Tuesday, 12 January 2021

Resep Roti Sobek Isi Oseng Tuna Pedas (dengan Resep Dasar Roti Ayudiah Respatih)

Ada yang suka roti sobek?Kapan hari saya bikin roti sobek isi oseng tuna pedas, atasnya dikasih mayones. Enakksss!!! Alhamdulillah. Sejak punya chopper yang multifungsi, saya jadi ketagihan dan lumayan sering bikin roti ataupun pizza. Nggak perlu nguleni pake tangan, cukup pencet pencet aja chopper nya. Maka adonan roti akan kalis, pokoknya no capek capek club lah. Praktis banget, terima kasih Chopper Mitochiba. 

Sejak kenal sama resep Hokaido/Japanese Milk Bread bu Fatmah Bahlawan yang tanpa telur, saja sering banget bikin roti pake resep ini. Karena cocok banget, bahannya gampang, tanpa telur dan hasilnya lembut banget. Yang paling utama sih, suami cocok dan suka banget sama hasil resep ini. Tapi kadang satu waktu ketika lihat orang lain bikin roti, mendadak pingin nyobain resepnya. Kali ini saya nyobain resep rotinya mbk  @ayudiahrespatih. Teman Blogger dari zaman lawas, sering banget dulu bewe sukarela ke blognya mbk Ayu. Eh, akhirnya dipertemukan di instagram. 

Nah, kali ini saya bikin roti sobek yang isinya gurih, alias nggak manis. Biasanya saya isi coklat tapi kali ini saya bikin beda. Roti sobek isi oseng tuna asap pedas, terus atasnya iseng banget saya kasih mayones. Biar apa? Biar kalo di foto bagus gitu wkwkwk. Ya, biar beda dari yang lain. Buat yang mau nyoba resep roti ini, berikut resepnya ya. Isinya bisa dimodifikasi, bisa pake coklat, meses dan lain sebagainya. Ohya, oseng tuna pedasnya ini saya pakai yang kalengan ya,merek Otaji.

Mendadak bungkus roti buat oleh-oleh

Resep roti sobek dibawah ini untuk 2 loyang ukuran sedang, maaf lupa ukuran loyang ya wkwkwk. 2 ukuran roti sobek ini sana beberapa roti bun. Nah, kebetulan saya bikin rotinya hari sabtu, terus mendadak hari minggu pagi suami ngajak ke Gresik kta karena ada urusan. Yaudahlah mampir sekalian ke rumah adek. Untungnya stok roti masih banyak. Jadi langsung saya bungkus plastik, jadilah roti unyil dadakan wkwkwk. Ternyata cocok juga ya buat oleh-oleh. Lumayan, nggak perlu cari oleh-oleh, bawa roti bikinn sendiri buat adek ipar sama suaminya.

Untuk bungkus roti, saya pakai plastik yang ada stikernya. Jadi tinggal dilepas gitu stikernya, nggak tau nama plastik ya. Pokoknya plastik kue. Saya selalu stok di rumah. Setelah dibungkus, taruh di tas kertas. Tadaaa.... Roti siap dibawa buat oleh-oleh. 

Baca juga Bikin Apa Aja Gampang Pakai Chopper Mitochiba 


Roti Sobek Isi Tuna Pedas

By : @hm_zwan 

Recipe roti : @ayudiahrespatih 


Bahan :

350 gr tepung terigu

1 btr telur

5 gr ragi (saya, 2 sdt ragu) 

30 gr kental Manis (saya, 1,5 sdm gula pasir) 

50 gr butter (saya, 50 gr margarin) 

1/4 sdt garam

165 gr susu cair

Mayones

Keju chedar secukupnya 

Daun seledri, cincang 


Isi :

Oseng tuna asap 

Cara membuat:

1. Campur susu, kental manis, telur dan ragi. Aduk rata. Sisihkan. 

2. Siapkan chopper, masukkan terigu dan adonan susu, uleni. 

3. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi hingga kalis. Bulatkan adonan, diamkan 15 menit.

3. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian sama rata. Beri isian, masing-masing dibulatkan sempurna.

4. Siapkan loyang persegi, polesi mentega dan alasi dengan baking paper.

5. Letakkan bulatan adonan dalam loyang, diamkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat. Beri mayones dan keju chedar parut. 

6. Panggang dalam oven suhu 180’C, selama 15-20 menit. Angkat. Sajikan.


25 comments:

  1. Issh mbaaaa, roti2 dengan isian gurih gini, slalu aku sukaaaaak, daripada yg manis. Belum pernah coba bikin sendiri, Krn ga ada oven juga sih. Padahal papaku punya toko bakery, tp akunya ga bisa bikin blassss :D .

    ReplyDelete
  2. Aku belakangan ini juga lagi demen roti2 yg gurih gini mbaaa
    Bismillah, mau cobaaaa
    semoga berhasilll :D

    ReplyDelete
  3. BHuaaa aku suka roti sobeek, tapi mau dibikinin yang manis2 aja.
    TRus aku mupeng sama chopper yang belom sempet ku adopsi, pengen juga biar bisa bikin roti tingggal pencet2 atulaah.

