Skip to main content

Tips Agar Tetap Produktif di Rumah Aja

Sejak berlakunya kebijakan untuk di rumah aja karena Covid 19, tentunya tidak mudah bagi kita yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Kurang lebih tiga bulan lamanya semua hal kita lakukan dari rumah, mulai dari diberlakukan sekolah di rumah, banyak perusahaan juga melakukan langkah yang sama yaitu WFH Work from Home atau kerja dari rumah. 

Mungkin awalnya tidak terbiasa, tidak nyaman tapi mau tidak mau kita harus tetap di rumah aja. Salah satu langkah penting untuk menghindari penyebaran Covid 19 adalah tidak berkumpul, menjauhi keramaian, tidak melakukan aktivitas di luar rumah, minimal mengurangi kegiatan di luar rumah dan mengisolasi diri di rumah. Sudah pasti membosankan ya, tapi dengan cara inilah kita bisa menurunkan angka penularan Covid 19 di Negara kita. 

Bagi yang bekerja di rumah, sudah pasti mereka tetap disibukkan dengan berbagai kerjaan di kantor. Tapi bagi freelance atau yang sering bekerja di luar atau ibu rumah tangga, ini mungkin sangat membosankan sekali. Tidak hanya itu, para orangtua juga merasakan hal sama. Mendadak menjadi guru privat bagi anak-anaknya. Belum lagi harus mengerjakan pekerjaan rumah yang tiada habisnya. Seharian di rumah saja tentunya membuat kita bosan.

Saat bosan harus di rumah aja, kita bisa tetap produktif kok. Melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia, mau tau caranya? Yuk, intip tips agar tetap produktif selama di rumah aja.

Tips Agar Tetap Produktif di Rumah Aja
1. Merencanakan aktivitas
Satu hal yang penting dari sebuah perencanaan adalah agar proses menentukan kegiatan yang ingin dicapai berhasil atau sesuai dengan tujuan. Ingin tetap produktif meski di rumah aja. Buat rencana aktivitas apa saja yang ingin dilaksanakan. Misalnya, dalam sehari ada kegiatan yang dilakukan bareng anak, masak atau main bersama.

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja di rumah? Berikut ide kegiatan yang bisa dilakukan di rumah aja.


Baca buku
Selama di rumah aja tentunya akan sangat membosankan jika kegiatan yang dilakukan terus berulang. Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, pilih buku yang menarik untuk dibaca. Selain itu, sesekali keluar dari zona nyaman, misalnya membaca buku genre yang belum pernah kita baca. 

Menulis blog
Ada kalanya saat di rumah aja kita semakin produktif, salah satunya dengan menulis di blog atau website pribadi. Banyak hal yang bisa kita tulis di blog, mulai dari kegiatan selama di rumah aja, menulis tentang Covid 19, sampai berbagi resep masakan.

Bagi yang sudah lama punya blog tentunya mereka lebih banyak materi yang i gin mereka tulis, terlebih lagi kondisinya seperti saat ini. Meminimalisir kegiatan di luar rumah. Tapi, bagi yang belum punya blog sangat mudah sekali untuk membuat secara mandiri. Banyak tutorial membuat blog bagi pemula di laman pencarian. Setelah blog jadi, kita bisa mempertimbangkan untuk menjadikan blog kita berbayar atau sekedar blog gratis. 

Blog berbayar adalah blog yang menggunakan layanan hosting berbayar dengan nama domain TLD yang kita tentukan. Nama blog sesuai dengan keinginan kita, contohnya seperti blog ini www.hmzwan.com. Ohya, jangan lupa pilih VPS terbaik dan Cloud Hosting murah ya. 

Membuat video atau vlog
Punya akun youtube dan suka mengabadikan moment dalam bentuk video? Ide membuat vlog bisa jadi kegiatan yang menyenangkan saat harus berdiam diri di rumah aja. Misalnya membuat video tutorial atau bincang dengan keluarga mengenai Covid 19 atau hal lain yang menarik.

2. Mengatur waktu
Konon orang yang lebih produktif adalah mereka yang bisa mengatur waktu dengan baik. Setelah merencanakan sebuah aktivitas, atur waktu dengan baik. Dengan mengatur waktu dengan baik, maka pekerjaan kita akan cepat selesai. Artinya kita akan melanjutkan pekerjaan selanjutnya.

3. Tetap semangat
Kita hanya bisa berharap, semoga wabah ini segera berakhir. Boleh sedih, boleh bosan, tapi kita harus tetap semangat menjalani hari. Karena hal terpenting saat ini adalah bagaimana caranya agar wabah ini berakhir, salah satunya ya dengan isolasi mandiri. 

Meski tidak mudah, mau tidak mau kita harus mengikuti anjuran Pemerintah untuk tetap di rumah aja. Agar tidak bosan dan tetap produktif, kita bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan. Semoga wabah ini segera berakhir, sehingga kita bisa beraktivitas kembali seperti biasa.

Comments

  1. Menulis di blog adalah salah satu kegiatan tetap produktif di rumah, apalagi bisa menghasilkan uang. Benar2 produktif yg membawa rezeki

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say