Sunday, 17 October 2021

Oleh-oleh Khas Gresik Bu Muzanah

Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Kali ini HM mau sharing tempat oleh-oleh khas Kota Gresik Jawa Timur.  Ada yang pernah ke Gresik Jawa Timur? jadi, ceritanya minggu lalu dapet kabar kalau bulek yang tinggal di Batam pulang ke Gresik beberapa hari karena ada urusan keluarga di Kediri. Kebetulan bulek berangkat sendiri ke Jawa. Jadi, kalau perantau mudik itu pasti jadwalnya padat ahaha. Setelah pulang ke Kediri, lanjut ke Ponorogo, dan yang terakhir nginep di rumah adek di Surabaya. Meskipun cuma dua hari di rumah adik, tapi Alhamdulillah akhirnya saya, suami dan Aqla bisa nyempetin mampir ke Surabaya. Dua tahun lebih nggak ketemu rasanya kangen banget, apalagi dulu waktu inggal di Batam hampir tiap minggu selalu main ke rumah bulek.

Cari Oleh-oleh Khas Gresik

Pas banget suami masuk kerja malam, jadi setelah Aqla pulang sekolah langsung nyempetin berangkat ke Surabaya. Sebelum ke Surabaya, kami ke Gresik kota dulu buat cari oleh-oleh khas Gresik yang bisa dibawa ke Batam. Btw, sebelum memutuskan ke Gresik kota, saya sempat tanya teman dan saudara yang tinggal di Gresik. Maklum, saya newbie jadi warga Gresik, jadi tanya tanya aja sama yang punya rumah. Mereka mayoritas menyarankan untuk beli otak-otak bandeng, pudak atau jenang khas Gresik (ini lupa saya namanya ahahaha). Setelah telpon, ngobrol sana sini akhirnya pada nyaranin ke Bu Muzanah. Katanya disini komplit, tinggal pilih..

Alasan lain, banyak varian olahan ikan bandengnya, otak-otak bandeng di Bu Muzanah lebih enak karena kelapanya dikit, daging bandengnya banyak.

Yaudah, akhirnya langsung cus ke Gresik kota..


Oleh-oleh Khas Gresik Bu Muzanah

Lokasi

Berangkat dari rumah pukul 09.00 sampai toko Bu Muzanah pukul 10.00 , sebenarnya 30 menit sudah sampai tapi berbekal gmaps yang...eeemmm...gitu deh, salah belok wkwkwkwk akhirnya muter lagi. Sampai perempatan Pasar Gresik Kota lurus terus kurang lebih 500 meter, nggak pake lama sampai deh di toko Oleh-oleh Khas Gresik Bu Muzanah. Kalau dari Pasar Gresik Kota, toko berada di sebelah kiri jalan raya. Kebetulan jalan rayanya nggak luas, pas buat dua mobil dan lumayan rame, jadi setelah pasar harus pelan-pelan ya. Karena area parkir yang dijaga tukang parkir pas di depan toko saja. Lewat dikit, dicuekin wkwkwk. 

Buat yang bawa kendaraan roda empat, tinggal buka jendela mobil saja nanti tukang parkirnya langsung ngarahin. Beda lagi kalau kita nggak hati-hati terus kelewat dikit (karena baru pertama kali kesini), berhenti di pinggir jalan beberapa menit aja udah di klakson sama mobil motor yang ada di belakang kita ahahaha. 

Berikut alamat toko oleh-oleh khas gresik Bu Muzanah. 

Jalan Sindujoyo no. 68 Gresik Jawa Timur.

Telpon (031) 3983978

Banyak pilihan 

Saat buka pintu toko, pemandangan bandeng, snack dan masih banyak lagi terpampang nyata di depan mata ahaha. Seperti toko oleh-oleh pada umumnya, disini ada beberapa makanan khas Gresik yang tidak asing buat saya, ada beberapa olahan bandeng. Seperti bandeng presto, bandeng bakar, bandeng asap, dan otak-otak bandeng. Duh, lihat etalase bandeng yang bener-bener fresh masih anget rasanya pingin borong semua ahahaha. 

Di etalase paling depan ada jajaran kue bolu, bolen, pudak (khas Gresik yang dibungkus pakai kelobot) tapi sayang sudah habis euy. Di etalase tengah dan bagian kanan ada macam-macam snack, mulai dari sambel sampai aneka kerupuk ikan. Banyak banget pokoknya, sampai bingung lho ahaha. Komplit banget, jadi kita bisa pilih sesuka hati.

