Thursday, 17 December 2015

Satu Malam di Bakmi Jowo Mbah Oman

Ceritanya, kapan hari pas suami ngantar saya cek bulanan ke dokter kandungan, seperti biasa sepulang dari rumah sakit yang ada di daerah simpang jam, rencana selanjutnya adalah cari makan malam. Setelah putar balik akhirnya diputuskan cari makan di daerah  mega legenda. Selain satu jalur ke arah rumah, di daerah tersebut juga lumayan banyak pilihan warung dan menu makanan. Sudah malam dan rasanya pingin cepet-cepet duduk di salah satu warung, maklum dari jam 3 sore, baru keluar dari rumah sakit pukul 8 malam, lumayan lapar hehehe. Setelah putar sana sini, akhirnya ada salah satu ruko yang berada di daerah pasar legenda, lumayan ramai, sepertinya baru buka. Atas nama penasaran dan pas banget di plang ada tulisan Bakmi Jowo Mbah Oman, jadilah suami punya ide untuk makan malam yang anget-anget disitu. Kebayang kan duduk manis menikmati bakmi jowo sambil ngobrol bertiga.


Mungkin karena ramai dan baru buka, pengunjung Bakmi Jowo Mbah Oman lumayan ramai, sampai antrinya lumayan banyak. Setelah melihat deretan menu, rencanaya suami mau pesan bakmi jowo,  makanan kesukaaanya, saya pesan nasi goreng magelangan, dan ibu pesan mi godog. Tapi ternyata, pesanan yag kami pesan sudah habis, kecewa banget rasanya, maklum lama banget nggak makan bakmi jowo. Setelah kecewa karena nggak keturutan, dan nggak mungkin juga cari warung lagi, akhirnya saya dan ibu pesan nasi goreng biasa dan suami pesan tongseng sapi, minumnya jeruk dan teh hangat. Awalnya saya penasaran banget sama nasi goreng magelangan, ternyata seperti nasi goreng mawut, kata mbaknya nasi goreng plus bakmi, emmm...kapan-kapan harus dicoba nih. 


Nunggu pesanan makanan lumayan lama, kurang lebih setengah jam baru deh pesanan nasi goreng dan tongseng ada di depan mata. Koki bakmi jowonya cuma satu dan wajannya juga satu, itupun yang kecil. Yang bikin nggak kerasa lama nunggu karena kita bisa lihat atraksi koki memasak di depan mata, sambil lihat koki masak, sambil bersin-bersin juga, maklum harum bumbu yang semerbak sampe mana-mana hahaha. Ohya, satu lagi informasi yang saya dapat, ciri khas dari bakmi jowo ternyata masaknya memang satu-satu atau perporsi. Nggak langsung masak banyak atau satu wajan untuk beberapa porsi, wah, harus ekstra sabar berarti ya kalau pingin makan bakmi jowo.



Soal rasa, nasi goreng biasa isinya ada tambahan daging, sayur kol dan tomat, rasanya manis, khas banget nasi gorengnya orang jawa, warna hitam dan rasa manis dari kecap. Begitu juga dengan tongseng sapi, isinya nggak jauh beda sama nasi goreng biasa, ada sayur kol dan tomat, rasanya manis, khas orang jawa bangetlah pokoknya kalau makan di Bakmi Jowo Mbah Oman. Soal harga, rata-rata menu makanannya di bandrol dengan harga 17.000 perporsi, tongseng sapi satu porsi 22.000. Total pesanan malam itu Rp 78.000. Meskipun belum puas karena nggak jadi makan bakmi jowo, tapi Alhamdulillah perut kenyang. 

Teman-teman ada yang pernah makan bakmi jowo...???



***
Bakmi Jowo Mbah Oman
Komp ruko mega legenda extension blok E no. 37 Batam Center - Batam









15 comments:

  1. Mbak Hanna sekarang di Batam ya? Mahal jg ya nasgornya. Di Bogor masih Rp 8.000 an hehe..

    ReplyDelete
  2. enak soro iki mbak...sedep mantap deh...

    ReplyDelete
  3. Akj blm pernak mkn mba..pingin nyobain gmn rasanya

    ReplyDelete
  4. Itu kamu habiskan semuanya sendirian? Atau makan bareng ma suami? Xixixi. Rasanya pas buat bumil gak?
    Jadi penasaran pingin nyobain di sana.

    ReplyDelete
  5. Baru tau ada tongseng sapi *ekh.

    Kangen berat euy sama bumil hihihi

    ReplyDelete
  6. pernah makan bakmi jawa, menurut saya bakmi jawa itu mirip-mirip mie tek tek kalau di bandung

    ReplyDelete
  7. tiap sore makan bakmi jowo. normal lah harganya ya

    ReplyDelete
  8. Penasaaran, kenapa masaknya harus nyici gitu, ya. Bukan karena wajannya mungil, kan? :)

    ReplyDelete
  9. Penasaaran, kenapa masaknya harus nyici gitu, ya. Bukan karena wajannya mungil, kan? :)

    ReplyDelete
  10. menggiurkaaan...suka banget deh bakmi...

    ReplyDelete
  11. Hm..bakmi jowo kalau di YOgya itu yang nyemek gitu. Airnya dikit gitu tapi mie rebus...enak menurutku

    ReplyDelete
  12. Untuk batam harga terjangkau banget, porsi pas mantep, rasa rekomendesi deh

    ReplyDelete

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999