Wednesday, 11 November 2015

Legitnya Bolu Kemojo



Legitnya bolu kemojo. Baru sebulan tinggal di Batam lagi rasanya sudah kangen sama kue yang satu ini, bolu kemojo. Baiklah, jelajah rasa nusantara kali ini akan mengulas sedikit tentang bolu kemojo. Ada yang tahu bolu kemojo??yang dari daerah Riau pasti sudah nggak asing lagi sama  kue legit yang satu ini. Kue khas Melayu, terbuat dari bahan utama tepung terigu, telur, santan, daun pandan/suji, dll. Yang khas dari bolu kemojo ini identik dengan warna hijau, baunya harum khas pandan, manis, legit menggugah selera hehehe.

Cara pembuatannyapun ada dua versi, ada yang di kukus dan yang sering saya jumpai biasanya di bakar atau dimasak mengunakan cetakan semacam bikang atau martabak. Kalau cetakan martabak kan bentuknya bulat, tapi kalau bolu kemojo ini cetakannya motif bunga. Pertama kali nyobain bolu kemojo pas di Batam, tapi namanya bukan bolu kemojo melainkan bingka, biasanya jadi oleh-oleh juga kalau saya balik ke Jawa. Mungkin yang tinggal di daerah Kalimantan udah nggak asing lagi sama kue ini, kalau di daerah Riau namanya bolu kemojo tapi kalau di Kalimantan namanya Bingka. Pas nyobain di Siak Riau ternyata rasanya nggak jauh beda sama bingka, yaaa...semacam kakak beradiklah hehehe.

Ohya, bolu kemojo ini biasanya dijual dengan varian topping, tapi saya lebih sering makan yang original. Soalnya rasanya udah enak banget, bawahnya gosong krenyes-krenyes. Apalagi kalau dikasih topping keju, yasudahlah dobel enak jadinya hehehe.

Teman-teman ada yang pernah incip bolu kemojo..??


***



33 comments:

  1. jadi penasaran kak, kalo di jawa kayaknya belum ada. salam kenal ya

    http://bukanrastaman.com/

    ReplyDelete
  2. memang dicetak gitu ya Mbak, ada telurnya jadi gurih y

    ReplyDelete
  3. belum pernah..suerr..rasanya aja nggak tau spt apa...nggarai pengen...

    ReplyDelete
  4. belum pernah nyoba. tapi kalo dari teksturnya kelihatannya mirip sama kue lumpur ya?

    ReplyDelete
  5. rasanya pasti enak ,,, mau donk ,,,hehe

    ReplyDelete
  6. belum pernah nyoba mbak...jadi penasaran ma rasanya...

    ReplyDelete
  7. belum pernah coba, tapi dari kelihatannya kayaknya enak :)

    ReplyDelete
  8. wah baru tau deh..bolu kemojo, pastinya enak ya mbaa

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk yang belum tahu kue kemojo ini, jadi pengen nyoba juga :)

    Btw, fotonya cantik :)

    ReplyDelete
  10. klo bolu koja pernah, itu sama ato beda yah? :D

    ReplyDelete
  11. Namanya kok unik banget ya, apa rasanya juga seunik namanya?

    ReplyDelete
  12. Namanya unik sekali ya........ apakah rasanya seunik namanya?

    ReplyDelete
  13. bayangin, krenyes krenyesnya nih mak *lap iler

    ReplyDelete
  14. muantep mbak hana, krenyes2 bawah garing plus atas topping keju, kudu dicoba neh kalau ke riau, ngilerrr..

    mbak foto ne apik2 keren

    ReplyDelete
  15. kok malah ngebet pengin nyicip2 nih cemilan. Bolu kemojo kira2 dijual di kota kecil Kudus gaak ?? *hayooo mbak hmzwan tanggung jawab lho ^_^

    ReplyDelete
  16. Ijonya bikin makin seger, ya. Aku pernah makan bolu, tapi bolune wong njawa. :D

    ReplyDelete
  17. Belom pernah nyicip. Di Bandung ada ga, ya? Google aaaah....

    ReplyDelete
  18. Sejenis bingka.. seperti bingka Ambon itu kah?

    ReplyDelete
  19. Belum pernah coba nih Mbak, pengeeennn.., saya suka boluuu :D

    ReplyDelete
  20. Selain jadi tau dng Bolu Kemojo, jadi terpukau jg dgn foto kecenya si bolu ala mak Hana.. :))

    ReplyDelete
  21. Wah, kalau pas aku main ke Batam dan muter- muter Riau, kayaknya boleh dicoba nih.

    ReplyDelete
  22. Ah .. kebayang pas baca kata "bingka"

    ReplyDelete
  23. Saya belum.. baru denger dan liat juga penampakannya.. mau kalau ada yang ngeshare ke saya hehe

    ReplyDelete
  24. pengen nyobain juga kalau ada yang ngeshare ke sayah hehe

    ReplyDelete
  25. favoriiittttkuuu ini kalo pulkam ke mertua mak :D

    ReplyDelete
  26. Hhhm belum pernah makan, seperti apa ya rasanya. Kalau bingka kan ada seperti pori-porinya ya mbak?

    ReplyDelete
  27. Aku jadi bayangin, apa mirip bolu pandan dengan tekstur yang garing? :D :D

    ReplyDelete
  28. belum pernah nyobain nanti deh kalau kesana beli :)

    ReplyDelete