Harga tertera di etalase

Salah satu kebahagiaan calon pembeli adalah melihat harga produk di etalase. Bener nggak sih? jadi dengan adanya harga yang tertera di etalase (bawah produk) kita bisa ngira-ngira budget (wkwkwk) buat beli oleh-oleh, terus nggak sibuk tanya harga ke mbak-mbak yang jaga. Kadang sungkan gitu kalo tanya terus, kalau ada harga di etalase kita bisa leluasa pilih produk sesuai yang kita inginkan dan sesuai dnegan kantong, ya nggak buibu..

Harga produk cukup terjangkau

Pas lihat deretan harga snack, harganya lumayan terjangkau. Misalnya harga kerupuk ikan (lupa nama ikannya, karena ada beberapa jenis kerupuk ikan) satu bungkus ada yang harga 7000, 8000 sampai 15.000. Terus untuk pudak, satu ikat (lupa dapet berapa pcs) harganya 25.000. Aneka minuman jamu botolan (botol plastik besar) harganya 15.000 an. Aneka olahan ikan bandeng, mulai dari harga 45.000, nah kalau otak-otak bandeng harganya 65.000. Dan masih banyak lagi, lumayan banget kok harga banyak jajanan, snack disini. Cukup terjangkau, ramah di kantong. Tinggal pilih saja hehe. Ohya, disini juga ada kardus oleh-olehnya ya, jadi kalo pingin praktis, minta diwadahin kardus. 

Nah, berhubung kami bingung mau pilih bandeng apa aja yang mau dibawa ke Batam. Akhirnya pilih otak-otak bandeng aja. Kami juga sudah tau rasanya, jadi udah pas di hati gitu. Karena kalau bandeng presto, di Batam juga ada. Jadi kami nggak beli macam-macam bandeng, beli satu varian bandeng aja yang bener-bener khas Gresik dan banyak direkomendasikan banyak orang. Plus bungkus dua kerupuk ikan buat ngemil ahaha.. Ohya, box atau kardus wadah bandeng berbeda tiap varian. Ada warna merah dll, untuk otak otak bandeng warna kardus ya hijau. 

Ohya, untuk semua bandeng yang dibeli hari ini, waktu itu jam 11.00. Kata ibunya yang bagian bungkus bandeng, otak-otaknya bisa tahan diluar ruangan sampai keesokan harinya pukul 15.00. Setelah itu kalau belum habis atau belum dimakan langsung masuk freezer. Ingat, simpan di freezer ya bukan di chiller. 

Jadi, buat teman-teman yang lagi mau liburan ke Gresik, kalau mau cari oleh-oleh khas Gresik bisa banget mampir ke Toko Oleh-oleh Bu Muzanah. Banyak pilihan olahan bandeng dan snacknya, jadi bisa pilih sesuka hati.

Semoga bermanfaat...

Teman-teman ada yang sudah pernah main ke Gresik?biasanya suka beli oleh-oleh apa buat keluarga di rumah?


21 comments:

  1. Yap, saat baca kata Gresik selalu ingat semen eh ngelewati dong, ya kalau udah foto gapura bertuliskan seman.

    ReplyDelete
  2. Woow bervariasi sekali ya omwh2 dari Gresik ini. Bunda blm pernah bertandang ke Jatim. Paling jauh kota Semarang. Md2an masih diberi kesehatan utk jalan2 ke Gresik. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. belum pernah, pengin ih angkut anak2 jg ke sana. Bapak mertua ngajakin ramean ke kampungnya jg di Ponorogo. Pudak itu aku baru denger, penasaran kayak mana mbaaaa. Setuju klo ada harganya adalah happy jadi nggak usah nanya2 lagi harganya berapa. Bisa sesuai budget untuk oleh-oleh. Okee catet bu Muzanah yaaa, makasih ya mba Han infonya^^

    ReplyDelete
  4. Di Gresik berarti banyak peternakan bandeng ya? Kalau di Jawa Tengah tuh di Semarang bisa nyari varian bandeng rasa apa aja. Padahal di kotaku juga ada sih sebenarnya, tapi aku lebih suka bandeng prestonya Semarang.

    Ah semoga suatu saat bisa kesampaian ke Gresik juga, pengen nyobain bandengnya Gresik.

