Skip to main content

Mengenal Green Jobs, Tren Baru Peluang Pekerjaan di Masa Depan

Mengenal Green Jobs, Tren Baru Peluang Pekerjaan di Masa Depan - Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Kali ini saya mau sharing Mengenal Green Jobs, Tren Baru Peluang Pekerjaan di Masa Depan. Selain tingginya angka pengangguran akibat pandemi Covid-19 karena pengurangan karyawan,  juga banyak sektor lain yang mengalami dampak yang serius. Mulai dari kesehatan , pendidikan, sampai pariwisata. Dimana dengan adanya pembatasan aktivitas, mau tidak mau ini berimbas ke ekonomi khususnya. Ini benar-benar terasa sekali ketika awal pandemi. Banyak karyawan di rumahkan, usaha/bisnis banyak yang tutup karena sepi pengunjung.

Namun, selain itu ternyata pandemi Covid-19 ada dampak positifnya lho terutama untuk lingkungan. Dengan adanya himbauan untuk tetap #dirumahaja , banyak perusahaan, kantor yang memperkejakan  sebagian karyawannya untuk sementara bekerja di rumah (WFH Work from Home). Selain itu, sekolah juga diberlakukan hal yang sama yaitu siswa sekolah dari rumah. Dengan berhentinya sebagian besar kegiatan di luar rumah atau di lingkungan industri, maka dampak positif yang paling terasa adalah semakin membaiknya kualitas udara. Kita tau bahwa gas yang dihasilkan dari kendaran bermotor dan sebagian besar industri inilah menjadi salah satu penyebab buruknya kualitas udara, khususnya di kota-kota besar. Kejadian ini lumayan bikin viral lho di media social, banyak warga Jakarta khususnya yang ramai-ramai memposting foto langit biru di lingkungannya.

Ngomongin soal lingkungan, makin kesini banyak sekali generasi muda yang tergerak untuk terlibat dan peduli terhadap kelestarian bumi. Pandemi menyadarkan kita untuk menjaga bumi dengan baik. Mau tidak mau, suka tidak suka pandemi memaksa kita untuk beradaptasi. Mulai dari kondisi ”new normal”, gaya hidup yang lebih sehat, transportasi yang lebih bersih, hingga menjadikan momen pandemi menjadi peluang mendapatkan pekerjaan yang ramah lingkungan tentunya.

Lalu, seperti apa sih pekerjaan yang ramah lingkungan?

Nah, hari selasa lalu saya berkesempatan ikut acara #selasasharing bareng Komunitas ISB yang berkolaborasi dengan @coaction.id dengan tema ”Memahami Green Jobs & Peluangnya di Indonesia”. Menarik sekali temanya, karena baru kali ini saya dengar  istilah Green Jobs.  Seperti apa sih Green Jobs itu, apakah Green Jobs itu hanya seputar area pertanian dan perkebunan saja dll. Yuk, simak ulasannya dibawah ini. Semoga bermanfaat ya..

Mengenal Green Jobs, Tren Baru Peluang Pekerjaan di Masa Depan

Apa itu Green Jobs?

Green Jobs merupakan jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan. Menurut International Labour Organization (ILO), green jobs menjadi lambang dari perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang. Jenis pekerjaan ini berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Green Jobs dilatarbelakangi oleh kualitas lingkungan semakin menurun, termasuk berkurangnya sumber daya alam dan tentunya ini menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa mendatang. Green Jobs dapat melestarikan lingkungan, membuka lapangan pekerjaan baru, menumbuhkan perekonomian dan menjaga keberlanjutan hidup.

Sudah tidak dipungkiri lagi, saat ini banyak sekali pekerjaan yang sudah digantikan dengan robot. Ada 2 faktor pendorong terhadap perubahan industri, yaitu teknologi dan demografi. Untuk teknologi, misalnya saja dengan adanya internet kita bisa dengan mudah komsultasi secara online, adanya aplikasi untuk memesan makanan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk demografi, satu tahun ini di Indonesia sebagian besar pekerja kantoran bekerja dari jarak jauh, sekolah dari rumah dan ini terjadi karena pandemi. Tapi di Negara lain aktivitas seperti ini sudah lama terjadi.

