Monday, 8 November 2021

5 Game Online Yang Bisa Dimainkan Bersama Si Kecil

Ada yang suka main game online?kalo iya, artinya kita sehati. Tapi main gamenya nggak seintens itu sih, sekedar mengisi waktu luang atau pas lagi nggak ada ide buat nulis blog. Lemesin dulu jari jemari dan otak buat seseruan main game. Daripada bengong tidak menghasilkan apa-apa, mending main game sebentar untuk mencari ide. Emang main game bisa dapet ide nulis?eits, jangan salah. Main game itu bukan hanya senang-senang aja lho, tapi dibalik itu ada banyak manfaat. Salah satunya adalah melatih kecerdasan dan koordinasi antara otak dan otot.

Manfaat Bermain Game

1. Mengurangi stres

Ketika stres melanda, kita butuh sesuatu yang menyenangkan yang membuat kita menjadi semangat lagi untuk memulai sesuatu, salah satunya dengan bermain game.

2. Mengasah otak

Percaya nggak percaya, main game itu bukan sekedar mainin jari jemari aja. Melainkan kita harus punya strategi, bagaimana caranya menyelesaikan masalah, sampai akhirnya digaris finish atau level terakhir. Misi sudah selesai. 

3. Meningkatkan fokus

Saat bermain game, kita seringkali fokus pada satu permainan. Kadang, kita sampai tidak sadar bahwa sudah bermain game selama berjam-jam. Lhooo... 

4. Melatih kesabaran

Bermain game menjadi salah satu sarana untuk melatih kesabaran. Menghadapi musuh, tantangan dan rintangan. 

5. Belajar bahasa lain

Khususnya bahasa inggris, rata-rata game online banyak yang menggunakan bahasa inggris. Dari sini biasanya anak-anak belajar bahasa inggris, baik lewat suara, maupun lewat tulisan. 

Tips Membuat Aturan untuk Anak dalam Bermain Game

Nah, sejak Aqla tahu cara bermain game via browser, ini anak jadi nagih main game. Nggak setiap hari, kadang kalau pingin aja dan laptop sedang nyala tidak saya pakai biasanya minta izin saya untuk main game. Ngomongin soal izin untuk main game, penting banget kita sebagai orangtua harus punya aturan main game untuk anak. Karena kalau nggak ada aturan, dampak buruknya yang paling kerasa adalah anak akan kecanduan bermain game. 

Berikut beberapa tips membuat aturan untuk anak dalam bermain game :

1. Tentukan jenis game

Untuk anak-anak khususnya, tentukan jenis game yang boleh dimainkan.

2. Tentukan durasi

Agar anak tidak kecanduan main game, sebaiknya kita memberikan durasi, waktu, berapa lama anak bermain game dalam satu waktu. Misalnya 30 menit.

3. Tentukan frekuensi

Orangtua bisa membuat aturan berapa kali anak bermain game dalam seminggu. Misalnya 2 kali, atau saat libur sekolah.

4. Menyediakan permainan lain

Agar anak tidak cepat bosan, orangtua bisa menyediakan berbagai permainan seru seperti ular tangga, dakon, puzzle, dan lain sebagainya.

5. Konsekuensi

Agar anak tidak menyepelekan satu aturan, buat konsekuensi jika anak melanggar peraturan. Misalnya satu bulan tidak boleh bermain game, atau hp disita selama satu minggu, dll.

Baca juga #MainSamaAqla Membuat Elmo & Ayam Dengan Cara Menjiplak Tangan

Mengenal Plays.org

Plays.org merupakan platform game onlne gratis yang bisa dimainkan dimana saja menggunakan browser dan koneksi internet. Plays.org menawarkan banyak hingga ratusan game gratis kepada pemain di setiap genre. Semua game disini merupakan game HTML gratis yang tidak diblokir yang dapat kita mainkan langsung di browser web tanpa terlebih dahulu mengunduh aplikasi. 

Jadi, caranya tinggal buka web Plays.org selanjutnya tinggal pilih game. Mulai bermain!!gampang banget kan.

