Pages

Wednesday, 9 October 2019

5 Resep Smoothie Gampang dan Praktis

Jadi, ceritanya 10 hari terakhir saya bikin sarapan smoothie bowl. Setiap pagi menghadiahi badan dengan semangkok smoothie pakai buah hasil panen di rumah ibu. Apalagi kalo bukan mangga gadung. Manisnya, adududu... Pas banget. Terus dikasih mbk alpukat, katanya sengaja beli buat ibunya Aqla. Jadi, pulang ke rumah ibu balik ke Gresik bawa sekerdus buah haha, alhamdulillah.


Sebenarnya gampangggg banget kok bikin smoothie, cuma baru sekarang saya buka mata. Artinya gini, sekarang kok ya saya ketagihan banget bikin smoothie. Padahal dulu saya sering banget mbatin, "ih, ngapain juga bikin smoothie di taruh di mangkok, di hias, di kasih buah dan lain lain". Gitulah ya kalo suka mikir negatif, sekali kena, eh ketagihan hahaha.

Kok tiba-tiba bikin smoothie Em?saya juga bingung, waktu itu langsung bikin aja sih karena penasaran. Kalau hari-hari biasa seringnya sarapan buah potong. Nggak di bikin jus apalagi bikin smoothie. Nggak pernah, jadi sarapan buah potong aja gitu di taruh di piring. Hari H langsung bikin, pas banget sih habis pulang dari Jombang terus dibawain banyak buah. Langsung gitu eksekusi bikin smoothie, eh... Ketagihan dong hahaha. Akhirnya keterusan deh bikin, mau jalan 15 hari aja nih. Alhamdulillah.


Bedanya smoothie sama jus itu apa sih?pada intinya, yang paling mendasar kalau jus itu di blender atau di blend pake juicer, ada yang pakai air ada yang tanpa air, setelah di blender lalu disaring. Kalau smoothie, diblender dengan campuran susu, yogurt, tanpa disaring. Jadi kita makan semuanya gitu, seampas-ampasnya tapi versi lembut. Tekstur smoothie memang lembut banget.

Jadi sejak ngesmoothie Setiap malam saya udah ada bayangan, oh ya besok mau bikin smoothie ini dan ini dan itu. Selalu lihat stok buah, adanya ini, itu.. Kayaknya ini enak deh dibuat campuran itu dan lain sebagainya. Ohya, karena sekarang lagi musim mangga, jadi saya seringnya bikin smoothie mangga. Sesekali alpukat, kadang di mix. Pokoknya sebisa mungkin saya pakai buah yang lagi musim. Murah euy dan nutrisinya juga bagus.


Untuk penyajian smoothie, selain pakai toping buah, sesekali saya kasih granola sama chia seed. Jadi makannya lebih enak gitu, nggak langsung lewat aja smoothie nya. Kalo ada potongan buah sama granolanya , mau nggak mau ada aktivitas mengunyahnya. Dan, ini bagus banget untuk pencernaan kita.

Nah, berikut ini resep smoothie gampang dan Praktis a la #hotwajan #bukanwajanbiasa. Ohya, kebetulan ini versi yang tanpa cairkan yogurt, susu cair dll. Hanya pakai air 2 sdm, nggak lebih. Kok pakai air?awalnya tanpa air, lha kok nggak jalan blender ya hahaha, yaudah akhirnya saya kasih 2 sdm. Itupun jadinya udah lembuttt banget.. Enak!! Cobain deh..

Resep Smoothie Gampang dan Praktis

1. Alpukat Pisang
Bahan :
1 buah alpukat
1 buah pisang
2 sdm air

Toping :
Mangga gadung, potong
Almond
Chia seed

Blend semua bahan. Beri toping.


2. Alpukat mix
Bahan :
Setengah buah alpukat
Setengah buah mangga
6 potong pepaya
2 buah stroberi
2 sdm air

Toping :
Alpukat
Klengkeng
Stroberi

Blend semua bahan. Beri toping.


3. Mangga Jeruk
Bahan :
1 buah mangga uk, sedang
4 buah jeruk, ambil airnya
1 buah pisang

Toping :
1 buah genitu
Granola

Blend semua bahan. Beri toping.


4. Pepaya Pisang
Bahan :
1/4 buah pepaya
1 buah pisang

Toping :
Mangga
Pisang
Granola
Chia seed

Blend semua bahan. Beri toping.


5. Mangga
Bahan :
1 buah mangga
2 sdm air

Toping :
Granola
Stroberi

Blend semua bahan. Beri toping.

Gimana, praktis dan gampang banget kan.. Fix ya, 10 hari terakhir ini dirajai oleh buah musiman, buah mangga. Dan tentunya alpukat. Soal rasa, ugh... Beneran bikin nagih. Jadi, resep-resep diatas itu masih resep percobaan. Dalam arti, saya kan masih baru bikin smoothie, jadi main mix buah gitu. Pingin tau rasanya, teksturnya. Tapi yang saya banget itu di buah mangga, alpukat, pisang. Seriyussss, enakkk bangettt. Lembuttt banget.. Pantas aja ya, smoothie ini dimana-mana buah yang di pake itu alpukat sama pisang. Perfet match..!!

Dan, yang bikin saya ketagihan itu... Emmm, ternyata smoothie ditaruh di mangkok, dikasih toping potongan buah, granola, almond dll itu bener-bener istimewa banget. Saya benar-benar menikmati sekali dari proses pembuatan sampai proses makan. Menikmati sendok demi sendok, mengunyah dengan pelan. Berasa banget lho self healing di pagi hari hahaha.
Mak, nggak pingin bikin smoothie?? seriusss,enak banget lho. Cobain deh..

