Monday 8 August 2022

[2] Ide Menu Bekal Anak TK : Maklor Makaroni Telor

[2] Ide Menu Bekal Anak TK : Maklor Makaroni Telor. Hayooo, siapa anaknya yang suka jajan Maklor alias makaroni telor?Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Kali ini HM mau sharing ide menu bekal anak TK yang praktis banget bikinnya. Soal rasa, uwww maknyus. Aqla pertama kali makan maklor,pas pulang sekolah saya tanya "Mas, tadi bekalnya dimakan?", jawabnya "Habis ibu, enak enak banget". Emaknya auto meleleh ahahaha. Gini aja rasanya udah bahagia banget ya hehe.

Maklor Makaroni Telor

Maklor, Jajanan Hits Kekinian yang Dicintai Banyak Kalangan

Hayuk mendekat kesini yang anaknya suka jajan maklor, eits nggak hanya anaknya aja sih yang doyan tapi emaknya juga ahahaha. Bukan lagi ngarang cerita, tapi ini realita bund. Urusan jajan maklor ini bukan hanya anak saja, tapi ibu-ibu juga rela antri lho. 

Iya, termasuk teman-teman saya kalau lagi nungguin ngaji anaknya, kalau bapak penjual maklor datang depan masjid langsung deh diserbu ahahaha. Saya nggak pernah ikutan beli, cuma bagian ikutan nimbrung cerita dan lihat mereka makan wkwkwk.  Begitulah pesonanya maklor, banyak yang dibuat jatuh hati. Katanya enak, kenyal makaroninya bikin nagih, apalagi kalau sudah pakai bumbu dan cabe banyak, duh maknyus katanya.

Dari beberapa bapak dan mas-mas penjual maklor yang sempat saya intip ketika lewat, ternyata makaroni yang dipakai beda-beda. Ada yang pakai makaroni bentuk spiral, yang seperti dikepang itu lho, makaroni kecil yang pada umumnya dan satu lagi makaroni besar. Kalau yang terakhir ini seperti makaroni yang dibuat kerupuk, jadi bentuknya lumayan besar warnanya coklat sedikit tua. Rata-rata harga maklor perporsi mulai 2000 sampai 3000an, ini yang dijual di pinggir jalan ya. Alias yang mangkal di depan sekolah ataupun tempat ngaji.

Maklor Makaroni Telor 1

Berhubung saya belum pernah beli maklor, tapi hanya lihat sekilas, ngobrol sama ibu-ibu sudah cukup membuat saya merasakan nikmatnya jajanan yang satu ini. Nah, berhubung stok pasta di rumah masih ada beberapa bungkus, saya kepikiran nuat bikin Aqla bekal maklor. Siang hari saya coba bikin buat camilan Aqla, ternyata anaknya suka, enak katanya. Memang bener sih rasanya enak, ini bisa jadi alternatif camilan atau hidangan dari bahan utaman pasta. Recomended deh!! Yasudah akhirnya paginya bikin lagi, tinggal gosreng aja karena makaroni rebusnya masih ada.

Ohya, ini maklor ala HM Zwan ya. Jadi masaknya praktis di wajan, nggak perlu dicetakan yang pada akhirnya nanti dibejek-bejek lagi ahahaha. Cukup bikin diwajan, dibejek-bejek disitu, tinggal dibumbuin deh. Saya pakai bumbu dapur pada umumnya tanpa bumbu tabur seperti yang ada dipasaran, contohnya seperti cabe bubuk, bumbu tabur balado, bbq, dan lain sebagainya. 

Baca juga Ide Menu Bekal Anak TK : Kentang Goreng Tuan Krabs

Resep dan Cara Membuat Makaroni Telur

by @hm-zwan

Bahan :

100 gr makaroni, rebus,sisihkan

1/4 bawang bombai

1 siung bawang putih

Brokoli sedikit, cincang

1 butir telur

1/4 sdt garam

1/4 sdt lada

1/4 sdt kaldu bubuk

1 sdm daun bawang

1 sdm minyak goreng 


Cara membuat :

Kocok telur, garam, lada, kaldu bubuk dan daun bawang, sisihkan.

Panaskan minyak goreng tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum.

Masukkan makaroni, adonan telur dan brokoli, aduk rata.

Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Maklor Makaroni Telor


Ide Menu Bekal Anak TK

Kebetulan Aqla masuk siang karena gedunganya masih di bangun, berangkat pukul 09.00 pulang pukul 12.00. Jadi saya bawain bekal yang bisa dimakan saat jam istirahat.

- Maklor keju pakai saos tomat dan mayones

- Brokoli goreng tepung

- Kerupuk

- Milo

- Air mineral


Teman-teman ada yang anaknya bawa bekal setiap hari?biasanya bikin menu apa?ayo dong sharing...


1 comment:

  1. Unik, ya, makaroni telor baru tahu istilah ini sih jadi pengin nyobain kelihatannya enak. Apalagi kalau dimasak sama bumbu balado atau saos pasti makin nikmat. Eh iya, ini bekal untuk anak, hehe bisa jadi ide bekal si bungsu nih. Terima kasih resepnya!

    ReplyDelete