    ReplyDelete
  5. Ohh..olahan bandeng juga jadi salah satu oleh-oleh yg cukup khas dari gresik ya
    Taunya selama ini jenang gresik aja.
    Toko oleh-oleh Bu Muzanah banyak ragam buah tangan. Dari cemilan hingga otak-otak bandeng

    ReplyDelete
  6. wah iya mbak
    belum afdol ke gresii klo g mampir ke oleh oleh bu muzanah ini
    bandengnya enak banget

    ReplyDelete
  7. Itu kerupuk ikan murah amaat. Per betapa fram, bun. Dududuh...kemecer asli

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah berkunjung ke Gresik. Ingetnya semen Gresik. Tenyata ada oleh-oleh khas Gresik Bu Muzanah yang rekomended buat dikunjungi. Penasaran sama bandeng bakarnya. Kayanya enak deh Mba

    ReplyDelete
  9. Akutu paling gak bisa ngitung cepet.
    Jadi kalau pas mudik, pasti lewat Semarang, bandeng ini gak pernah kelewatan. Buat Ibu dan keluarga mas-masku.

    Lumayan yaa..
    Jadi gak masak dan bisa pesta bandeng. Yeaay~

    ReplyDelete
  10. Kalau bepergian ke kota lain, biasanya saya memag cari pusat oleh-oleh. Setidaknya untuk anak agar mereka senang menantikan kedatangan ibunya. Dan senang kalau ada harganya yang jelas seperti ini.

    ReplyDelete
  11. Aku pesan otak-otaknya ya hihihi. Duh kalau ke toko oleh-oleh ini bisa kalap ya banyak makanan yang bisa dibeli khas dari Gresik

    ReplyDelete
  12. Wah gersik punya bandeng presto juga ya. Saya belum pernah ke gersik, nanti kalau kesana langsung deh ga pake mikir nyari tempat oleh2, ke toko bu munzanah aja ya

    ReplyDelete
  13. Coba nanti mampir ke toko khas oleh-oleh Gresik Bu Muzanah. Puas nih pilih olahan bandengnya.

    ReplyDelete
  14. waaaa banyak pisan gresik ya
    aku nget greasik itu inget semenn karena jadi terngiang banget sama gresik ini
    banyak juga yo oleh2 gresikkk hayo kirim sinii

    ReplyDelete
  15. Adikku sejak kurleb dua tahun lalu jadi warga Gresik, Mbak. Dapet suami sana. Dan kalau dia ke rumahku, hampir selalu bawa otak-otak bandeng yg kardus hijau itu. Enakk yaa.. beneran enak otak-otak bandeng Bu Muzanah ini. Pudaknya juga enak :)

    ReplyDelete
  16. Ya ampun aku kudet kukira bandeng itu oleh-oleh khas Semarang doang mbak. Hiks. Ternyata di Gresik juga lengkap ya. Soal pudak aku penasaran. Soalnya belum pernah makan, belum pernah lihat

    ReplyDelete
  17. Belum pernah mba.. jadi klo Gresik itu ciri khasnya bandeng y mba? Mau bngt explore Gresik nikmati kulinernya Juga mampir k toko2
    oleh2 ini.

    masih bnyak mba daerah yg di Indonesia Blum dikunjungi

    ReplyDelete
  18. Otak otak Bandeng ini enak lho
    Meskipun awal awalnya saya heran namanya beda dengan yang di wilayah saya
    Otak otak itu tidak seperti ini kalau Makassar
    Jadi kami lebih tepatnya menyebut dengan Ikan Kambu (ikan berisi)

    ReplyDelete
  19. Belum pernah menikmati otak - otak Bandeng nih huhuh, rasanya enak yah? JAdi penasaran ingin nyicipin juga.

    ReplyDelete
  20. Aku nyeseeel pas ke Gresik cuma sebentar, pulang hari pula :(. Trus malah nginep di Malang dan penginapannya horor, digangguin Ama 'penunggu'nya 😂.

    Gresik itu kota fav ku Krn aku sukaaa bangettt Ama nasi krawu mba. Yg khas Gresik beda memang, sambelnya nampol banget pedesnya :D. Nasi krawu yg dijual di Jakarta, jrg ada yg sepedes itu, tp untungnya Nemu penjual asli Gresik yg jual. Masalahnya jauuuh bangettt, mahal di onkir hahahah.

    Baru tahu juga di Gresik ada bandeng nya. Ntr kalo kesana lagi, aku mau stay lama di Gresik, biar puas juga kulineran :D

    ReplyDelete
  21. Aku pernah ke Gresik mbak, tapi gak sempat beli oleh2 cuma nyobain nasi krawu, boleh nih referensinya kalau ke sana lagi mesti beli otak otak bandeng

    ReplyDelete