Ciri-ciri Green Jobs

Green Jobs tidak selalu yang berhubungan dengan pertanian dan kehutanan. Jika apa yang sudah kita lakukan berdampak baik pada alam, maka secara tidak langsung kita sudah terjun di dunia Green Jobs.Yang terpenting adalah memiliki pengetahuan tentang energi terbaru atau punya konsep gaya hidup yang ramah lingkungan. Contohnya, biasanya kalau saya beli produk barang pecah belah selalu dibungkus dengan bubble wrap yang berlipat-lipat. Tapi satu hari saya beli di toko lain. Lumayan bikin kaget karena dibungkus dengan kardus, dalamnya penuh dengan potongan kertas dan barang pecah belahnya di bungkus dengan lembran koran. Alhamdulillah barangnya sampai dengan aman dan tidak pecah. Ini contoh kecil dari Green Jobs online shop. Dari hal-hal kecil seperti inilah minimal kita mengurangi sampah plastik.



Contoh Green Jobs

Di masa depan akan ada pekerjaa yang semakin bertamabah dan mengalami penurunan. Pekerjaan yang bertambah misalnya, data analisis, AI, digital marketing dll. Ada juga pekerjaan yang mengalami penurunan, misalnya bidang administrasi. Kenapa mengalami penurunan?karena saat ini banyak yang sudah berpindah menggunakan aplikasi sehingga bisa mengurangi pekerjaan.

Berikut beberapa contoh Green Jobs :

Ecopreneur

Urban Farmer

Eco Design Architect

Eco Fashionpreneur

Energy Startup

Organic Foodpreuner

Solar Panel Technician, dll

Bidang-bidang Pekerjaan yang Berpotensi Menjawab Masalah Perubahan Iklim dan Lingkungan

Selain akan ada pekerjaan yang mengalami penurunan dan penambahan, juga muncul bidang-bidang pekerjaan yang berpotensi menjawab masalah perubahan iklim dan lingkungan, diantaranya adalah pemulihan stok dan konstruksi hijau, pengolahan limbah dan daur ulang, transportasi umum, pemulihan konstruksi hijau, pertanian dan produksi pangan yang berkelanjutan, kehutanan yang berkelanjutan (bersertifikasi) meserta ncegah deforestasi, pengelolaan manufaktur dan rantai pasokan, suplai dan efisiensi energi serta pelestarian biodiversitas dan ekosistem.

Gimana, menarik sekali kan ngomongin soal tren Green Jobs. Pekerjaan ramah lingkungan yang akan menjadi peluang besar dan menjanjikan di masa depan. Akan banyak pekerjaan yang mengalami penurunan dan akan muncul atau bertambah pekerjaan-pekerjaan yang dibutuhkan seperti analisis, AI, digital marketing dan lain sebagainya. Semoga dengan banyaknya Green Jobs, dapat memberikan kontribusi terhadap pemulihan lingkungan di berbagai sektor. 

Teman-teman, ada yang pernah dengar Green Jobs? Ayo dong sharing.. 




 


Comments

  1. menarik sekali dengan pemaparan tentang green jobs, jadi masih banyak ya peluang pekerjaan dibidang pemulihan lingkungan

    ReplyDelete
  2. Green Jobs ini diperkenalkan ILO sebenarnya sudah cukup lama sejak diperkenalkannya green economy ya. Hanya memang khusus di negara kita mungkin kt agak tertinggal meskipun boleh dibilang salah satunya krn istilah ini belum banyak digunakan masayarakat pdhal sdh banyak jg yang mempraktikkan konsep green dlm bidang kerjanya masing2

    ReplyDelete
  3. Kece nih mbaaa
    Para ortu harus menceritakan soal green jobs ke anak2 ya.
    Jadinya, di masa depan, anak2 punya preferensi untuk berkarir di bidang yg ramah lingkungan.
    Makasiii insight-nya

    ReplyDelete
  4. Wah semoga trend baru ini banyak diminati dan lapangan kerjanya terbuka luas ya... karena dampaknya juga bagus buat lingkungan

    ReplyDelete
  5. Harus dimulai dari sekarang nih, supaya bumi kita tetap lestari. Green jobs mewujudkan hal tersebut dengan adanya peluang pekerjaan yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  6. Dulu, kalau ngomongin sesuatu yang ramah lingkungan identiknya pertanian. Tapi seiring perkembangan zaman, sektor2 lain pun support untuk go green karena kelestarian alam ini kan tanggung jawab bersama ya :)

    ReplyDelete
  7. wawasan baru nih untukku mak tentang green job ternyata banyak pekerjaan baru yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan alam sekitar ya...pekerjaan yang selaras dengan alam

    ReplyDelete
  8. Nah iya, aku pernah mengerutkan kening nih, buntelan buble wrapnya ampun banyak banget, karena barangnya pecah belah.

