Skip to main content

Ayo Main : Stick Drop


Ayo Main : Stick Drop. Jika minggu lalu saya berbagi permainannya bubuky yang berhubungan dengan air, kali ini jauh dari basah-basahan, bermain stick drop. Ini merupakan permainan yang pertama kali saya ajarkan ke bubuky waktu usia 8 bulan. Kalau dulu seringnya saya pakai spidol, tapi sekarang menggunakan stick ice cream.

Bahan dan alat permainannya pun mudah dan gampang dicari, bisa menggunakan spidol, sedotan, atau stick ice cream. Sedangkan tempat untuk memasukkan sticknya bisa menggunakan bekas botol minuman atau tempat sosis, dan lain sebagainya. Yang terpenting, atasnya diberi lubang untuk memasukkan/menurunkan stick agar bisa masuk ke dalam botol.
Gampang kan??

Tujuan :
1. Melatih koordinasi tangan dan mata.
2. Melatih konsentrasi.
3. Anak belajar bereksperimen.
4. Belajar berhitung.

Selama bermain stick drop, bubuky lumayan anteng meskipun kadang gregetan kalau sticknya nggak masuk-masuk lubang. Kalau udah gini, main hempas aja ke belakang, hahaha. Kebetulan bubuky sudah sering main stick drop dari usia 8 bulanan, tapi ketika saya kasih mainan ini lagi dengan alat dan bahan yang berbeda, bubuky selalu serius mainnya. Khusyuk bangetlah hahaha, kalau udah begini, emak-emak bisa masak dengan santai.
Kalau dulu, saya bikin stick drop dari bahan dan alat yang berbeda. Kardus saya sulap jadi kotak berlubang, sedangkan sticknya saya pakai spidol warna warni. Plus-plus banget mainnya, belajar berhitung dan mengenal berbagai warna. Sedangkan stick drop kali ini, pakai stick ice cream dan botol bekas air minum yang tutupnya saya lubangi.

Yang bikin saya bahagia ketika bermain sama anak adalah ketika anak melakukan sesuatu dengan kemauannya sendiri. Melencong dan jauh dari arahan atau intruksi. Misalnya, ketika bubuky gregetan karena stick nggak masuk-masuk ke dalam lubang, sticknya di lempar. Dia langsung otak atik botolnya, dengan cara meremas-remas botol atau memukul botol dengan stick yang secara otomatis mengeluarkan bunyi.

Bebaskannnnn!!!!
Bebaskan mak!!
Bebaskan anak-anak bermain sesuka hatinya.

Catatan untuk permainan stick drop, nggak harus pakai stick ice cream kok. Kalau nggak punya stick ice cream, bisa pakai yang ada di rumah. Misalnya pensil, bolpoin, spidol warna, atau sedotan. Apa ajalah,nyang penting permainannya memasukkan sesuatu ke dalam lubang. Nggak harus beli kok, pakai aja yang ada di sekitar kita. Yang penting have fun bareng anak-anak.

Teman-teman, pernah bikin atau main stick drop bareng anak-anak??ayo dong sharing...

~Purwakarta, 31 oktober 2017~

Comments

  1. kalau anak-anak saya karena udah mulai besar, mainnya mewarnai stiknya

    ReplyDelete
  2. wiiih, melatih kecerdasan banget yaa....

    ReplyDelete
  3. Wah asik ya mainannya, kreatif. Bubuky lekas sehat yaa biar bisa main lagi aaamiinn

    ReplyDelete
  4. Bisa jadi ide main sama ponakan nih kalau aku pulkam...
    Terimakasih Mba Hanna ^_^

    ReplyDelete
  5. Whoaaa, kreatif banget Zwan!
    Pantesan bubuky anteng :)

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu Zidan kecil juga suka main gini :D

    ReplyDelete
  7. Waaah, kreatif banget ini.
    Montessori di rumah yaaa... Nanti mau ikutan ah kalo baby udah waktunya main ginian ^^

    ReplyDelete
  8. Kreatif banget mbak...anak-anak saya juga suka nih dibuatin mainan, bahkan sekarang di usianya yang sudah hampir 7 tahun suka ngelarang buang barang bekas di rumah, katanya mau dibuat mainan...hehe. Sedangkan adiknya yang masih dua tahun suka ngacak-ngacak lemari dapur ketika emaknya masak...hihi

    ReplyDelete
  9. Kreatif nih...perlu dicontoh...secara anak2 jaman skrg sdh mulai maniak gadget...bahkan anak kecil pun sdh ketagihan main game di gadget....coba kalau semua orang tua sadar bahayanya gadget mungkin mereka akan meluangkan waktu untuk berkreasi menciptakan mainan untuk anaknya....sayang msh ada sebagian orang tua yang abai thd perkembangan anaknya....

    ReplyDelete
  10. Anakku dulu suka banget main ini. :D Sekarang giliran adiknya. :D

    ReplyDelete
  11. stik es krim ini emang banyak banget gunanya yaa
    aku suka main stik es krim ini sama teman teman di sekolah
    cara mainnya kayak upin ipin gitu

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.