Saturday, 16 May 2020

Tips Agar Tetap Produktif di Rumah Aja

Sejak berlakunya kebijakan untuk di rumah aja karena Covid 19, tentunya tidak mudah bagi kita yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Kurang lebih tiga bulan lamanya semua hal kita lakukan dari rumah, mulai dari diberlakukan sekolah di rumah, banyak perusahaan juga melakukan langkah yang sama yaitu WFH Work from Home atau kerja dari rumah. 

Mungkin awalnya tidak terbiasa, tidak nyaman tapi mau tidak mau kita harus tetap di rumah aja. Salah satu langkah penting untuk menghindari penyebaran Covid 19 adalah tidak berkumpul, menjauhi keramaian, tidak melakukan aktivitas di luar rumah, minimal mengurangi kegiatan di luar rumah dan mengisolasi diri di rumah. Sudah pasti membosankan ya, tapi dengan cara inilah kita bisa menurunkan angka penularan Covid 19 di Negara kita. 

Bagi yang bekerja di rumah, sudah pasti mereka tetap disibukkan dengan berbagai kerjaan di kantor. Tapi bagi freelance atau yang sering bekerja di luar atau ibu rumah tangga, ini mungkin sangat membosankan sekali. Tidak hanya itu, para orangtua juga merasakan hal sama. Mendadak menjadi guru privat bagi anak-anaknya. Belum lagi harus mengerjakan pekerjaan rumah yang tiada habisnya. Seharian di rumah saja tentunya membuat kita bosan.

Saat bosan harus di rumah aja, kita bisa tetap produktif kok. Melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia, mau tau caranya? Yuk, intip tips agar tetap produktif selama di rumah aja.

Tips Agar Tetap Produktif di Rumah Aja
1. Merencanakan aktivitas
Satu hal yang penting dari sebuah perencanaan adalah agar proses menentukan kegiatan yang ingin dicapai berhasil atau sesuai dengan tujuan. Ingin tetap produktif meski di rumah aja. Buat rencana aktivitas apa saja yang ingin dilaksanakan. Misalnya, dalam sehari ada kegiatan yang dilakukan bareng anak, masak atau main bersama.

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja di rumah? Berikut ide kegiatan yang bisa dilakukan di rumah aja.


Baca buku
Selama di rumah aja tentunya akan sangat membosankan jika kegiatan yang dilakukan terus berulang. Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, pilih buku yang menarik untuk dibaca. Selain itu, sesekali keluar dari zona nyaman, misalnya membaca buku genre yang belum pernah kita baca. 

Menulis blog
Ada kalanya saat di rumah aja kita semakin produktif, salah satunya dengan menulis di blog atau website pribadi. Banyak hal yang bisa kita tulis di blog, mulai dari kegiatan selama di rumah aja, menulis tentang Covid 19, sampai berbagi resep masakan.

Bagi yang sudah lama punya blog tentunya mereka lebih banyak materi yang i gin mereka tulis, terlebih lagi kondisinya seperti saat ini. Meminimalisir kegiatan di luar rumah. Tapi, bagi yang belum punya blog sangat mudah sekali untuk membuat secara mandiri. Banyak tutorial membuat blog bagi pemula di laman pencarian. Setelah blog jadi, kita bisa mempertimbangkan untuk menjadikan blog kita berbayar atau sekedar blog gratis. 

Blog berbayar adalah blog yang menggunakan layanan hosting berbayar dengan nama domain TLD yang kita tentukan. Nama blog sesuai dengan keinginan kita, contohnya seperti blog ini www.hmzwan.com. Ohya, jangan lupa pilih VPS terbaik dan Cloud Hosting murah ya. 

Membuat video atau vlog
Punya akun youtube dan suka mengabadikan moment dalam bentuk video? Ide membuat vlog bisa jadi kegiatan yang menyenangkan saat harus berdiam diri di rumah aja. Misalnya membuat video tutorial atau bincang dengan keluarga mengenai Covid 19 atau hal lain yang menarik.

2. Mengatur waktu
Konon orang yang lebih produktif adalah mereka yang bisa mengatur waktu dengan baik. Setelah merencanakan sebuah aktivitas, atur waktu dengan baik. Dengan mengatur waktu dengan baik, maka pekerjaan kita akan cepat selesai. Artinya kita akan melanjutkan pekerjaan selanjutnya.

3. Tetap semangat
Kita hanya bisa berharap, semoga wabah ini segera berakhir. Boleh sedih, boleh bosan, tapi kita harus tetap semangat menjalani hari. Karena hal terpenting saat ini adalah bagaimana caranya agar wabah ini berakhir, salah satunya ya dengan isolasi mandiri. 

Meski tidak mudah, mau tidak mau kita harus mengikuti anjuran Pemerintah untuk tetap di rumah aja. Agar tidak bosan dan tetap produktif, kita bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan. Semoga wabah ini segera berakhir, sehingga kita bisa beraktivitas kembali seperti biasa.

No comments:

Post a comment