Monday, 9 November 2020

Suka Rice Bowl? Berikut 4 Menu Rice Bowl Enak dan Gampang Bikinnya

Ada yang suka rice bowl? Rice bowl merupakan kuliner dari Jepang, berisi nasi yang dihidangkan di mangkok dengan berbagai lauk pauk dan sayuran. Saat ini banyak sekali resto, cafe sampai catering rumahan yang menyajikan menu rice bowl.  Di Indonesia banyak sekali menu rice bowl kekinian, mulai dari ayam teriyaki, nasi goreng berbagai varian, olahan cumi sampai ayam goreng sambal matah. Dari yang harganya mulai dari 10.000 an sampai 60.000 keatas. Saya sudah beberapa kali membuat menu makan siang ala rice bowl, layaknya di resto/cafe kekinian. 

Berikut 4 menu rice bowl ala HM Zwan

1. Beef Bulgogi 

Annyeonghaseyo yeorobun.. Selama pandemi, sudah nontron Drama Korea berapa judul? Penyuka K-Pop dan Drakor pasti nggak asing sama makanan satu ini, Beef Bulgogi. Salah satu makanan khas dari Korea Selatan. Berisi daging, nasi dan beberapa toping seperti sayur, telur dll. Kalau  makan kayak gini, kalian pilih diaduk, campur jadi satu atau makan cantik? . Berikut resep beef bulgogi. 

Beef Bulgogi

By @hm_zwan

Bahan :

200 gr daging sapi, iris tipis

4 sdm saus bulgogi

1 sdm minyak goreng 


Bumbu (iris) :

1/2 bawang bombai

2 bawang putih, geprek

2 cabe hijau besar

2 cabe merah besar


Cara membuat :

Siapkan wadah, campur daging dan saus bulgogi. Marinasi selama 1 jam di dalam kulkas. Panaskan minyak goreng, masukkan daging yang sudah dimarinasi, masak sampai matang. Tambahkan bumbu iris, aduk rata, jika sudah matang, angkat, sajikan.


2. Bistik Sapi

Ada yang suka bistik sapi? Yang belum pernah bikin, yuk bikin. Simpel banget resep dan cara bikinnya, rasanya maknyus tenan lho. Ini resepnya dari ibu, tanpa minyak ya. Jadi, buat yang ngurangi minyak goreng, wajib banget dicoba resep ini. 

Bistik Sapi

By @hm_zwan 

Bahan :

500gr Daging Sapi, potong tipis

3 gelas uk sedang air

2 lembar daun salam

Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

2 buah tomat uk kecil, potong jadi 6

Kecap manis secukupnya


Bumbu halus :

Segenggam bawang merah

4 bawang putih

5 kemiri

3 cabe merah


Cara membuat :

Campur jadi satu bumbu halus dengan daging, masukkan ke panci presto. Masukkan gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan daun salam, irisan tomat, air dan kecap manis. Koreksi rasa. Tutup panci presto, masak selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah matang, tunggu panci presto dingin atau hangat, angkat, sajikan.


3. Chicken Salted Egg

Bagi pecinta rice bowl, kali ini saya bikin yang versi lain. Yaitu chicken salted egg atau ayam goreng saos telur asin. Ini saya bikin pakai bumbu salted egg bubuk, teman-teman bisa pakai telur asin biasa. Caranya sama, telur asinnya dibejek-bejek, dihancurin gitu hehe. 

Chicken Salted Egg

By @hm_zwan

Bahan :

4 potong ayam, bagian dada, potong dadu

3 sdm tepung bumbu, campur sedikit air

7 sdm tepung bumbu

Minyak goreng


Bumbu tumis :

1 saset Salted Egg Emaku

1/4 bawang bombai, iris

4 cabe rawit

2 sendok sayur air


Cara membuat :

Siapkan wadah, campur ayam dan tepung bumbu yang diberi air. Diamjan selama 15 menit. Panaskan minyak goreng, guling-gulingkan ayam ke tepung bumbu kering, goreng, angkat, sisihkan.

Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumus bawang bombai dan cabe rawit, masukkan Emaku Salted Egg dan air, aduk sampai rata dan kental. Masukkan ayam krispi, aduk, angkat, sajikan dengan nasi hangat.

4. Nasi Cumi Pete

Ada yang suka cumi?biasanya cumi diolah apa mak's?Ini versi praktis, saya buat tumis cumi pete pedas. Bikin ala ala rice bowl, sayurnya lalapan timun. Enak bangetlah ini, kuy cobain mak's. 

Nasi Cumi Pete

By @hm_zwan

Bahan :

100 gr cumi, potong

2 sdm kecap manis

1 lbr daun salam

1 lbr daun jeruk

1 sdt gula garam

1 sdt kaldu jamur

1 sdt lada

2 sdm minyak goreng

1 lonjor pete

1 buah tomat, bagi 6

5 cabe rawit

2 cm jahe, geprek

Sambal tomat (sisa makan malam)


Bumbu iris :

7 bawang merah

2 bawang putih

1 cabe merah

1 cabe hijau


Cara membuat :

Panaskan  minyak goreng, tumus bumbu iris, jahe, daun salam dan jeruk. Masukkan cabe rawit, cumi, pete, tomat. Masukkan garam, gula, kaldu jamur, lada, aduk rata. Masukjan sambel tomat dan kecap manis. Koreksi rasa, jika sudah matang, angkat, sajikan.


Gimana mak's, lumayan mudah kan resep rice bowl diatas. Selain praktis, bikin rice bowl juga jadi tantangan sendiri lho di dapur. Kadang bosan dengan menu yang itu itu saja, seperti sayur asem, sayur sop, capcay, dan lain sebagainya. Sekali-kali bikin yang praktis seperti rice bowl, setelah lauk matang, ditata cantik di mangkok. Jadi deh rice bowl enak.

Teman-teman, ada yang suka bikin rice bowl? Biasanya menu favoritnya apa? 

24 comments:

  1. Aku suka bikin rice bowl tapi kalau menu cumi biasanya cuma buat aku aja anak-anak kurang suka cumi keucali digoreng tepung gitu.
    Btw punya resep buat bikin bumbu yang biasa dipakai di topoki gak?

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama rice bowl, berasa praktis satu mangkok tinggal makan.. hihi. Mau cobain ah bikin yg salted egg, kayanya enak dan gampaaaangggg. Maaci resepnya ya maaaak

    ReplyDelete
  3. Mba yang saos bulgogi ini kayaknya yang mudah diperoleh di supermarket ya. Rasanya cenderung manis atau asin ? Karena aku belum pernah nyobain. Hehhe

    Btw makasih resepnya. Kuncinya emang pada penataannya lansgung begitu ya

    ReplyDelete
  4. Kayaknya aku tertarik kepengen bikin chicken salted egg dan tumisan cumi pake pete deh hihihihi. Sebenernya sih ini hanya penempatan makanannya aja di mangkok alias bowl yach jadi makin menarik untuk dicicipi dan dibahiskan. Thanks resepnya ya mbak :D

    ReplyDelete
  5. Itu masak sendiri semuaa? Keren banget, mbaak. Aku ijin capture resepnya yaa. Siapa tahu ketularan rajin masak, haha. Pengen salted eggnya. Yumm banget

    ReplyDelete
  6. Anak2ku senengnya Beef Bulgogi. Kusamle beli bulgogi sauce. Utknseratnya bikin bayam rebus bawang putih + wijen. En gochujang. Wenak'e puoll!

    ReplyDelete
  7. Asik ini dapat resep rice bowl. kadang suka bingung mau masak apa di rumah. inspirasi menu rice bowlnya aku catet yaa mbak. makasih resepnya

    ReplyDelete
  8. Semua makanan di sini, kecuali yang chicken salted egg, udha pernah saya bikin. Tetapi, belum pernah bikin rice bowl. Kalau buat bekel, menu ala rice bowl begini juga enak, ya

    ReplyDelete
  9. mbak, buat daging sapi bisa pakai yang bagian apa?
    aku pernah pakai shortplate sukiyaki jadinya seperti punya yoshi*oya. Dagingnya memang udah tipis-tipis jadi mudah dipotong.

