Skip to main content

Resep Kulit Risoles dengan 4 Bahan

Ada yang suka risoles? Camilan gurih dan enak, dibungkus dengan kulit yang terbuat dari terigu. Isinya bisa macam-macam, tapi yang paling sering adalah menggunakan isian wortel, kentang dan telur. Setelah isian dibungkus, lalu digoreng dengan celupan terigu dan air. Itu untuk yang ekonomis, tapi ada versi yang lebih enak yaitu membalut kulit dengan tepung panir. Alhasil ketika menikmati camilan ini, ada sensasi kres kresnya dari tepung panir.


Ada tiga cara untuk menikmati risoles. Satu, beli di toko kue. Ini langsung disikatlah ya mak, hahaha. Dua, membuat sendiri dengan membeli kulit risol yang ada di pasaran. Ini yang versi lebih praktis, karena tidak perlu sibuk membuat kulit risoles dulu. Kita tinggal membuat isian, bungkus, goreng, jadi deh risoles. Nah, yang ketiga adalah kita membuat risoles sendiri, mulain dari isian sampai kulit. Lumayan panjang sih prosesnya, tapi setelah jadi. Risoles ditaruh di meja, anak-anak dan suami lahap menikmati camilan buatan kita. Dan saat risoles habis, suami bilang, "Bikin lagi dong ma.. Kok cuma dikit!!". Otomatis ada rasa haru, ya nggak sih mak?.

Tapi, ada kalanya kita malas duluan saat memikirkan bahan, cara dan proses membuat kulit risoles. Pasti susah bikinnya.. Pasti bahannya banyak..pasti dan pasti endebe endebre. Kali ini, buang dulu perasaan yang nggak jelas ya mak. Yuk, kita bikin kulit risoles dengan 4 bahan saja. Iyap, dengan 4 bahan yang pasti tersedia di dapur. Apa aja itu.... Yuk, kita intip resepnya..


Resep Kulit Risoles dengan 4 Bahan
Sejak SD setiap pagi saya kebagian antar risoles buatan ibu untuk dititipkan ke warung dekat rumah. Jadi sudah dipastikan, setiap hari saya lihat ibu membuat risoles. Mulai dari membuat isian, kulit sampai risoles dibungkus. Sejak itulah sampai sekarang camilan yang sering saya buat adalah risoles.

Bagi saya bikin risoles itu mudah, asalkan kita tau tipsnya. Pastikan sebelum membuat kulit risoles, kita membuat isian terlebih dahulu. Jadi, saat kita membuat kulit risoles, sembari menunggu kulit matang, kita bisa beri isian dan membungkusnya. Ulangi sampai kulit habis. Setelah itu kita tinggal menggoreng, kalau bikin banyak kita bisa menyimpan didalam freezer untuk stok camilan. Lumayan kan..kalau pibgin tinggal goreng aja.


Kulit Risoles
Bahan :
200 gr terigu
Setengah sdt garam
1 butir telur
Air secukupnya
Minyak goreng untuk olesan

Cara membuat :
Siapkan wadah, masukkan terigu dan garam, aduk. Masukkan telur, aduk lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan cair tidak kental. Panaskan teflon, olesi dengan minyak goreng. Tuang adonan, goyang-goyangkan teflon sampai adonan melebar. Jika sudah matang, angkat lalu beri isian.

Pingin tau caranya? Yuk intip tutorialnya dibawah ini ya.. 


Gimana? Mudahkan bahannya, cuma dengan 4 bahan saja kita bisa membuat kulit risoles. Selain untuk risoles, juga bisa untuk martabak telur mini lho. Buat teman-teman yang bingung dengan cara membuat kulit risoles, yuk cek youtube HM Zwan. Disana sudah ada tutorial cara membuat kulit risolesny yaa.. 
Selamat mencoba,
Semoga bermanfaat..

Teman-teman, ada yang suka risoles?

Comments

  1. Hah!? Semudah itu toh bikinnya?
    Terigu dan garam, aduk.
    Masukkan telur tambahkan air
    Goreng di teflon, kelar?

    seandainya tau semudah iniiii (lah kenapa dari dulu gak kepikiran googling buat sendiri sih yaaaaa)

    ReplyDelete
  2. Wah, bahannya mudah bangeeet. Selama ini aku selalu gagal bikin kulit risoles, jadinya selalu beli jadi. Tau semudah ini aku bikin sendiri aja. Makasih resepnya mbak. Aku save, ya.

