Skip to main content

5 Contoh Menu Sarapan Sehat dan Praktis

Pernah baca kalimat ini "Don't skip yout breakfast"? Bagi saya sarapan itu wajib, penting sekali untuk kelangsungan hidup satu hari, tsah. Iya lho bener, kebayang nggak sih kalau kita melewatkan sarapan. Pastinya badan loyo, nggak semangat dan bisa sampai mendadak pingsan. Duh, jangan sampai ya. Dengan sarapan kita akan mendapatkan sumber energi dan salah satunya bisa membuat suasana mood lebih baik.

Ada banyak menu sarapan yang bisa kita pilih, seperti sarapan seadanya dengan 2 buah pisang goreng dan teh hangat. Atau sekedar untuk mengisi perut saja, misalnya satu porsi roti bakar dengan segelas susu. Atau dengan menu favorit seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi goreng atau nasi pecel. Tapi ada sebagian orang yang mulai mengubah isi piring sarapannya, dari pisang goreng, nasi uduk menjadi menu yang lebih mudah dicerna oleh tubuh, menu yang ringan. Misalnya sarapan dengan segelas jus atau potongan buah saja.

Nah, untuk sarapan buah biasanya saya rajin beli buah musiman atau buah lokal yang banyak ditemui di pasar atau di tukang sayur. Misalnya pepaya, pisang, mangga. Alpukat biasanya saya selalu dibawain ibu kalo pulang ke Jombang. Artinya kalo sering makan alpukat, beraryi batu pulang ke Jombang ahahaha. Karena saya nggak jago banget pilih alpukat yang isinya mulus. Nah, biasanya buah saya potong kecil-kecil lalu ditaruh di piring. Kadang buah saya jus, bisa ditaruh di gelas atau kadang saya hidangkan di mangkok kecil dengan tambahan potongan buah, granola dan lain sebagainya.

Mau tahu buah apa aja yang sering kami konsumsi di rumah?

5 Contoh Menu Sarapan Sehat dan Praktis 
Berikut 5 contoh menu sarapan sehat dan praktis ala HM Zwan :


1. Buah Potong APePi (Alpukat, Pepaya, Pisang)
Bahan :
1 buah alpukat, potong ukuran sedang
1 iris buah pepaya, potong kecil
2 buah pisang Chia seed secukupnya
Madu secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.


2. Smoothie Alpukat
Bahan :
1 buah alpukat
4 sdm air

Toping :
Mangga gadung
Granola

Cara membuat :
Blender semua bahan. Tuang dalam mangkok. Hias dengan toping.

Resep praktis >> 5 Resep Smoothie Gampang dan Praktis 



3. Jus Kesemek
Bahan :
1 buah kesemek
1 buah apel
Segelas kecil air

Cara membuat :
Blend semua bahan, tuang digelas, hidangkan.


4. Buah Potong APi (Alpukat, Pisang)
Bahan :
1 buah alpukat, potong ukuran sedang
2 buah pisang
Chia seed secukupnya
Madu secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.

5. Buah Potong PePi (Pepaya, Pisang)
Bahan :
2 iris buah pepaya, potong kecil
2 buah pisang 
Chia seed secukupnya

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan, hidangkan.  
Kenyang nggak sih sarapan buah? Alhamdulillah sejauh ini sarapan buah itu mengenyankan. Biasanya saya sarapan buah sebelum jam 9 pagi, seringnya jam 7 pagi bareng sama suami. Kalau lapar biasanya saya makan buah lagi, yang penting stok buah selalu tersedia. Kalau lapar, ya ngemil buah lagi. Sejak sering sarapan buah, banyak sekali hal positif yang saya rasakan. Salah satunya urusan BAB, dulu BAB dalam seminggu bisa dihitung jari. Dan parahnya sampai sembelit huhuhu. Alhamdulillah sekarang urusan ke belakang lebih lancar dan badan lebih enakan, nggak gampang sakit. Terutama batuk dan flu, ini kerasa banget. Karena dulu hampir setiap bulan saya pasti sakit batuk flu. Langganan banget...Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik.

Teman-teman, ada yang suka sarapan buah?

Comments

  1. Pernah seminggu terus menerus berusaha istiqomah sarapan buah. Cari yang paling murah, buah pepaya. Lama-lama blenger. Sekarang sudah kembali sarapane nasi secenthong sambel plus iwak asin atau nasi goreng.Duuh mana timbangan semakin ke kanan. Kalau baca gini pengin istiqomah sarapan buah lagi.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say