Thursday 17 September 2020

Bikin Apa Aja Gampang Pakai Chopper Mitochiba

Bikin apa aja gampang pakai Chopper Mitochiba, salah satunya bikin roti. Zaman sekarang semuanya serba dipermudah, apalagi untuk urusan dapur. Kalau dulu adanya kompor minyak, sekarang sudah beralih ke kompor masa kini. Tinggal main puter, api nyala, nggak perlu pakai minyak. Bahkan ada yang tinggal colok, pencet-pencet. Kalau bikin roti atau donat, harus nguleni sampai kalis. Kerasa bangetlah nguleni adonan bakal roti ini capeknya ampun-ampun bikin tangan makin kekar wkwkwk. Tapi kini sudah ada alat bantunya, bisa pakai mixer ataupun chopper. Iyes, chopper bisa buat nguleni roti lho. 


Fyi, Food Chopper merupakan peralatan dapur masa kini dan serbaguna. Salah satunya Food Chopper Mitochiba, juga berfungsi sebagai blender, chopper dan food processor. Komplit kan, semua bisa dengan Food Chopper Mitochiba. Berfungsi sebagai chopper yaitu untuk menghaluskan daging/ikan/ayam. Juga berfungsi sebagai blender untuk menghaluskan sayur, bumbu dan buah-buahan untuk jus.

Ohya, Food Chopper Mitochiba ini adalah salah satu produk keluaran dari Mito Electronik selain oven, rice cooker, dan masih banyak lagi. Food Chopper Mitochiba dilengkapi dengan double blade, dua mata pisau ganda, sehingga menghasilkan dua kali lebih cepat halus. Ohya, satu lagi dengan double blade extra kencang mampu menghaluskan es batu dalam 4 detik.

Bikin Apa Aja Gampang Pakai Chopper Mitochiba

1. Bikin Smoothie 

Ada yang suka Smoothie??

Selain alpukat, buah yang enak banget kalo dibikin smoothie itu mangga. Dimix sama apa aja enak banget rasanya. Termasuk yang satu ini, mangga di mix sama belimbing. Maknyus... Kasih toping irisan belimbing plus kurma. Ugh... Alhamdulillah, nikmat. 

Smoothie Mangga Belimbing

By @hm_zwan

Bahan :

1 buah mangga gadung 

Setengah buah belimbing


Toping :

Belimbing, iris tipis

1 buah kurma, potong kecil 

Haluskan semua bahan dengan blender. Beri toping, sajikan.

2. Bikin Getuk Singkong

Teman-teman, ada yang suka getuk singkong?

Alhamdulillah keturutan bikin getuk singkong sendiri. Pertama kali lihat proses bikin getuk singkong waktu bulek bikin di rumahnya. Tau aja kalo keponakannya pulang kampung, lumayan lama bikinnya karena singkong harus ditumbuk spaiblembut. Nah, kemarin habis pulang kampung, tak lupa juga bawa singkong hasil panen di kebun ibu mertua. Nggak pake numbuk lama, tinggal di chopperin aja langsung lembut.

Getuk Singkong

By @hm_zwan

Bahan :

3 buah singkong, kupas

1/2 sdt garam

2 sdt gula pasir

Kelapa parut


Cara membuat :

Kukus singkong selama 40 menit. Setelah matang, buang bagian tengah (sumbu). Hancurkan dengan Chopper, beri garam dan gula pasir. Tumbuk sampai padat, cetak di wadah, iris iris, hidangkan dengan kelapa parut.

3. Bikin Roti

Nah, yang paling bikin terharu itu bikin roti tapi tanpa nguleni manual, finally ahaha. Ini resep saya dapet di ig nya mbk @isnasutanto resepnya Ibu @fatmahbahalwan. Makasih ibu resepnya. 

Ngulen rotinya pake chopper, nggak pegelbeuy. Tinggal pencet pencet aja langsung auto kalis. Bikin Japanese Milk Bread pertama kali langsung berhasil, aduh... Ini roti emang lembut banget. Pakai isian coklat spread..  Recomended, mwaknyuss. 

Japanese Milk Bread 

By: Fatmah Bahalwan

Bahan A:

200 ml Susu cair

30 gr gula pasir

6 gr Ragi Instan

Bahan B:

280 gr Tepung Terigu protein Tinggi

Bahan C:

30 gr margarin

3 gr Garam halus

Bahan D:

2 sdm Tepung terigu untuk taburan


Cara membuatnya:

1. Aduk Bahan A hingga rata, tuang kedalam Bahan B, uleni hingga bergumpal-gumpal.

2. Tambahkan Bahan C, uleni lagi hingga kalis. Bulatkan adonan, diamkan 15 menit.

3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian sama rata. masing-masing dibulatkan sempurna.