    ReplyDelete
  3. Aku syukaaakkk pake bangettt
    Apalagi risol yg baru mateng dari wajan, hadeehh endeus polll kuwi Mak

    ReplyDelete
  4. aku suka risoles. tapi terlalu pemalas buat bikin kulitnya sendiri wkwkwk
    nanti kalo lagi insap mau bikin kulitnya, aku mampir lagi yaa.... tengkiyu resepnya, sayy

    ReplyDelete
  5. Aku sering bikin, rajin masak banget gini gini juga. Dan resep bikin kulit risoles dapet dari si mamah. Hadeuuh nikmat dimakan anget2 nih, yg giliran ngegoreng belom beres risolesnya abiiis

    ReplyDelete
  6. Cita citaku dulu, rajin bikin risoles. Apa daya malas bikinnya. Hahaha. Padahal emang resepnya gampang banget. Aku bikin risolesnya pakai wajan wolak walik mba

    ReplyDelete
  7. Aku suka risoles apalagi yang digoreng agak kering mba, enak makannya pas
    anget crunchy-crunchy gitu. Kalo masaknya aku paling suka bagian cetak kulitnya, udah jago aku kalo cetak kulitnya kata ibuku. Hahaha.

    ReplyDelete
  8. Belum pernah bikin risoles, takut gagal bikin kulitnya, hehehe... Padahal bahannya simpel dan caranya mudah ya...

    ReplyDelete
  9. Hahaha, Saya jadi keingat pas beberapa bulan lalu saya pengen bikin kulit risoles, tapi gagal karena kulitnya terlalu tebal. Jadi pas digoreng mirip roti goreng (apaan lah ini).

    Aku udah simak juga videonya Mbak, semoga saya bisa mempraktekkannya dan enggak gagal lagi. Terima kasih udah sharing, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Lihatnya kaya mudah. Mau coba juga deh. Biasanya orang2 pada bikin tuh ketebalan, kadang bolong2 juga karena terlalu tipis

    ReplyDelete
  11. Ini ga gampang sobek yaa secara bikin kulit gini kudu bener adonannya. Makasih maaak cobain aah

    ReplyDelete
  12. Wuah izin save resepnya mbak, aku nih pemalas akhirnya sukanya beli aja wkwkw, tapi kalau bikin dr awal gini kan suatu kepuaasan ternsendiri yaaa. Btw kalau gak pakai garam dan tambah gula bisa jd kulit dadar gulung manis jg kali ya mbak :D

    ReplyDelete
  13. Ini sama dengan membuat kulit lumpia ya? Cuma bedanya kl risol sebelum di goreng diberi tepung panir ya? Aku tu paling ga bisa masak..kalau makan pintar..hihi...

    ReplyDelete
  14. Oke, bermanfaat sekali buat aku yang males banget bikin beginian. Aku minta jadi ajah deh kalau maen ke rumahmu.

    ReplyDelete
  15. Aduh, aku tuh paling gak bisa deh bikin kulit risoles ini. Jadinya kalo bikin risoles, pasi kulitnya dibikinin Orang. Kudu nyoba ah mumpung bisa nyontek resepnya.

    ReplyDelete
  16. Aku biasanya klo kulit ini dibuat martabak mba.. Anak2 ku suka banget ini lumayan buat temen minum teh cemilan sore.. tapi itupun klo dtg rajinnya🙈😜

    ReplyDelete
  17. ternyata mudah ya, dan bahannya juga gampang diperolah.
    Selama ini biasanya saya beli kulit lumpia yang sudah jadi.
    Ntar kalau pas liburan mau coba bikin sendiri ah

    ReplyDelete
  18. Jd terigu sm telor ajah bs yaaa. Saya pernah baca dikasih kanji juga. Saya praktekkan kok lengket dan jelek. Hiks

    ReplyDelete
  19. Ternyata bahannya sederhana dan caranya gampang ya. Mau nyoba ah kapan-kapan bikin kulit risoles gini sendiri. Ntar kalau pas rajin dan anak-anak ngumpul di rumah. Soalnya kalau yang tua-tua gini sudah mulai ngurangin cemilan. :)

    ReplyDelete
  20. Anakku suka banget sama risoles, tapi aku yang ga ngerti cara masaknya dan suoer males banget kalau disuruh masak - masak semacam ini jadi tak suruh beli aja deh WKWKWK

    ReplyDelete
  21. Aku gagalnya biasanya dimasak kulitnya yang bolong2, klo dipake sobek atau brodoli kata orang Jawa
    Next jajal lagi akh dengan resep ini

    ReplyDelete
  22. Aku sekeluarga di rumah doyaaaaan banget nyemil risoles. Selama ini beli sih di langganan. Klo belinya di tempat lain belum tentu enak. Boleh juga nih bikin sendiri.

    ReplyDelete
  23. kulit ini bisa untuk kulit dimsum nggak mbak? kalau bisa kan aku mau coba. pengen masak dimsum ku tuh

    ReplyDelete
  24. Waah gampang yaa buatnya. Saya biasanya beli jadi. Efek males bikin kulit risoles. Xixixi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis