Tuesday 31 October 2017

Ayo Main : Stick Drop


Ayo Main : Stick Drop. Jika minggu lalu saya berbagi permainannya bubuky yang berhubungan dengan air, kali ini jauh dari basah-basahan, bermain stick drop. Ini merupakan permainan yang pertama kali saya ajarkan ke bubuky waktu usia 8 bulan. Kalau dulu seringnya saya pakai spidol, tapi sekarang menggunakan stick ice cream.

Bahan dan alat permainannya pun mudah dan gampang dicari, bisa menggunakan spidol, sedotan, atau stick ice cream. Sedangkan tempat untuk memasukkan sticknya bisa menggunakan bekas botol minuman atau tempat sosis, dan lain sebagainya. Yang terpenting, atasnya diberi lubang untuk memasukkan/menurunkan stick agar bisa masuk ke dalam botol.
Gampang kan??

Tujuan :
1. Melatih koordinasi tangan dan mata.
2. Melatih konsentrasi.
3. Anak belajar bereksperimen.
4. Belajar berhitung.

Selama bermain stick drop, bubuky lumayan anteng meskipun kadang gregetan kalau sticknya nggak masuk-masuk lubang. Kalau udah gini, main hempas aja ke belakang, hahaha. Kebetulan bubuky sudah sering main stick drop dari usia 8 bulanan, tapi ketika saya kasih mainan ini lagi dengan alat dan bahan yang berbeda, bubuky selalu serius mainnya. Khusyuk bangetlah hahaha, kalau udah begini, emak-emak bisa masak dengan santai.
Kalau dulu, saya bikin stick drop dari bahan dan alat yang berbeda. Kardus saya sulap jadi kotak berlubang, sedangkan sticknya saya pakai spidol warna warni. Plus-plus banget mainnya, belajar berhitung dan mengenal berbagai warna. Sedangkan stick drop kali ini, pakai stick ice cream dan botol bekas air minum yang tutupnya saya lubangi.

Yang bikin saya bahagia ketika bermain sama anak adalah ketika anak melakukan sesuatu dengan kemauannya sendiri. Melencong dan jauh dari arahan atau intruksi. Misalnya, ketika bubuky gregetan karena stick nggak masuk-masuk ke dalam lubang, sticknya di lempar. Dia langsung otak atik botolnya, dengan cara meremas-remas botol atau memukul botol dengan stick yang secara otomatis mengeluarkan bunyi.

Bebaskannnnn!!!!
Bebaskan mak!!
Bebaskan anak-anak bermain sesuka hatinya.

Catatan untuk permainan stick drop, nggak harus pakai stick ice cream kok. Kalau nggak punya stick ice cream, bisa pakai yang ada di rumah. Misalnya pensil, bolpoin, spidol warna, atau sedotan. Apa ajalah,nyang penting permainannya memasukkan sesuatu ke dalam lubang. Nggak harus beli kok, pakai aja yang ada di sekitar kita. Yang penting have fun bareng anak-anak.

Teman-teman, pernah bikin atau main stick drop bareng anak-anak??ayo dong sharing...

~Purwakarta, 31 oktober 2017~

12 comments:

  1. kalau anak-anak saya karena udah mulai besar, mainnya mewarnai stiknya

    ReplyDelete
  2. wiiih, melatih kecerdasan banget yaa....

    ReplyDelete
  3. Wah asik ya mainannya, kreatif. Bubuky lekas sehat yaa biar bisa main lagi aaamiinn

    ReplyDelete
  4. Bisa jadi ide main sama ponakan nih kalau aku pulkam...
    Terimakasih Mba Hanna ^_^

    ReplyDelete
  5. Whoaaa, kreatif banget Zwan!
    Pantesan bubuky anteng :)

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu Zidan kecil juga suka main gini :D

    ReplyDelete
  7. Waaah, kreatif banget ini.
    Montessori di rumah yaaa... Nanti mau ikutan ah kalo baby udah waktunya main ginian ^^

    ReplyDelete
  8. Kreatif banget mbak...anak-anak saya juga suka nih dibuatin mainan, bahkan sekarang di usianya yang sudah hampir 7 tahun suka ngelarang buang barang bekas di rumah, katanya mau dibuat mainan...hehe. Sedangkan adiknya yang masih dua tahun suka ngacak-ngacak lemari dapur ketika emaknya masak...hihi

    ReplyDelete
  9. Kreatif nih...perlu dicontoh...secara anak2 jaman skrg sdh mulai maniak gadget...bahkan anak kecil pun sdh ketagihan main game di gadget....coba kalau semua orang tua sadar bahayanya gadget mungkin mereka akan meluangkan waktu untuk berkreasi menciptakan mainan untuk anaknya....sayang msh ada sebagian orang tua yang abai thd perkembangan anaknya....

    ReplyDelete
  10. Anakku dulu suka banget main ini. :D Sekarang giliran adiknya. :D

    ReplyDelete
  11. stik es krim ini emang banyak banget gunanya yaa
    aku suka main stik es krim ini sama teman teman di sekolah
    cara mainnya kayak upin ipin gitu

    ReplyDelete