    ReplyDelete
  4. Dududuuuuuu aku penggemar rti dia[ain aja sukaaa :) AKu padahal punya oven yang kecil maupun besar tapi 900 W hahaha :D MAles sih aku orangnya cuma demen ngumpulin resep doang wkwkwkw :) Semoga suatu hari nanti aku praktekkan deh resep roti isi oseng tuna pedasnya :D

    ReplyDelete
  5. Resepnya ternyata simpel banget ya Mak. Pilihan roti ini biasanya cocok buat disandingin dengan kopi hangat di sore hari, sekalian buat nemenin santai di rumah :D

    ReplyDelete
  6. uwuuuuuwwwww ini tampilan fotonya bisa sampe terbayang kelezatan si tuna pedas loh
    kok jadi inget sama roti khas Batam - Luti Gendang atau panada Sulawesi yang super duper lezaaaatooosssss

    ReplyDelete
  7. kalo dari resep dan cara membuatnya lumayan simpel, jadi pengen bikin juga tapi isinya mungkin saya modif ya. berhubung tunanya nggak ada hehe.

    ReplyDelete
  8. wah wah keren bisa buat roti sobek yg enak ini
    klo aq tim beli saja mbak, maklum g bisa baking, hehe..
    tapi pasti lebih puas ya mbak klo makan roti buatan sendiri

    ReplyDelete
  9. Kreatif banget mbaak, aku suka banget roti sobek tapi belum pernah nyobain isi tuna gini hihi jadi pengen :)

    ReplyDelete
  10. waduh, mau dong huhuhu sebagai pecinta roti, terutama roti sobek dan memang belum nyobain roti sobek isi oseng tuna pedas, aku pengen banget cobaiin

    ReplyDelete
  11. Coba lah sesekali kita tetanggan. Kayaknya saya bakal minta tolong dibikinin aja hahaha

    ReplyDelete
  12. Bayangin makan aja udah enak banget. Gimana nyicipin benerannya nih. Kayaknya enak sekali. Roti sobek yang gurih-gurih.

    ReplyDelete
  13. Punya chopper multifungsi tapi belum sempet bikin apa-apa nih selain dimsum. Eh justru anakku dah coba macem-macem pakai chopper itu hehehe

    ReplyDelete
  14. Aduh sebagai penyuka tuna ini bikin ngiler banget, pengen nyobain ah bikin pakai resep dari dirimu mbak.

    ReplyDelete
  15. Wah, jadi pengin praktekin resepnya mba. Mau bikin roti sobek

    ReplyDelete
  16. Aku suka beli tuna tapi kok gak kepipkiran buat isi-an tuna ya, mau ah kapan2 aku bikin untuk roti atau sandwich

    ReplyDelete
  17. Keren banget ini, aku malah belum pernah bikin roti lhoo.. baru tahap donat, dan setiap inget capek ngulenin jadi suka malas wkwkw.. Memang ya paling enak mah bikinan sendiri, anak-anak juga pada suka makannya hangat-hangat. Mantul mba

    ReplyDelete
  18. Waah, lihat penampilan rotinya jadi ngebayangin rotinya yang lembut dan enaak. Penasaran dengan isinya, gimana rasanya roti isi oseng tuna pedas ya?

    ReplyDelete
  19. Langsung kebayang nih lezatnya makan roti ini...ditemani teh panas atau kopi..beh...makin mantep...

    ReplyDelete
  20. Seneng ya mbak kalau pintar masak . Saya belum pernah bikinin roti anak-anak. Nggak bisa. Nggak bakat kali ya . Padahal anak-anak suka roti-roti gitu. Jadinya ya beli-beli mulu deh. Untung Holland Bakery, D Chika gitu gitu ada di depan komplek. Jadi gak perlu jauh-jauh beli.

    ReplyDelete
  21. Duu bacanya malem dan lg hujan, auto laper, ikutan save resepnya y mba, saya biasanya bikin resep roti tanpa telur juga, irit hihi

    ReplyDelete
  22. Andaikan itu tangan aku yang di foto...
    ((gak akan aku lepaskan, hahahah...alngsung nyemplung ke mulutku, lebih tepatnya))
    Asli, di fotonya aja keliatan enduuulls piisaann...teteh.

    ReplyDelete
  23. Yeay nambah lagi koleksi resepku
    Mau coba tak buat kalau kitchen set plus printilannya sudah sehat

    ReplyDelete
  24. Duh jadi ingin cobain nih, catet dulu ah resepnya. Makasih mbak Hana resepnya, nanti ku tag kalau sudah kucoba yah

    ReplyDelete
  25. kalau aku suka buat sandwich or toast with tuna as well... it's always great indeed

    ReplyDelete