4. Siapkan loyang persegi, polesi mentega dan alasi dengan baking paper.

5. Letakkan bulatan adonan dalam loyang, diamkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.

6. Dengan bantuan saringan, taburi bagian atas roti dengan tepung terigu. Panggang dalam oven suhu 180’C, selama 15-20 menit. Angkat. Sajikan.

4. Bikin Banana Bread

Ada yang suka banana bread?Punya sisa pisang mateng, langsung deh eksekusi bikin. Alhamdulillah pada suka.. Bubuky masih tetep sih, jadi pemenangnya ahaha.  Males ngafuk pake whisk? Chopperin aja wkwkwk... Praktis banget pokoknya. 

Easy Banana Bread

Resep : @ayudiahrespatih

Bahan :

400 gr pisang (4 buah)

230 gr terigu

120 gr gula pasir

1/2 sdt pasta vanilla

2 btr telur

1 sdt baking powder + 1/2 sdt baking soda

113gr margarin, lelehkan


Panaskan oven di suhu 180°c


Dalam blender, haluskan pisang dan gula 

Masukkan telur blender lagi

Masukkan margarin

Masukkan vanilla, bp dan soda kue, tepung terigu

Blender sampai rata saja.

Tuang ke loyang, panggang sampai matang.

5. Bikin Siomay

Pernah banget ngalamin timeline instagram penuh dengan postingan siomay. Lalu pas ke pasar saya beli kulit pangsit, tapi nggak tau eksekusinya kapan. Pagi-pagi nggak ada kerjaan, akhirnya bikin siomay. Tapi ya gitu, lihat resep di ig ada beberapa bahan yang nggak ada. Yaudah bikin suka suka aja, pake takaran hati dan feeling. Pake bahan yang ada. Ada yang bilang ini siomay ayam, atau pangsit ayam. Dua-duanya benar lah ya, karena ini kulitnya pake kulit pangsit. Jadi namanya Siomay ayam atau Pangsit ayam . Karena suka-suka saya kasih tahu dan bihun, demi apa? Demi hasil banyak dan bisa disimpan di freezer buat stok wkwkwk. 

Siomay Ayam Suka-suka

By @hm_zwan

Bahan :

100 gr daging ayam bagian dada

3 bawang putih

4 bawang merah

10 sdm tepung tapioka

1 sdt garam

1/4 sdt lada

1/4 sdt gula

1/4 sdt kaldu jamur

1 buah wortel uk kecil, serut

1 buah tahu

1 batang daun bawang 

Segenggam bihun matang, cacah

Kulit pangsit


Cara membuat :

Siapkan chopper, masukkan ayam, bawang merah, putih. Blend sebentar, masukkan tepung tapioka, garam, gula, lada dan kaldu bubuk, blend sampai tercampur. Masukkan wortel, irisan daun bawang, tahu, dan bihun. Aduk rata, siapkan kulit pangsit, ambil adonan 1 sdm, letakjak ditengah kulit pangsit, bentuk. Kukus kurang lebih 25 menit. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Sebenarnya masih banyak resep yang saya bikin pake Chopper Mitochiba, salah satunya bikin jemblem, misro atau genjos. Bikin lemet, pokoknya udah lumayan banyak. Selain praktis, punya chopper juga memudahkan kita bikin yang katanya susah jadi mudah. Ohya, satu box Chopper Mitochiba ini isinya 2 wadah besar dan sedang. Pisaunya lumayan tajam,jadi hati hati ya.

Teman-teman, ada yang punya Chopper?sudah bikin apa aja pake Chopper? Ayo dong sharing

24 comments:

  1. Banyak banget ya yang bisa dibikin dengan Chopper Mitochiba ini.
    Makasih udah berbagi resep ya mbak.
    Siapa tau nanti saya dapat hidayah buat bikin.
    #eh hahaha...

    ReplyDelete
  2. Aku kenal Mitochiba Chopper ini gegara subscribe channel YT Puguh Kristanto Kitchen.
    Ternyata maestro dapur lainnya juga pakai ini produk.
    Aseliiik, jadi mupeng kan

    ReplyDelete
  3. Horeee dapet banyak resep baru dari sini, hahaha. Saya belum punya chopper. Kalau bikin apa-apa masih dilakukan dengan manual (ya termasuk nguleni sampek kalis tadi). Sempat punya keinginan untuk membeli chopper. Mitochiba bisa jadi pertimbangan. Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  4. Wah asyik ada resep japanese bread. Emang enak ya kalau ada choper serbaguna gini. Gantiin mixer n blender.. huhuhu

    ReplyDelete
  5. Ini multifungsi sekali Mitochiba Chopper..smoothies, roti, siomay, banana bread, dan gethuk...ya ampun jadi terbayang semua makan itu. Terutama gethuk yang sudah jarang kutemui di Jakarta, punya ini pasti jadi gampil bikinnya

