Sunday 14 February 2016

Cari Rumah Lewat LIFULL.ID

"Ms Ana dulu beli rumah ini tahun berapa?"
"Emm...suami beli rumah ini tahun 2009 ms, ada apa?"
"Masih murah ya.."
"Tahun segitu ms, sama aja sebenarnya hehehe...ada apa ms?"
"Aku sama suami rencananya pingin beli rumah, tapi bingung banget, soalnya di Batam banyak banget perumahan baru.."
"Cari yang di kota aja ms, atau kalau nggak yang deket sama tempat kerja"
Itulah sepenggal percakapan ringan antara saya dan teman (guru) beberapa hari yang lalu, kebetulan teman saya ini sedang jenguk baby Kaizu sekalian temu kangen. Ngomongin soal cari rumah rasanya bukan hal yang baru bagi sebagian besar orang, mencari rumah, baik itu rumah sewa maupun rumah pribadi tidak seperti mencari kue untuk mengganjal perut yang sedang lapar. Kalau sudah lapar, mau nggak mau kue yang ada di depan mata ludes dalam sekejap. Tapi kalau cari rumah rasanya harus bener-bener teliti dan detail, apalagi kalau carinya rumah yang siap huni atau yang sudah jadi bangunan bukan dalam bentuk tanah.


Tahun 2011, ketika saya pertama kali pindah ke Batam, sempat kaget dengan suasana kotanya. Hampir di setiap sudut kota berdiri banyak perumahan dan ruko (rumah toko), berbeda dengan di daerah tempat saya tinggal dulu, di Jawa. Dimana-mana yang ada rumah perkampungan, mungkin akhir-akhir ini saja yang sudah mulai dibangun area perumahan di perkampungan. Ngomongin soal teman yang sedang galau mencari rumah, sebelum membeli rumah, ada baiknya kita mengetahui tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan atau diketahui.
1. Lokasi
Lokasi menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli rumah. Apakah dekat tempat kerja, alat transportasi terjangkau, daerah kota, daerah rawan banjir atau rawan longsor.
2. Developer
Pilih developer yang terpercaya, bisa langsung tanya ke developer atau lebih aman tanya ke beberapa teman yang sudah pernah membeli rumah. Setidaknya kita bisa memilih nantinya.
3. Survey bangunan
Untuk masalah ini kita bisa tanya yang berhubungan dengan bangunan ke pihak penjual, mulai dari tipe rumah, struktur bangunan, dan lain sebagainya. Atau kalau ingin lebih tau dan kebetulan masih di satu kota yang sama, bisa langsung jalan-jalan dan melihat langsung ke perumahan yang ingin kita beli.

Sekarang ini sudah lebih mudah lagi cari rumah atau properti lewat internet, nggak perlu panas-panasan lagi cari informasi mengenai rumah yang diinginkan. Tinggal klik Lifull.id langsung keluar banyak informasi tentang berbagai macam properti. Lifull.id merupakan website jual beli properti no 1 di Jepang dan sekarang sudah ada di Indonesia. Jadi buat yang sedang mencari properti seperti rumah, apartemen sampai perumahan baru, bisa langsung klik website ini. Karena kita bakal menemukan banyak informasi dan listing properti yang lengkap dan terupdate.

Teman-teman ada yang lagi cari rumah...???

****








13 comments:

  1. Aku... Udah kepikiran ntar punya rumah di mana :(

    ReplyDelete
  2. Wah berguna nih, pas banget lagi butuh biar ^_^....

    ReplyDelete
  3. wah cari rumah skrg mudah banget ya....

    ReplyDelete
  4. asik, cari rumah jadi makin banyak pilihan :)

    ReplyDelete
  5. kirain lifull cuma makanan ya mak produknya

    ReplyDelete
  6. Kalo cari duitnya dulu kemana mak? :p

    ReplyDelete
  7. Banyak pilihan rumah di sana, ya? ^^

    ReplyDelete
  8. Aku coba masukin sampit gak ada info mbak ehehe.
    pengennya beli rumah subsidi di sampit tapi belum nemu developer yang pas hehe

    ReplyDelete
  9. Saya mah blum butuh nyari rmh, tp informasinya bs bermanfaat nih buat tmn2 saya yg lain

    ReplyDelete
  10. jaman dulu kalo cari rumah, cari mobil bekas, cari kerjaan, cari jodoh dari iklan bari di koran. Sekarang semua punya applikasi masing2 yak hehee

    ReplyDelete
  11. cek dulu ah. kali ada yang suka

    ReplyDelete
  12. Makin hari makin mahal harga rumah, anak-anakku entah lah mereka bakal tinggal di mana, hehehe

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah coba nih..cek aaah :)

    ReplyDelete