Tuesday 8 June 2021

5 Ide Menu Harian untuk Si Kecil

5 Ide Menu Harian untuk Si Kecil - Bingung mau masak apa untuk si kecil bund? Berikut 5 ide menu harian untuk si kecil. Karena Aqla dulu pernah GTM (Gerakan Tutup Mulut) yang lumayan bikin saya trauma, baru satu suap sudah nggak mau lanjut. 3 kali suap, dimuntahin. Sampai akhirnya masuk rumah sakit, setelah kejadian itu perjuangan saya untuk menaikkan berat badan dan bikin Aqla sehat pun dimulai. 

Setelah kejadian itu, setiap hari saya bikin jadwal "meal plan" buat si kecil. Mulai dari menu sarapan, makan malam sampai mencatat camilan yang dia makan atau yang nggak disentuh sama sekali. Kebetulan tiap harinya saya beli camilan khusus untuk si kecil 5 jenis camilan yang berbeda di pasar. Rata-rata kue basah dan sejenisnya, seperti roti kukus, pastel, roti isi, bakpao, roti bluder dll. 

Kalau si kecil tidak mau makan nasi, saya berusaha untuk tidak emosi (lagi). Mencoba untuk memberikan pilihan camilan yang saya siapkan di piring. Biarkan dia memilihnya. Satu, dua jenis makanan di piring ia habiskan. Makin kesini isi piring camilan yang berjumlah 5 habis tidak tersisa. Apalagi kalau ada camilan yang rasanya gurih, pasti dia ambil duluan. Alhamdulillah, rasanya luar biasa sekali ya. 

Nggak hanya camilan, setiap hati saya masak menu harian khusus Aqla. Dari mulai sayur tumis, berkuah sampai yang bersantan. Waktu masak soto, kok lumayan lahap makannya, apalagi waktu itu makannya sama kerupuk. Duh, rasanya udah deg-degan banget.. Alhamdulillah, lha kok habis semangkok kecil. Kebetulan saya ambil nasinya 2 sendok makan, takutnya nggak habis gitu. 

Hampir setiap hari saya mencatat menu apa aja yang dia tolak dan dia habiskan. Pelan-pelan setiap minggu saya bikin meal plan, saya minuman madu dan vitamin dari dokter. Alhamdulilah perlahan berat badan Aqla naik.

Buat ibu-ibu pejuang anak GTM, semangat ya.. Semoga dimudahkan, diberi kesabaran dan kesehatan aamiin.. 

5 Ide Menu Harian untuk si Kecil

Untuk ide menu harian biasanya saya cari di media sosial, googling ataupun mengkreasikan sendiri. Apa yang anak inginkan, apa yang anak suka. Ohya, kadang saya tanya ke anak untuk menu yang dia inginkan. Misalnya di kulkas ada ayam, saya beri tahu si kecil. "Mas Aqla mau makan apa hari ini, ada ayam, mau dimasak apa?", karena Aqla suka banget ayam kriuk, biasanya otomatis dia jawab Ayam Kriuk. 

Berikut 5 ide menu harian untuk Si kecil, semoga bermanfaat. 

1. Sayur Labu Siam

Labu siam atau kalau di daerah ibu saya Jombang sering disebut manisah. Biasanya dimasak santan atau ditumis. Tapi paling enak memang dimasak santan, gurih rasanya. Cara membuat sayur labu siam masak santan ini tergolong mudah, karena untuk Aqla saya bikin bumbunya lumayan praktis, duo bawang diiris lalu ditumis. Kemudian ditambahkan labu siam dan kacang panjang. Setelah dibumbui dan diberi santan, tambahkan irisan daun bawang pre dan bawang goreng. 

ide-menu-harian-si-kecil

Biasanya sayur labu siam saya putar campuran sayurnya, mulai dari kacang panjang, wortel, tahu, tempe kadang sama ayam. Untuk lauknya juga saya variasikan, biar Aqla nggak bosan. Kali ini lauknya sate telur puyuh, nggak bikin, tapi beli ahahaha. 

