Monday, 9 December 2013

Hot Wajan : Ayam Bumbu Kuning

 Cooking is like love. It should be entered into with abandon or not at all..
~Harriet van Horne~ 

Siak,
Bismillah...
Assalamu'alaikum,apa kabar semua??semoga sehat selalu ya, kan tanggal muda tuh pasti banyak yang senyam-senyum nggak jelas (loh,maksudnya apaan sih???hehehe,g tau ah gelap). Pas banget, jam makan siang. Kapan hari memang niat banget beli ayam soalnya mas kakang prabu lagi pingin masakan yang berbau ayam gitu hehehe,maklum beberapa minggu ini memang jarang beli atau masak olahan ayam (mengurangi gitu ceritanya hehe). Seperti biasa, masih favorit yaitu ayam,kentang dan tahu. Ups, satu lagi yang ngak mau ketinggalan, petttteeee pemirsah hehehe. Mas kakang prabu doyan pete (bukan pete jengkol), saya suka aroma pete kalo buat campuran apalagi campuran yang berbau santan,heummm....dijamin maknyusss pemirsah. Baiklah,cukup basa-basinya,markimas mari kita masak...^^
Ohya, ini bumbu resep dari ibu saya. Katanya pake bumbu pepek alias komplit..

 Bahan :
Ayam
Kentang
Tahu
Santan
Air
Pete (iris jadi dua)
Sereh
Daun jeruk
Daun salam
Garam
Gula
Kaldu 

Bumbu ulek/halus :
 Bawang merah
Bawang putih
Cabe rawit
Kemiri
Ketumbar
Kunir
Jahe

Bumbu rajang/iris :
 Cabe merah
Cabe hijau

Cara memasak :
Goreng ayam, tahu dan kentang, sisihkan
 Panaskan minyak,tumis bumbu ulek (saya lebih suka yang kasar nggak terlalu halus nguleknya) sampai harum
Tambahkan pete, sereh, daun salam dan jeruk. Lalu masukkan ayam,aduk
Masukkan air tunggu hingga mendidih
Masukkan kentang, tahu dan bumbu rajang, aduk
Masukkan santan lalu aduk,tambahkan gula, garam,dan kaldu (incip dulu ya...kalo dah harum,rasanya maknyus berarti jadi deh, asseeekkk)
Tunggu hingga matang,angkat,hidangkan

Heummm,dijamin harum banget baunya. Enak juga, mantabhlah kata mas kakang prabu (ayyeee!!). Alhamdulillah ya sesuatu, yang nggak bisa masak. Nggak usah bingung, pelan-pelan yang penting mau belajar (kayak saya ini hehehe). Silahkan dicoba yang mau mencoba, semoga bermanfaat ^^.

***
Siak,9/12/2013

44 comments:

  1. aku mau nyoba ah... kelihatannya wenak banget,

    ReplyDelete
  2. Mirip bumbu gulai ayam ya mak. Eh.. apa ini emang gulai ayam nama lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mbk hehehe...soalnya dulu kalo masak instan banget bmbunya hehe

      Delete
  3. Ci emak ini sekarang rajin posting makanan deh hehehe...
    Yang santan2, suamiku hobinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe..berhubung nggak ngajar lagi jadi ya menikmati hobi baru mbk ^^

      Delete
  4. makin pinter masak euy kembaranku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. assseeekkkk.....daripada beli mulu mak xixixix

      Delete
  5. Wajannya benar-benar Hot Bu. #Eh..

    Haduh untung saya sudah sarapan, kalau belum bisa aku cakar ini monitor. Hahaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha...panasssss,wkwkwkwkwk,,segitunya :D

      Delete
  6. duh mbak, ngiler berat liatnya... lumayan juga tapi bumbu2nya yah, pantesan sampe mlekoh menggoda gitu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahahaha..bahasa mana tuh mbk.mlekoh mlekoh hehehe

      Delete
  7. spt bumbu kare ya mak...?...berkuah bersantan...ada kentangnya...( lap iler)....henak tenan..mak nyuss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe....belum tahu bumbu kare mak,maklum dulu masaknya pake bumbu instan ^^

      Delete
  8. Sini sini kirim ke Bekasi masakannya.. Hahaha Bumil lagi males masak nih :(

    ReplyDelete
  9. Makin jago masak aja nih si eneng, dr poto nya si sedep Kyanya.. Pengen nyoba ahh tp minus pete deh.. Akika tak suka ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,,bosen beli mulu mbkkk hahahaha...silahkan coba yaa :D

      Delete
  10. hemmm,,aromanya ampe sini aja nih maak,,he,,he,,kalo ngga pakai pete ngga pp kn yaa,,ngga suka pete soalnya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..gpp,pete itu optional mak xixixix

      Delete
  11. aih.. lagi rajin posting masakan nih :)
    menggoda euy fotonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,,g ngajar lagi jadi masak deh^^

      Delete
  12. Aku mau coba yang ini "Kumpulin reseep dulu ya". Terima kasih ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbk,nanti kirim ya kalo dh masak ^^

      Delete
  13. lezat benar nampaknya ayam bumbu kuning, aku juga mau mencoba resepnya..terimakasih ya sudah berkenan berbagi ilmu memasak,
    salam hangat dari Kalimantan Selatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lezat maknyuslah hehehe....sama2,^^

      Delete
  14. ini serupa dengan masakan ayam di makassar, penampilannya sich sama, namun rasanya aku belum pernah nyobain, jadi penasaran ingin memcoba rasanya..apakah berbeda atau sama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh iya ya mas hhehe....wah jadi penasaran sama ayam makasar saya^^

      Delete
  15. malme-malem liat foto ini jadi pengen :'( laper mendadak, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,hayyukkk makan2 mbk ^^

      Delete
  16. ohoo, sama mak saya juga suka bau pete jengkol kalo lagi dimasak, tapi makannya malah nggak mau, meskipun waktu kecil lumayan suka tapi pas gede entah kenapa lidah saya bingung mengartikan rasanya, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..tos duluuu..tapi aku belum pernah yang jengkol,g mau hahaha....pete yg kecil ijo itu aja ^^

      Delete
  17. kalo aku ayam bumbu kuning bisanya cuma diungkep doang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,diungkep juga enakkkk ^^

      Delete
  18. Menggiurkan @.@
    Aku juga sukaaa pete wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyyaaa....hahahahaha,akhirnyaaaa ^^

      Delete
  19. Keren nih tulisannya Mbak, kelihatannya sedap tuh. Jadi ngiler nih... :-)

    ReplyDelete
  20. kiatannya enak,
    mirip guli ayam yg agak encer, jd gak bgitu ngerasa berdoma makannya....hehehe

    ReplyDelete
  21. Mbak Hanna kenapa gak bikin blog khusus masakan? Udah banyak nih postingan resepnya :) Saya juga suka pete, tapi gak suka bau yang di kamar mandinya itu lho :p emang sih bikin masakan jadi haruuum enak ya mbak..

    ReplyDelete