5 Game Online Yang Bisa Dimainkan Bersama Si Kecil

Berikut 5 ide game online di Plays.org yang bisa dimainkan bersama si kecil di rumah :

1. Super Mario Rush : Endless Runner Game

Waktu pertama kali tau Plays.org, game pertama yang saya cari adalah Mario Bros ahahaha. Ini game favorit saya sejak SD, bener-bener nostalgia banget pokoknya pas muncul gamenya di layar. Super Mario Rush merupakan permainan lari untuk mengumpulkan sebanyak mungkin koin. Cara bermainnya cukup mudah, hanya menggunakan mouse, klik saja mouse untuk meloncat. Awas, jurang ahahaha 

2. Alphabet Bubble Letter  Match Game

Ini adalah permainan pengenalan alfabet untuk anak-anak. Cara bermainnya cukup mudah, gelembung huruf akan muncul dan berjalan di atas peti harta karun yang menunjukkan kata dengan huruf yang sama. Klik mouse pada awal huruf yang sesuai dengan petunjuk kata di peti harta karun. Pastikan huruf berada pas diatas peti harta karun jika ingin berhasil. 

3. Ben 10 Match Up : Card Matching Game

Pecinta Ben 10 pasti senang ada game ini. Ben 10 Match Up adalah permainan mencocokkan yang sangat sederhana bertema. Cara bermainnya cukup sederhana yaitu dengan mencocokkan kartu dengan pasangannya masing-masing. Ingat, daya ingat si kecil disini diuji ahaha. 

4. Batman Gotham City Speed Game : LEGO Collecting Game

Ini merupakan permainan mengemudi dan terbang sederhana di mana kita mengontrol Batmobile mengumpulkan kancing LEGO dan melawan penjahat dari seri Batman. Caranya sangat mudah, yaitu dengan bergerak ke kiri dan kanan untuk mengemudi dan mengumpulkan kancing LEGO sambil menghindari rintangan dan musuh. Hindari menabrak struktur tetap, rintangan, atau musuh. Seperti benda diam,drone dan lain sebagainya.

5. Dinosaur Train Bridge Builder : Add Numbers Game

Kalau main game sama anak-anak pasti yang dicari segala hal yang sedang ia sukai, salah satunya Dinosaurus. Untungnya di Plays.org ada Dinosaur Train Bridge Builder, Ini adalah permainan sederhana yang mengajarkan anak-anak untuk memecah angka dan menjumlahkannya. Membantu penduduk Kota Troodon menyeberangi jurang dengan mencari panjang jurang.

Cara bermain yaitu dengan membangun jembatan untuk membantu penduduk Kota Troodon melintasi jurang. Dengan cara menarik mouse ke antar jurang.


Gimana, seru seru banget kan gamenya?

Dari 5 game online diatas paling sering saya main yang Mario sama Batman ahahaha, tapi kalau Aqla mainnya sudah sampai mana-mana. Lebih banyak game yang sudah dicoba sama Aqla ketimbang saya.


Teman-teman, ada yang suka main game online?

26 comments:

  1. Oww ternyata ada game yang temanya Ben 1o ya .. say agak lihat soalnya banyak banget ya game di Plays.Org ini.

    ReplyDelete
  2. Aku suka diajak anak2 main gamesnya. Bapak suami masih ngedota dari dulu sampe sekarang😄 wah aku pernah nyobain ini juga. Seru dan nggak ada iklan. Sukaaaa

    ReplyDelete
  3. Haha anak zaman sekarang memang agak susah lepas dari hal2 berbau digital, makanya memang ortu kudu bikin kesepakatan di awal soal penggunaan gadget apalagi main game ya mbak.
    Akupun kalau soal konsekuensi tegas,sampai aku copot modemnya dan mereka benar2 dalam berapa hari gk bisa pegang gagdet :D

    ReplyDelete
  4. Nah game juga punya dampak positif selama kita menggunakannya dengan bijak. Mantep ini lengkap banget.

    ReplyDelete
  5. seruu banget emang main di plays.org. molly juga biarpun udah dewasa, sukaa sama games2 di sana. banyak yang unyu2

    ReplyDelete
  6. Super Mario itu game favoritku hahaha bahkan musiknya aja aku inget banget, dulu pas kuliah kalau ngak sibuk pasti main game ini, makanya aku semangat banget ngenalin game ini ke anak-anak. Cusss...ah ke plays.org mau nostalgia dulu main super mario, apalagi banyak manfaatnya kok bermain game asal pilihannya gamenya tepat dengan durasi yang ngak terlalu lama.