2. Bakso Rambutan 

Ada yang tau bakso rambutan? Sebenarnya ini bahan utamanya dari adonan bakso ayam dicampur dengan sayur wortel (serut) dan mi bihun yang sudah direbus terlebih dahulu. Setelah dicampur jadi satu, bentuk adonan bulat, rebus sampai mengapung. 

Ternyata enak juga lho bakso rambutanya. Pake kuah enak, seger. Terus digoreng juga nggak kalah enak, cocol saosss buat camilan. 

ide-menu-harian-si-kecil

Bakso Rambutan

By @hm_zwan 

Bahan :

250 gr daging ayam

1 buah wortel, serut

50 gr bihun, rebus, potong pendek

1 butir telur

2 bawang putih

1 batang daun bawang

1/2 bawang bombai

1 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt lada

1 batang daun bawang, iris

2 sdm tepung tapioka 


Bahan kuah :

500 ml air

3 buah tulang ayam

 Sayur Tahu Campur Masak Santan1 sdt garam

1/2 sdt gula pasir 

1/2 sdt kaldu bubuk 

1/2 sdt lada

2 siung bawang putih 

1 batang daun bawang

Irisan daun bawang dan seledri secukupnya

Bawang goreng


Cara membuat bakso :

Haluskan ayam, bawang putih, batang daun bawang, telur dan bawang bombai. Siapkan wadah, masukkan bahan daging halus, bihun, irisan daun bawang, wortel, garam, lada, kaldu bubuk, tepung tapioka, aduk rata. Koreksi rasa. Rebus air, ambil adonan bakso, bentuk bulat, rebus sampai matang, angkat, sisihkan.

Cara membuat kuah :

Uleg kasar batang daun bawang dan bawang putih, tumis sampai harum. Masukkan air, tulang ayam, tambahkan gula, garam, lada dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat sajikan dengan bakso rambutan. Taburi daun bawang, seledri dan bawang goreng.

3. Sayur Tahu Campur Masak Santan 

Nah, kalau menu ini idenya datang di akhir minggu ketika stok sayur menipis wkwkwk. Di kulkas tinggal beberapa potong sayur ada kubis, wortel, tahu dan tomat. Yaudahlah akhirnya ditumis dikasih santan. Lauknya ada telur dadar, ini request nya Aqla sendiri. Maunya lauk telur dadar. 

ide-menu-harian-si-kecil

4. Sayur Sop 

Satu bungkus sayur sop (masih menahan) harga 3000 di Gresik bisa untuk menu satu keluarga. Tapi ini saya variasikan, ditambah telur puyuh dan makaroni. Bumbu sayur sop madih pakai bumbu standar ya, duo bawang (saya, bawang putih dibanyakin), digoreng, diuleg sama batang daun bawang pre, dicampur sama sayuran yang sudah direbus. Bumbui, tabur irisan daun bawang pre, seledri dan bawang goreng. Sedappp... 

ide-menu-harian-si-kecil

Untuk lauknya, kalau sop pasti andalan ya ayam kriuk. Salah satu lauk kesukaan anak-anak ya. Untuk bumbu ayam kriuk saya pakai tepung bumbu jadi yang saya tambahkan tepung terigu, karena biasanya asin banget. Ayamnya saya rendam di kocokan telur yang sudah diberi sedikit garam. Untuk apa? Biar nggak keras gitu tekstur tepung bumbunya kalau sudah matang. 

5. Soto Ayam

Suka mana, soto bening atau soto santan ala soto Medan? Saya, 22nya...yang penting ada tempe goreng tepung makkrezzz hahaha. Soto ayam salah satu menu kesukaan Aqla, kalau saya masak soto, pasti minta nambah dan kuah ya yang banyak. 


SOTO AYAM 

Bahan :

1 liter air

3 paha ayam

2 batang daun bawang, iris 1 cm

2 batang daun seledri, iris 1 cm

Gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya

3 siung bawang merah, iris, goreng setengah matang

Minyak goreng

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

1 batang sereh,geprek

3 cm jahe,geprek

1 bungkus santan cair 

Bahan pelengkap :

Ayam goreng suwir

Tauge rebus

Kol, iris tipis

Kentang goreng

Irisan tomat

Jeruk nipis

Sambal kecap

Kerupuk

ide-menu-harian-si-kecil

Bumbu halus (blender) :

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

3 buah kemiri

4 cm kunyit


Cara membuat :

Tumis bumbu, daun salam, jeruk, sereh, dan jahe sampai harum. Masukkan air, paha ayam tunggu sampai mendidih. Angkat paha ayam, masukan gula, garam, merica, kaldu bubuk, koreksi rasa. Masukkan santan, bawang merah goreng, daun bawang dan seledri, aduk rata. Jika sudah matang, angkat, hidangkan dengan bahan pelengkap. 


