Skip to main content

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director. Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad.

Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini.

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director
Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini. Karena ada video tutorialnya, jadi sebelum memakai kita bisa melihat dan mempelajari tutorialnya. Selanjutnya, praktek, praktek dan praktek.

Baca juga : Pengalaman Pertama Bikin Video Blog

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Power Director?
1. Menggabungkan video
Pertama-tama harus membuat judul atau nama video yang akan kita buat, selanjutnya kita langsung memilih video yang akan kita gabung. Caranya dengan mengklik 2x video yang kita pilih, otomatis akan muncul dibawah (lihat gambar dibawah). Kalau mau nambah video lagi, tinggal klik 2x.

2. Memberi tulisan
Klik ikon no 2 yang ada disebelah pojok kiri, pilih T title, kemudian akan keluar pilihan tulisan yang nantinya akan muncul di video. Klik 2x, akan muncul kotak dibawah video yang kita pilih, klik 2x, tulis. Kalau mau pilih font dan lain sebagainya, klik ikon no 1, klik Title Designer, tinggal pilih.

3. Efek pergantian dari video satu ke video berikutnya
Jadi, efek pergantian satu video ke video berikutnya itu seperti tiba-tiba blur kemudian ganti ke ciri berikutnya. Duh, gimana ya jelasinnya!!emm, misalnya dari video satu ke video kedua kan pastinya ada jeda. Entah itu langsung ke adegan atau scene selanjutnya yang tanpa efek atau menggunakan efek. Misalnyaa kalau tanpa efek biasanya langsung aja, kayak di film-film di tv, nah kalau pake efek, misalnya blur....jadi dari video satu ke video berikutnya ditengah-tengahnya ada efek blurnya. Paham nggak?? Kalau masih nggak paham,silahkan praktek langsung ya hehehe.

4. Memberi musik
Klik ikon no 1 yang ada disebelah pojok kiri, tinggal pilih musik yang kita suka. Caranya dengan mengklik 2x musik yang kita pilih, otomatis musik langsung muncul dibawah video. Kalau mau nambah, tinggal klik lagi. Kalau musiknya kepanjangan, tinggal geser ke kiri disesuaikan dengan durasi video. Kalau mau coba mendengarkan, klik play.

5. Menyimpan video
Kalau sudah selesai mengedit video, tinggal menyimpan, klik ikon gambar disket di bagian bawah sebelah kanan. Kalau mau nyimpan di galeri atau langsung di unggah ke youtube dll, inggal klik ikon di samping kanan gambar disket. Tinggal klik sesuai yang kita inginkan.

Ohya, berikut sedikit catatan tentang Power Director
- Bisa diunggah di play store, saya memakai yang gratis.
- Cocok untuk pemula yang ingin belajar mengedit video.
- Ada tutorialnya, yang penting harus connect internet.
- Saya unggah menggunakan tablet. Untuk pc atau laptop, saya kurang tau. Mungkin teman-teman ada yang bisa menjawab, silahkan share di kolom komentar.

Sebenarnya masih banyak tutorial video editornya, ada mempercepat video, fokus ke objek, dan lain sebagainya. Tapi kali ini saya review yang utama dulu, yaitu yang diatas, apalagi untuk pemula. Kalau sudah bisa menggunakan Power Director, lama-lama pasti pingin nyoba yang lain. Kalau masih bingung, tinggal klik tutorialnya saja.
Semoga bermanfaat...

Teman-teman, ada yang menggunakan Power Director untuk mengedit video??ayo dong share...

Youtube HM Zwan (boleh di subscribe, dengan senang hati^^)

Comments

  1. Koreksi sedikit, bukan diunggah tapi diunduh mungkin mba

    ReplyDelete
  2. hmmm... bisa dicoba-coba nih, aplkasinya berat nggak?

    ReplyDelete
  3. Engg maksudnya diunduh dari playstore mak? :D

    Sayangnya Power Directory gak ada di iOS hiks :( aku pakainya viva video

    ReplyDelete
  4. Suami pakai ini juga buat ngedit video mbak. Saya blm pernah belajar edit video nih, biasa bikin video doang sementara suami yg ngeditin. :D

    ReplyDelete
  5. Perlu dicoba kayanya nih... Terima kasih sharingnya... Salam kenal....

    ReplyDelete
  6. Saya juga pakai Power Director. Mudah mengeditnya :)

    ReplyDelete
  7. Saya savenya filenya nya .pds
    Kan mau buat jdi .mp4 gimana?

    ReplyDelete
  8. Aku awalnya pakai Viva Video, sekarang nayamn di InShot. AKu kurang bisa editing dll hahaha... Jadi kepikiran mau belajar ngedit pakai power director juga deh. Selama ini aku paling yang standar2 aja, gabungin, kasih tulisan dan lagu. Masukin narasi belum pernah wkwkwkkw. TFS ya.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say