Teman-teman, ada yang suka bikin smoothie?

26 comments:

  1. Aku kalo bikin smoothie biasanya disajikan di gelas aja. Ternyata pake mangkuk gini cakep juga yaa 😍 Mau nyoba ah pankapan

    ReplyDelete
  2. aku kan follow IG dirimu mak.
    Duh, auto ngecesss klo liat foto2 smoothie bowl ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. OMG, itu yang smoothie alpukat, Klengkeng, Stroberi gak kuat melihatnya, imanku lsg goyah mbak :D Kebayang enaknya ituh....

    ReplyDelete
  4. Saya biasanya juga langsung makan potongan buah aja, atau di jus. Ternyata bikin smoothie gampang juga ya, buah-buahan lokal yang sedang musim. Yang mahal itu toppingnya hehehe....

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, kalau liat postinganini di IG suka pengen bikin pas wiken gituuu, tapiii pas wiken datang kok rasanya mager & cuman pengen leyeh2 or ya udah deh gofood aja hahahaha padahal kl bikin sendiri lebih bersih (jelas) dan bisa nambah2in buah apa aja dan cencuuu pasti lebih murah :D

    ReplyDelete
  6. Baca artikel ini jadi ingat alat smoothie-ku yang belum pernah di pake sejak beli hahaha, padahal niatnya dulu pingin rajin bikin smoothie tiap pagi buat anak-anak tapi yah ternyata cuma wacana, makasih mak...ntar coba ah resep smoothienya.

    ReplyDelete
  7. Duh mak, langsung kepengen nyicipin deh.
    ternyata penggunaan airnya memang sedikit ya mak.
    yang alpukat pisang itu cantik banget,

    ReplyDelete
  8. Aku bikin smoothie barusan nih mbak, kadang bosen. Mungkin kudu dikasih variasi, topingnya ganti-ganti juga gitu ya. Ini beneran deh jadi inspirasi buat aku, makasih yaaa

    ReplyDelete
  9. Ini yang saya lihat di GBnya mba. Cakeeep, akhirnya terpuaskan jadi tahu resepnya di sini.
    Baru tahu ada buah genitu.

    ReplyDelete
  10. Ini resep yg kutunggu2 teh setlah lihat foto d ig, d rumah hmpir tiap pagi nih bikin smoothies bikin ngiler aku tiru y resepnya

    ReplyDelete
  11. Jadi inget udah lamaaaa banget gak sarapan smoothie. Entahlah, akhir-akhir ini karena terlalu semangat masak bekal buat anak-anak jadi makan ngikut aja bekal mereka. Rasanya badan malah semakin berat, sudah waktu pindah ke smoothie lagi. Mumpung musim mangga, aku mau coba resep-resepnya ah!

    ReplyDelete
  12. aku mau buka rahasia nih, selama ini kalao ngejus atau kupas buah itu suamiku :-D aku tinggal makan aja. Pesen aja mau dibuatin apa nanti tinggal aku beli buahnya hihihi

    ReplyDelete
  13. waahh smoothies nya menggiurkan banget.. ini nambahin airnya cuma dikit2 ya.. buahnya juga yang bertekstur lembut juga yg dipake

    ReplyDelete
  14. Setiap lihat foto smoothie di instagram, pasti langsung ngiler. Pengen ngerasain kesegeran semua smoothie itu. Sampai sekarang belum kesampaian untuk buatnya.

    ReplyDelete
  15. Ulala jadi kepengen smoothi lembut banget nih dan segar, cocok nih untuk yang program kurus. Tapi yang penting sehatnya itu ya

    ReplyDelete
  16. Aku lagi rajin smoothie-an lagi tapi ga serajin gitu pake toping. Ya lama ya lumayan juga biayanya kalau tiap hari hahaha tapi enak banget emang, apalagi kalau ada granola. Mantaaap

    ReplyDelete
  17. Q msh awam nih soal masak memasak, makanya kalau dpt resep sekecee ini tp msh bsa kujangkau rasanya bahagia banget

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah bikin smoothie mbak. Tapi baca resep ini sepertinya mudah juga ya. ..

    ReplyDelete
  19. Wah, dulu aku buah diblendee, sekarang dijuicer, kayaknya enak ya smoothie ini, apalagi pakai susu atau yoghurt, kebayang enak...

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen bikin juga loh aku mba. Kebetulan di rumah lg panen mangga. Izin minta resepnya yaaak

    ReplyDelete
  21. Duh, smoothi-nya bikin mupeng deh. Aku belom pernah bikin. Biasanya beli. Ada resep gini mah, aku mau nyoba bikin

    ReplyDelete
  22. Aku liatnya jadi kayak mpasi ya mak teksturnya. Kalau jus paling jus biasa aku mak. Dari dulu pengen bikin2 ginian gak sempet2 huhu

    ReplyDelete
  23. Waahhh tampilannya menggoda banget nih smoothienya. Tentunya juga sehat ya karena karena mengandung aneka buah dalam satu porsinya.

    ReplyDelete
  24. Wow enak2 banget buahnya tinggal panen. Paling enak smoothies itu alpukat, karena bikin kenyang juga, haha... Keren lah langsung ada 5 macam smoothies gini, Mba :D

    ReplyDelete
  25. Udah nyobain yg mangga jeruk, segeerrr banget. Satu2 lah ntar dicoba. Thanks sharingnya maksay

    ReplyDelete