    ReplyDelete
  7. kehadiran platform game online palys dot org ini cukup melegakan, karena bisa main game online secara geratis tanpa perlu dunlut aplikasi game.

    Kita juga dapat menemukan banyak item permainan gratis yang menarik karena situs web ini memiliki berbagai macam permainan, serta berbagai kategori permainan untuk dipilih sesuai kebutuhan usia.

    ReplyDelete
  8. Aku dan anakku suka main games bareng. Dan senangnya main games makin menyenangkan lewat plays ya mba. Ada banyak manfaat pula

    ReplyDelete
  9. Seru semua game e Mbak. Aku yang sudah emak-emak masih suka main game apalagi anak-anak. Enak ya di plays.org ada banyak jenis game. Gratis pula. Tak ada sliweran iklan juga. Bisa betah lama main game di sini.

    ReplyDelete
  10. Anakku juga udah lebih banyak main jenis game di plays.org ini mbak dibanding saya. Kalau saya biasanya langsung aja pilih sudoku, kalau dia klak klik pengen coba semua

    ReplyDelete
  11. anakku suka tuh mbak, yang Dinosaur Train Bridge Builder kelihatanya sih ini permainan sederhana yang mengajarkan anak-anak untuk memecah angka dan menjumlahkannya, tapi menarik karena bisa membantu penduduk Kota Troodon menyeberangi jurang dengan mencari panjang jurang jadi tambah pinter matematika ya

    ReplyDelete
  12. Aww.. Blm pernah cb yg dinosaurus. Padahal anak suka banget sm dinosaurus. Otw, ke playlist org lg ah. Kemarin udah main disana tp msh byk yg blm dicoba

    ReplyDelete
  13. Gamesnya lucu-lucu banget yaa..
    Gemeesh..

    Anakku yang kedua suka banget main games. Tangannya cekatan kalau main. Jadi pas main games, sekeluarga KZL sama dia yang menangan.
    Hhaha...ini gimana cara ngalahinnya?

    ReplyDelete
  14. seruuu ya di plays. aku pun sudah cobain beberapa mayan kalau mager mau ngapain bisa ngeplays dulu
    anakku suka yang golf sama bikin2 arcade kayak dia main mobile legends xixi

    ReplyDelete
  15. main alphabet bubble seru bareng anak, jadi bisa buat belajar juga yaa.. webnya plays.org ini super banyak banget gamenya jadi ga bosen

    ReplyDelete
  16. Game favorit saya di plays.org ini tuh Zombie Typing. Seru aja maininnya, jadi melatih keterampilan kecepatan mengetik.

    ReplyDelete
  17. anak emang pasti suka lah main game, aku aja yang gaptek, terima kasih atas rekomendasinya jadi aku tahu ya mak , hehehe

    ReplyDelete
  18. Bnyak bngt jenis games yg bisa kita pilih di plays.org klo gini gk khawatir anak2 pegang hp karna bnyak games edukatif ya juga

    ReplyDelete
  19. Aku juga suka banget nih mba main games, menghibur kala kita lagi stress. Main di plays tuh banyak pilihan, aku sukanya yg nugget tuh 😂

    ReplyDelete
  20. Seru-seru banget nih mbak, gamesnya... Saya baru mau nyoba plays.org... Makasih ya rekomendasinya, jadi enggak bingung lagi...

    ReplyDelete
  21. Main games buat menghibur kalo lagi suntuk dan stress dirumah aja, itu solusi aku kalo dirumah

    ReplyDelete
  22. Seru banget deh banyak pilihannya ya dan pastinya anak juga makin happy deh

    ReplyDelete
  23. Coba satu lagi mba yang seru dan edukatif di situ game itu, aku sama anakku sudah coba yang matematika. Seru banget, melatih anak memahami bahasa inggris dan berhitung

    ReplyDelete
  24. Seru banget gamesnya yah Kak, makasih rekomendasi nya pengen coba main plays blm pernah coba main

    ReplyDelete
  25. mario bros itu permainan legend banget ya di masa kecil kita. dulu mainnya cuma bisa di video game dan sekarang sudah bisa dimainkan di komputer lewat website plays.org

    ReplyDelete