pandan
1/2 sdt baking powder
1 telur
3 sdm minyak goreng
1/2 gelas blimbing air

Cara:
Masak air,gula merah, dan pandan sampai gula cair. Sisihkan,tunggu sampai hangat kuku.
Kocok menggunakan garpu, telur, gula pasir selama 5 menit.
Campurkan susu kental manis, kocok 1 menit.
Masukkan terigu dan baking powder dengan cara diayak, sesekali aduk *jangan sering-sering ya*
Masukkan gula merah lalu aduk dan terakhir minyak goreng, aduk rata.
Tuang adonan di wadah yang sudah diolesi minyak/margarin dan terigu, kukus selama 35 menit sampai matang.
Pas pertama kali lihat penampakan kuenya sih, warnanya merah keren, kayak kue kukus ngakak gula merah atau muffin gula merah yang sering saya beli waktu di Batam. Horeeee...langsung saya taruh di piring, saya coba dong, heummmm....maknyusss pemirsah,slurppttt minum teh hangat dulu hehehe. Nah, habis itu saya cobain ke mas kakang prabu, katanya sih kayak apem, hahahaha....juri kedua nenek, katanya kuenya enak, horeeeeee!!!!alhamdulillah, sarapan kue kukus degan sempurna^^.
Buat saya coba-coba atau  trial and eror itu menyenangkan, so, silahkan dicoba jika berkenan. Semoga bermanfaat, terima kasih^^.

***
Siak, 17/12/2013

28 comments:

  1. Replies
    1. silahkan mbk,enak kok nggak pake gagal ^^

      Delete
  2. Waktu dikocok dengan susu kental manis itu pkai mixer atau kocokan biasa mak ? mupeng bkin ni...ibu saya suka sekali kue yg dikukus dan pkai gula merah...pingin bikin u beliau...trims ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayyuuukk dibaca lagi hehehe..NO mixer,kocok menggunakan garpu^^

      Delete
  3. Kok blognya berubah ya? *tengak-tengok* Pengen nyobaaa... gambapng dan keknya enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha,,kembali ke awal, warna hitam ^^..ayo dicoba mbk

      Delete
  4. gak tahu kenapa -_- tiap saya bikin kue bolu ato kue lainnya pasti gagal klo ga gitu bantet, waaah keren nih Bund, boleh dicoba nih, bunda hana ternyata punya byk resep yaa boleh nih nanti dipraktekkin klo udh punya suami heheh :D hmmm jd pengen kuenya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..ini kue anti gagal mbk,sat set sat set langsung jadi hehehe....

      Delete
  5. Biar seadanya, tetap kliatan enak dan menggiurkan nih kuehnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...maknyus mbk^^,murah meriah

      Delete
  6. fotonya bagus, dan kelihatan menggoda gambarnya

    ReplyDelete
  7. Wah terimakasih banyak sob atas share nya ya. Sangat bermanfaat untuk saya. Salam :)

    ReplyDelete
  8. Mau nyobaaain aja deh yang ituu, boleh gaaak ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bbbooolehhhhh,pake bangettt hahaha,,gratis juga ^^

      Delete
  9. Ngileerrr

    btw, blog nya baru ganti baju ini mak :D (ato saya aja yg baru liat, dah lama nggak bewe soale :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,iyha ganti baju,baju lama dah kucel hehehe..

      Delete
  10. keren mba...
    Langsung senyum2 wkt baca, hehehe...
    Pasti wangi deh wkt msh ngebul2... Hmmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak boleh senyum2 sendiri ya disini hehehe

      Delete
  11. ga sendiri kok, sama mba hana juga...
    Hahaha....

    ReplyDelete
  12. Kue ini enaak banget Mbak. Biasanya dipke isi kotak kendurian.. Gula merahnya terasa banget, jadi seperti makan roti kukus tapi rasa gula merah dan teksturnya juga beda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha mbk yun biasae dadi incaranku hehe,dadi kangen kenduren hahahaha....

      Delete
  13. ga pake mixer tapi kalo ngocok 5 menit pegel ga tuh?*dasar emak malas rempong..btw, bikinnya dikit ya mak?kayaknya praktis juga nih..

    ReplyDelete
  14. wangi kuenya sampai keisni loh miss ;)

    ReplyDelete