    Sampai akupun lelah nguntingin plastiknya itu. Dan inilah sebagai penyumbang sampah yang makin tinggi dan lama terurainya yaa. Gimana dong? Ternyata bisa lah ya dipikirkan, karena kita semua tentu menginginkan langit biru tetap menghiasi pemandangan kita esok hari

    ReplyDelete
  9. Berarti beli barang pecah belah menidng gak online ya biar gak dibungkus bubble warp & dus lagi. Pelan-pelanhg menerapkan green jobs

    ReplyDelete
  10. Wah, justru di masa depan green job bakalan popular ya, Mba. Kalau di mulai dari sekarang justru bakalan lebih baik, nih. Sebelum kondisi bumi semakin memburuk.

    ReplyDelete
  11. aku baru tahu tentang Green Jobs ini mbak
    menarik banget ya
    green jobs adalah pekerjaan layak di masa depan yang juga berperan dalam melestarikan lingkungan

    ReplyDelete
  12. Pas pertama baca judulnya, kirain induatrialisasi bidang pertanian gitu, soalnya ada kata green yang asosianya ya tanaman. ternyata maksudnya pekerjaan yang ramah lingkungan

    ReplyDelete
  13. adanya Green job ini jadi kita lebih paham ya adanya peluang-peluang pekerjaan yang tentunya bisa dipekerjakan buat anak muda

    ReplyDelete
  14. Mudah2an makin banyak profesi yang memang peduli lingkungan ya, Mba. Soalnya kalau kita cuek sama lingkungan kasihan anak cucu kedepannya ya.

    ReplyDelete
  15. Seru ya karena sudah tahu jenis Green Jobs apa saja
    Bahkan tidak jauh jauh
    Di sekitar kita masih ada

    ReplyDelete
  16. jadi tercerahkan banget nih abis baca postingan iniiii, kayanya emang harus makin banyak orang-orang yang memikirkan tentang green jobs ini yaaa, untuk kondisi bumi yang lebih baik lagi yaaaa

    ReplyDelete
  17. Bekerja sambil menjaga lingkungan ya jadinya slah satu kesempatan anak2 muda cintai bumi

    ReplyDelete
  18. Semakin banyak pilihan karir untuk esok yang lebih baik ya Mba...

    ReplyDelete
  19. Ternyata Green Jobs ini luas yaah...
    Suamiku sekarang sedang membuka lahan untuk sawah bertingkat. Ini bisa disebut Green Jobs juga kali yaa...

    ReplyDelete
  20. Tak selalu pekerjaan bahkan aktivitas kita kyk usaha kecil2nya menjaga kualitas lingkungan jg diperhitungkan berarti ya.
    Semoga makin banyak nih yg mengenal dan bisa melakukan green jobs dlm kesehariannya, syukur2 jd profesi :D

    ReplyDelete
  21. green economy, green world, green job... memang kita harus berbuat semaksimal mungkin untuk bumi tercinta

    ReplyDelete
  22. PR besaaaar buat bumi, the green job situation
    Kudu digerakkan ama anak anak muda pecinta lingkungan, emang, dan kudu punya power besar - which is influencer

    Karena dengan menerapkan mereka sebagai role models diharapkan milenial akan mengikuti. Perubahan pola pikir!

    ReplyDelete
  23. Kulihat peluang kerja green job makin gede sekarang.
    Mengutamakan Reuse dan Recycle. Contohnya pas beli minum, bisa direfill.
    Resto banyak beralih memakai sedotan stainless dan memakai bahan nabati

    ReplyDelete
  24. Harusnya pihak perusahaan juga concern nih menyediakan lahan pekerjaan yang ramah lingkungan. Semua pihak harus bergerak bersama untuk memulihkan bumi

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say