Monday, 22 July 2019

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!.


Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah.

Tentang 7 Days Challenge JSR
Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge ini diadakan oleh Dokter Zaidul Akbar, selama 7 hari kita mengikuti pola makan ala Rasulullah atau pola makan sehat. JSR kepanjangan dari Jurus Sehat ala Rasulullah, makannya sekarang banyak sekali bertebaran hashtag JSR di instagram.

Berikut peraturan 7 Days Challenge JSR ala Dokter Zaidul Akbar
1. Konsumsi air mineral 2 liter sehari atau 3 liter (pH netral atau alkali lebih baik)
2. Makan sayur, minimal 3 jenis dengan minimal 2 warna atau lebih, misalnya orange atau merah. Prefer organik kalau tidak organik silahkan di rendam dulu dengan cuka apel, strong alkali water.
3. Jus buah plus sayur 1x sehari. Selama sepekan kita hanya konsumsi itu saja.
4. No Gula, ganti dengan madu atau makan buah saat pingin manis.
5. No Tepung, saat pingin tepung bisa dialihkan dengan makan buah atau biji-bijian seperti almond, walnut, atau buah lagi juga boleh.
7. No Nasi putih, nasi merah diperbolehkan. 
8. Semua produk yang memakai minyak goreng tidak diperbolehkan. Kita hanya boleh makan makanan yang dikukus, rebus, di oven, pokoknya hindari minyak.
9. Selama satu pekan tidak mengkonsumsi produk hewani, hanya nabati saja.

Ohya, challenge ini TIDAK BERLAKU UNTUK yang punya penyakit, hamil dan menyusui.

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR 
Kalau nggak salah saya mulai ikut 7 days challenge JSR ini minggu kedua bulan ramadan. Waktu itu langsung aja pingin nyoba, setelah satu minggu stalking ig dokter Zaidul Akbar. Malam harinya saya bikin infused water. Nggak muluk-muluk isinya, cuma bikin nabez atau rendaman air kurma untuk diminum saat sahur.


Hari pertama, sahur dengan infused water semangka, kurma dan sepiring kecil pepaya. Alhamdulillah, hari pertama lancar, artinya badan nggak lemas. Buka puasanya dengan air hangat, bikin ultimate water, dan sepiring pepaya. Setelah sholat maghrib makan sepiring sayur rebus, ada kol, wortel, Kentang, tahu kukus dan sambel. Setelah tarawehminum infused water apel dan kayu manis sama ngemil pisang rebus hehe.


Setelah ikut 7 Days Challenge JSR
Jadi, selama 7 hari ikut challenge ini, alhamdulillah berjalan lancar. Agak aneh aja rasanya selama 7 hari nggak makan nasi, hahaha. Kayak ada yang kurang gitu,tapi alhamdulillah semua berjalan lancar sampai hari ketujuh.

Setelah itu, sudah mulai bisa mengontrol makan gorengan, secara saya itu suka banget gorengan. Mulai mengurangi minum teh manis, makan nasi, dan sarapan nasi. Alhamdulillah bab makin kesini makin lancar, nggak gampang jerawatan,dan memang bener lho jerawat datang itu dari apa yang kita makan. Itu bener-bener berlaku di saya dan sebagian orang lain, artinya nggak semua orang ya yang mengalami seperti yang saya alami.

Saya belum mau berurusan dengan timbangan atau ukuran berat badan turun, yang terpenting bagi saya itu bagaimana saya harus bisa konsisten menjaga pola makan dan rajin olahraga. Saya mau sehat.. Saya mau sehat... Saya mau sehat, titik!!o Do'akan saya semoga sehat selalu, nggak gampang ngedrop dan sering pusing masuk angin.

Jadi, selama ikut 7 Days Challenge JSR alhamdulillah semua lancar. Challengenya bener-bener keren dan mau nggak mau kita jadi melek kesehatan, melek segala hal termasuk mulai rajin beli rempah-rempah hehe.

Teman-teman, ada yang sudah pernah ikut 7 Days Challenge JSR?

2 comments:

  1. Keren banget mbak...aku nyerah di hari ke 4 karena pada waktu itu nafsu nggak terkontrol gegara banyak makanan enak didepan mata. Tapi pasti kuulangi lagi challenge ini demi tubuh yang sehat

    ReplyDelete
  2. Kalau lihat di IG-nya Mba Hana emang konsisten banget ya ikut program ini. Iyes, tujuan utamanya adalah badan jadi makin sehat ya. Apalagi ditambah dengan berat badan jadi berkurang. No nasiputih no gorengan, wowwww... Saya sanggup nggak ya, haha...

    ReplyDelete