Skip to main content

Sup Tunjang Enak di Siak

Bismillahirrahmaanirrahim...
Kalau tahun lalu tepatnya akhir tahun 2013-2014 di blog ini ada program  5 blogging days in a week  yang total postingannya ada 161 blogpost, dan itu berakhir di awal tahun 2015, maka tahun ini ada satu program ngeblog baru namanya jelajah rasa nusantara ala HM.  Gaya kali ada program nulis di blog??bukan gaya sebenarnya, tapi mengabadikan dan menghabiskan waktu dengan sebaik-baiknya dengan menulis di blog *uhhuk*.  Atas nama pengangguran, jadi harus pintar-pintar memanfaatkan waktu nganggurnya. Atas nama loncat-loncat dari satu tempat ke tempat yang lain, mau tidak mau banyak hal yang menurut saya harus diabadikan di blog, salah satunya melalui makanan yang pernah saya cicipi di daerah yang pernah saya singgahi *eaaaa*.  Maka dari itu, hari ini untuk pertama kalinya jelajah rasa nusantara dibuka, genjreng genjreng....hahaha. Yuk, mari perkenalkan sup tunjang, sup yang terkenal di daerah Pekanbaru dan sekitarnya, termasuk Siak.

Judulnya cetar banget ya hehe, sup tunjang enak di Siak. Enak di lidah suami, artinya enak banget di lidah saya hehe, beberapa kali beli di tempat lain rasanya biasa, ini baru enak di angka 8. Ada yang belum tahu sup tunjang??jadi, sup tunjang itu sup yang terbuat dari bagian kaki sapi, jadi minim sayur seperti sop pada umumnya, isinya hanya daging dan tulang sapi. Sejak tinggal di Siak, saya sempat penasaran, karena dimana-mana jika bertemu dengan warung pasti ada tulisan sup tunjang. Sampai pada akhirnya untuk pertama kali saya menikmatinya di daerah jalan raja kecik, rasanya biasa, jadi lumayan kecewa padahal penasaran banget. Satu siang suami mendadak mengajak saya makan siang di luar. Tepatnya di warung masakan padang, di sebelah kiri jalan masuk ke hotel yasmin. Satu mangkok harganya Rp 23.000, sempat kaget pas saya bayar, kok murah. Karena pas pertama kali mencicipi sup tunjang harganya perporsi Rp 25.000, itupun mangkok dawet dan rasanya kurang. Tapi yang ini perporsinya satu mangkok cap ayam jago, mangkok zaman dahulu yang masih eksis sampai sekarang, tulang dan dagingnya banyak, rasanya, aduhai, rempah-rempahnya juara. Endiang brambang banget, recomended pokoknya kalau jalan-jalan ke Siak-Riau. Ohya, bukanya jam 9an sampai sore, jadi silahkan makan siang disana, perkedel jagungnya juga enak, kayak perkedel jagung orang jawa hehe, mantap.

Note
Jangan heran, karena warungnya tidak ada tulisan sup tunjang tapi ada tulisan print "ada sup" yang sudah luntur. Warungnya sederhana tapi ramai, depan jalan raya dan sungai Siak. Tidak ada tempat parkir tapi bisa parkir di tanah lapang tepat di belakang pos satpam atau sebelah kiri (dari arah SMA 1) jalan masuk ke hotel yasmin.
Semoga bermanfaat.

Tempat :
Warung nasi padang tepat sebelah jalan masuk ke hotel yasmin, daerah turab atau warung depan sungai Siak.
Buka pagi sampai sore.
Harga sup tunjang perporsi Rp 23.000

****

Comments

  1. Ya Allah mbak, itu mah enak banget kaliii...duh napa sih harus ada gambar itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalo nggak ada gambar,kurnag nendang mbak hahaha

      Delete
  2. aduh mengoda sekali itu penampakan kuahnya... slurp...

    ReplyDelete
  3. Wah kayaknya enak bingits ya Mba.. Udah lama ga makan tunjang semenjak nggak tinggal di Padang XD

    ReplyDelete
  4. sluuurrppp...anget2 enak banget nih pasti makan ini. nambah ping piro Mb Is? ;)

    ReplyDelete
  5. Hadooohhh maaaaakk, menggodaaahhhhh

    ReplyDelete
  6. Waduh, wes ngiler, Mba.
    Hujan-hujan maem ini anget2 apalagi pedes. Mantep tenan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mbak hehehe,pedes2 anget seger gitu

      Delete
  7. OMG, bikin ngiler! Pengennnn... tapi lagi diet :(

    ReplyDelete
  8. Hmm... wenak mbak. Kalo di Jogja sini sop ayam everywhere :D

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nyoba sup tunjang..saya tuh suka agak geli kalo soal kaki ayam, kaki sapi dsb. tapi kaki ayam udah mulai suka, apalagi kalau masaknya sampe empuk :)

    ReplyDelete
  10. mak, itu ditambah sambel rawit 3 sendok pasti mantap ya rasanya. kalau bahasa sundamah "seuhah" :D

    ReplyDelete
  11. Hmm..enaknya. Padahal abis dinner, jadi lapar lagi. Maju terus kuliner Riau

    ReplyDelete
  12. Jadi bisa minta ditraktir, neh, kalau ke Siak? Hasyekkkkk ^_^

    ReplyDelete
  13. Murah meriah dan (sepertinya) lezat ya. Asyiiiik. Kapan nih review makanan vegetariannya? :D

    ReplyDelete
  14. jika diperhatikan dengan teliti dan seksama sup tunjang Siak ini mirip dengan Sop Janda Cibitung- Bekasi deh kak.

    ReplyDelete
  15. Mbak....kok jadi laper lagi ya? padahal habis sarapan lho... #eh

    ReplyDelete
  16. Sluuurp segeer, dimaem anget di kala hujan dan flu :)

    ReplyDelete
  17. enak banget sup nya mbak ... nyam nyum

    ReplyDelete
  18. Potongan tomatnya itu lho, tambah bikin seger yo kayanya :D

    ReplyDelete
  19. siang panas gini mantabnya menyantap sup ini..

    ReplyDelete
  20. enyaaaak banget , liat gambarnya sampai ngeces

    ReplyDelete
  21. Enaaaaaaaaaaaaak banget kayaknya, jadi laper :9
    Semoga kalo mampir ke riau, bisa nyobain ini juga :))

    ReplyDelete
  22. waduuh...jadi mupeng pengen ke Siak!
    lapeeeerr, tanggung jawab, ajakin kesinih Maak !

    ReplyDelete
  23. aduuuuuuh...ngenceees kelas beraaat heehehehe...kayaknya enak bangeeet ya maak...kebayang kuahnya yang kental dan super segaar. Saya harus mengurangi makan begini siih, tapi tetep aja tergodaa hehehe

    ReplyDelete
  24. haduhh... penasarannn.... bulan lalu ke pekanbaru, kalau tau mungkin bisa nyebrang ke siak ya... #ehdeketnggaituh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaalo nail speed 2 ajam'an kalau naik mobil atau darat 2,5-3 jam'an mbak^^

      Delete
  25. HARGA per porsinya 23 ribuan cukup terjangkaulah
    Cukup murah. Rata rata harga SOP seperti itu di kisaran 20 ribuan per porsi

    ReplyDelete
  26. ngileeer, manaa sopnya fotonya kena bgt

    ReplyDelete
  27. Nigller sopnya nampak sangat yummii..indomie mana indomie hihihi..

    ReplyDelete
  28. Cucok ya ujan2 makan ini, segeeerrrr ;)

    ReplyDelete
  29. Mbak kayaknya harus dilarang foto deh, selalu aja hasil fotonya itu bagus dan kalau makanan pasti bikin laper.

    ReplyDelete
  30. Mauuu ...bikin ngiler mak ..kapan ya ke siak

    ReplyDelete
  31. Salah banget baca blog Mbak hujan-hujan begini. Mau sup Tunjang itu ... hiks tapi nyari di sini di mana? Hiks

    ReplyDelete
  32. malam-malam mendadak lapar lihat postingan ini

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say