    ReplyDelete
  10. Rice bowl tuh sebenarnya kayak orang Jawa nek maem garingan gitu ya, alias nasi pakai lauk tanpa kuah. Boljug nih idenya, kapan2 bisa buatkan utk anak2 pake ide ini.

    ReplyDelete
  11. akuuuuuuu... favorit banget sama rice bowl dan suka berkreasi ala-ala makanan Korea di rumah. Wah asik nih ada beberapa resepnya, karena aku gak jauh2 bikin dari korean barbeque atau biasanya ngasih salted egg saja untuk baluran luarnya.

    ReplyDelete
  12. Yang paling sering bikin cumi sama beef bulgogi karena anakku doyan juga. Biasanya sih, biji cabenya tak buang biar gak terlalu pedas. Buat emak bapaknya kalau kurang pedes ya terpaksa lalap cabe rawit. Tapi makan kayak gini bahaya banget buatku karena gak bisa kontrol nasi, haha. AKu doyan makan banget orangnya.

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, saya ngiler sama yang nomor 4, nasi cumi pete... Kapan-kapan coba bikin ah, biar serasa di resto ya kekinian :D

    ReplyDelete
  14. aq suka rice bowl mbak, tapi nggak telaten klo bikin sendiri, hehe .
    tim beli aku...
    favoritku yg nasi cumi pete

    ReplyDelete
  15. Aduh menunya menggoda bangettt..apalagi bikinnya juga gampang ya..jadi pengen coba nih resepnya...penasaran sama yang pake saus bulgogi...anak2 lagi demen sama yang korea2an

    ReplyDelete
  16. menu rice bowl ini memikat secara tampilan trus menggugah selera makan juga dari plating dan penampakannya. Aku suka sekali menu rice bowl

    ReplyDelete
  17. Wah, makasih resepnya, Mbak. Aku bookmark pagenya. Rice bowl kaya gini bisa jadi ide menu bekal untuk suamiku nanti. Sekarang masih LDRan dulu hehehe.

    ReplyDelete
  18. Duh aduh semua menunya bikin ngiler deh. wes cocok buka kafe atau pesenan bebentoan kaaak :D
    Itu kyknya yang pakai telur bahannya cukup simple dan mudah masaknya jd kepengen buat bikinin anak2 bekel atau sarapan itu :D

    ReplyDelete
  19. Baru nonton drakor baru baru ini aja mbak.
    BTW kalau tinggal nyicipin makanan di rice bowl nya bisa nggak sih mbak? eh wkwkkw
    Soalnya kadang ekspektasi ga sesuai saat udah bikin sendiri deh, huhuuu
    Pas lihat list rice bowl di atas, auto lapar lagii

    ReplyDelete
  20. Mbaa.. Salted egg emaku itu ada dijual di supermarket dsb gak ya? Aku lg nyari bumbu gini buat nyetok di rumah

    ReplyDelete
  21. Saya termasuk penggemar rice bowl mbak. Biasanya kalau nongkrong di cafe dan lapar pesannya ricebowl, yang gampang nggak usah pakai mikir. kalau di rumah sukanya bikin teriyaki sama telur ceplok setengah mateng, yummyt. btw terima kasih resepnya mbak, pengen cobain bikin yang cumi nih.

    ReplyDelete
  22. Teteeeh...
    Ya Allah...rice bowl ini mengingatkanku zaman seblum pandemi.
    Kami hobi banget jajan rice bowl di pagi yang cerah sambil menanti jadwal kajian bersama para emaks...aaahh~
    Andaikan bisa bikin sendiri semanis ini...

    ReplyDelete
  23. Saya belum pernah bikin rice bowl. Etapi kalau baca resep-resep di sini, sepertinya simpel cara buatnya. Dan kayaknya enak tuh. Duh, jadi pingin nyoba bikin, nih 😃

    ReplyDelete
  24. Wah, enak-enak nih. Nyomot resepnya ah. Walopun gak tahu kapan bisa praktek masaknya. Aku paling mupeng dengan nasi cumi itu deh. Nyaaaam! :D

    ReplyDelete