Selamat mencoba ^^

10 comments:

  1. Bakso rambutan kayaknya enak nih mbak. Walau aku bukan anak kecil tapi boleh juga untuk disantap. Kadang anak kecil itu susah susah gampang ya mbak dan membujuknya agar mau makan pun seorang ibu butuh effort yang tak sedikit. Salut sama emak emak nih

    ReplyDelete
  2. kalau anak GTM memang bikin pening banget ya Mbak.
    anak-anakku juga suka makan sup2an Mbak selain nasi goreng tentunya, praktis dan segar sih emang ya sup, bisa dicampur semua juga, ayam, wortel kentang jadi satu, praktis, mau coba menu Aqla juga ahh, makasih yaa Mbak ;)

    ReplyDelete
  3. Momen si kecil GTM itu memang bener2 menguras tanki kewarasan. Mau dirayu, dipaksa, sampai diancam ga berhasil. Akhirnya cuma masuk 3 - 4 sendok.

    Sisanya? Disikat bapaknya.

    Tapi Alhamdulilah Bio sekarang udah kooperatif makannya. No drama2an lagi udah.

    ReplyDelete
  4. Masyaallah bunda telaten banget ya sampai dicatat gitu. Memang ya kalau dicatat jadi tahu makanan apa yang mereka suka dan tidak. Nah, ini menunya bervariasi banget, suka deh liatnya. Soalnya anak saya gak begitu doyan makanan bervariasi gitu, huhuhuh. Tetap bersyukur sih dia masih doyan sayur bayam dan wortel. Saya jadi pengen coba resepnya bunda siapa tahu anak saya juga mau ini, hehehe. Kayaknya saya aja yang kurang kreatif bikin ini dan itu buat anak, hihihi
    Makasih sharing resepnya mbak

    ReplyDelete
  5. Anak mba kayanya doyan yang kuah2 ya. Yang bakso rambutan kayanya ok juga. Ok nih pilihannya, karena anakku pemilih untuk makanan

    ReplyDelete
  6. Uwwh...kalau dimasakin sama mamanya yang kreatif begini, gajadi GTM.
    Tapi memang ujian banget sih yaa...kalau anak-anak mulai melancarkan aksinya. Kudu sabar plus kreatif kaya teteh.

    ((pengen ikutan nyobain masak baso rambutan, kayanya aku doyan. Eh, hahhaa buat aku yang lagi GTM))

    ReplyDelete
  7. Wahh aku sering banget tuh liat tetangga dirumah yang dimana kalo dirumah anaknya gamau makan, ya sejenis GTM gitulah.. Tapi akhir-akhir ini sering diajak jalan-jalan keluar rumah sambil olahraga jadi mau maem dikit-dikit..

    Aku penasaran bakso rambutannya, padahal di bahan dan pembuatannya gak ada rambutan dimasukin.. Apa karena tampilan dari bihunnya yang membuat jadi baksonya terlihat seperti ada bulu-bulu seperti rambutan gitu.

    ReplyDelete
  8. Jujur aja mba, resepnya mudah dibuat dan jadi menu harian aku si anak kost nih heheh.
    Makasih lho mba, jadi ada ide masakan lain nih

    ReplyDelete
  9. Monmaap noh, Mba. Vina jadi laper. Ternyata anak kecil bisa makan ini juga ya, kirain hanya orang dewasa saja. Tapo harus tetap mengikuti aturannya kan yaa biar anaknya ga kaget gitu kali ya. Tengah malem, malah jadi lapar, ya Allah.

    ReplyDelete
  10. aku suka bakso rambutan tapi belum pernah bikin sendiri ternyata ya ga susah amat ya

    ReplyDelete