Thursday, 9 January 2020

Teknik Jitu Membuka Usaha Bisnis Jasa Titip dengan 6 Langkah

Bisnis adalah usaha yang bertopang pada kebutuhan manusia. Oleh sebab itu, dunia bisnis tidak akan pernah mati selama manusia masih memiliki kebutuhan. Saat ini, perkembangan teknologi informasi membuat dunia bisnis semakin berkembang pesat. Salah satu bisnis yang mulai berkembang adalah bisnis jasa titip. Bisnis jasa titip merupakan upaya orang atau sekelompok orang untuk membantu memenuhi kebutuhan orang lain dengan cara dengan memberikan jasa.

Bisnis jasa titip mulai bersinar sejalan dengan kesibukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semakin banyak waktu yang diberikan manusia untuk bekerja maka semakin sedikit waktu yang dimiliki manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Celah inilah yang digunakan sebagian orang untuk memulai bisnis dengan nama jasa titip.

Bisnis jasa titip sendiri tidak serta merta berjalan sendiri. Ia bisa berkembang sejalan dengan hobby para pemiliknya. Jika tidak, bisnis jasa titip akan sulit untuk berkembang. Contoh, bagi pecinta buku yang senang datang ke pameran buku, maka tidak sulit baginya untuk memulai bisnis jasa titip buku. Cukup datang ke pameran, memotret buku-buku bagus, dan tawarkan ke orang-orang yang membutuhkan.

Mulai tertarik berbisnis jasa titip? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis jasa titip.

Siapa Konsumennya
Siapa target konsumen yang dibidik, siapa orang yang diminta membeli? Hal ini penting agar nantinya bisnis jasa titip akan terus berjalan. Dengan mengetahui karakteristik konsumen, kita akan lebih mudah menentukan barang apa yang harus kita tawarkan pada pembeli.

Siapa yang Menyediakan Produk
Bisnis jasa titip tidak memerlukan ruang produksi namun membutuhkan pusat produksi. Setelah tahu barang yang disukai konsumen, maka segeralah mencari produsen atau tempat penjual barang tersebut. Kita bisa melakukan jual beli secara langsung dengan penjual tetapi kita juga bisa menjalin kerja sama. Tentunya menjalin kerja sama ini jika kita sudah memastikan bahwa barang yang dijual di toko tersebut sangat laku di pasar pembeli kita.

Berapa Biaya Jasanya
Bisnis adalah bisnis. Seringkali kita mendengar hal tersebut. Artinya, dengan membuka bisnis, kita mau tidak mau harus memperhatikan untung dan rugi. Jika kita menawarkan jasa, maka kita harus bisa memastikan berapa biaya jasa yang bisa kita terima tanpa mengalami kerugian. Tentunya, biaya jasa ini meliputi biaya transportasi untuk membeli dan biaya lelah saat berkeliling mencari barang yang dimaksud. Ingat, biaya jasa titip ini bukan biaya pengiriman melainkan biaya yang kita terima karena telah membantu memenuhi keinginan konsumen.

Siapa Agen Pengirimanmu?
Ada banyak agen pengiriman yang tersedia saat ini. Carilah agen pengiriman yang mudah dijangkau, alur pengiriman yang luas dan tentu saja harga yang tidak mahal. Hal ini penting karena kepuasan pelanggan juga bertopang pada pengiriman yang cepat dan tepat. Jangan sampai, agen pengiriman yang dipilih membuat bisnis jasa titip kita sulit berkembang. Untuk itu, sebelum membuka bisnis jasa tirip lakukanlah survey agen pengiriman di tempat terdekat.

Bagaimana Tekadmu?
Tekad penting dalam setiap melakukan perbuatan. Jangan sampai ketika bisnis sudah berjalan, kita merasa bosan dan patah arang. Atau karena bisnis yang kita bangun jalan di tempat, kita kemudian lari dari kenyataan. Untuk itu, adanya tekad yang kuat penting agar apa yang kita rencanakan bisa berjalan sesuai dengan impian.

Bagaimana Kenekatanmu?
Kenapa nekat penting selain tekad? Karena bertekad saja tidak cukup. Kita perlu bertindak nekad yang penuh pertimbangan dalam melakukan bisnis. Berani mengambil resiko, sebab jika kita maju mundur cantik, bisnis yang akan kita bangun tentunya tidak akan berhasil. Untuk itu, perlu sebuah kenekatan agar bisnis bisa dimulai. Ingat, langkah pertama itu selalu berat termasuk dalam bisnis. Namun, langkah selanjutnya juga lebih berat karena terkait dengan komitmen dan konsistensi. Untuk itu, nekat di awal bisnis sangat diperlukan agar apa yang kita rencanakan dapat terlaksana.

Masih belum yakin dengan bisnis jasa titip yang akan dibangun? Bacalah cerita para pemilik bisnis jasa titip di https://www.cekaja.com/info/usaha-jasa-titip-ulasan-omzet-dan-suka-dukanya/. semoga cerita-cerita itu mampu membangun keinginanmu untuk membuka bisnis jasa titip dengan segera.

No comments:

Post a comment