    ReplyDelete
  6. Sering liat mitochiba ini di video2 memasak youtube. Keren ya, buat getuk aja bisa. Bhaibhai lumpang atau tumbukan hehehehe. Memang enak ya mbak kalau masak serba praktis ^-^

    ReplyDelete
  7. Pas banget nih infonya saat saya lagi pengen punya chopper. Sempet ngonrol juga kan ya kita di FB :D

    ReplyDelete
  8. Wah, praktis bener ya pakai food chopper ini.Bisa bikin aneka macam makanan dari gethuk sampai roti..ckckck..jadi pengin beli jugak :)

    ReplyDelete
  9. Aku udah tergoda dari awal mba Iis ngenalin chopper di IG. Mupeng karena chopper ku bawaan beli blender jadi kan ukurannya kecil. Udah intip harga juga, tapi masih maju mundur syantik mau beli, hihihii

    ReplyDelete
  10. Aku kapan hari tuh udah hampir check out beli chopper, eh gak jadi soalnya ada yang lebih penting yang mau dibeli, hehehe..
    Semoga kapan-kapan bisa beneran beli deh. Makasih Mbak rekomendasinya ;)

    ReplyDelete
  11. Belummmm punya chooper..mupeng doang kalau pas ada iklannya. Ga tahunya lengkap ya dan serba guna bs dipakai sekaligus jadi blender juga.

    Penasaran dong sama harganya? Kalau lihat fungsinya banyak gitu bisa2 lumayan harganya haha tapi kalau sebanding dengan praktis dan efisien bs bikin banyak resep gitu sepertinya ga sayang ya buat keluarin duitnya

    ReplyDelete
  12. Wahh bisa ya bikin roti pakai chopper? Wah enak dong :)
    Soalnya pikir aku bikin roti itu sulit, ternyata mudah toh ya :))
    Jadi pgn beli Mitochiba deehhh..

    ReplyDelete
  13. ASYIIIK BANYYAK RESEPPP <3

    izin bookmark ya kak. aku ada sih chopper hehehe tapi kayanya lebih bonafid si mitochiba ini. jadi pengen beli jugaaaaaaaa (brb diem-diem nyolong debit card suami)

    ReplyDelete
  14. Nguleni adonan roti pakai chooper? alamakkkk.. baru ngerti lho, Is. Ya enak kalau gini, nggak bikin otot dempal.

    ReplyDelete
  15. Aah... asyiknya punya Chopper Mitochib, bisa gampang dan praktis bikin aneka panganan enak.
    Baru inget kalau punya juga chopper di rumah, ternyata multifungsi banget ya..

    ReplyDelete
  16. aku pas pandemi ini beli 2 alat masak wow yaitu oven listrik dan si mitochiba ini tapi si cooper ini baru kupake sekali bikin bakso dari daging qurban biar gampang nyimpennya kalo udah dibikin bakso gitu wkwkwk... abis gini mau dicoba lg deh biar ga mubadzir.. thanks resepnya mba

    ReplyDelete
  17. chopper andelan dan jadi booming akhir-akhir ini nih, dan ini jg jadi ide urunan ke temen nikahan di era pandemi ini..alhamdulillah kebantu bgt sih sama si mitochiba ini

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen punya juga aku mba, pengen belajar bikin makanan yang enak-enak
    choopernya keren ini pasti bisa memudahkan kita dalam membuat makanan ya Mba cepet pastinya dan kualitas hasilnya bagus

    ReplyDelete
  19. chopper idaman banget nih maaaak, berasa auto rajin masak kayanya kalo punya chopper iniii. semoga bisa beli juga ah bulan depan.. hihi. aamiin..

    ReplyDelete
  20. Setuju aku nih, mitochiba itu bikin semangat nyari resep baru dan coba masak, apa aja jadi bisa hehehe

    ReplyDelete
  21. Nah ini nih kudu aku kasihin ke suami. Dia masih belom ngizinin aku beli Chopper. Katanya masih belom perlu karena cuma buat bikin roti. Hadeuh, belom tahu aja dia kalo Chopper ini multifungsi ya 😅

    ReplyDelete
  22. Kangen bakiing...
    Kenapa aku males bayangin printilan cucian kotornya yaa...
    Tapi dengan menggunakan chopper, jadi meringankan cucian yaa..hanya choppernya aja.
    Siipp...sip.

    ReplyDelete
  23. Aku sering lihat di instagram para foodies itu, banyak ya yang pake chopper Mitochiba ini. Emang jadi gampang ya, mudah dibersihkan pula. Bebikinan apapun jadi mudah banget.

    ReplyDelete
  24. Waaah mba pakai Mitochiba juga yaa.. memang asli wnak dan praktis yaa. Harganya lumayan tapi

    ReplyDelete