Thursday, 11 December 2014

Binatang Liar Dimana-mana

Sampai usia menginjak angka 30 tahun, saya baru lihat secara langsung beberapa binatang liar dengan mata kepala sendiri. Waktu masih di Jawa, lihat berbagai binatang liar di kebun binatang, kalau di lingkungan ngga pernah. Maksimal dan paling mentok lihat ular, itupun buru-buru lari dan menjauh. Yaelah, lihat ular aja langsug lari, lha wong lihat kucing aja udah keder sendiri dan teriak-teriak hehehe. Sejak tinggal di Riau yang notabene daerahnya sekian persen masih hutan, mau nggak mau mentalnya harus mental baja. Mau ngga mau lo ya, tapi tetep kalau mendadak dideketin kucing, spontan kaget dan teriak hahaha.

Monyet
Ini binatang benar-benar fenomenal disini, di hutan kota banyak banget monyet. Sebenanya nggak di hutan kota aja tapi di tempat-tempat yang tanamannya masih rimbun dan pohonnya tinggi-tinggi. Ada satu tempat dimana setiap sore monyet-monyet di hutan kota keluar hutan semuanya dan memilih duduk cantik di pinggir jalan, biasanya warga setempat sengaja ngasih makanan buat monyet-onyet tesebut. Kalau nggak percaya, silahkan aja ke Siak Riau, jalan sore hari pukul 17.00 tepatnya di deretan jalan raja kecik, kalau dari jalan dr sutomo setelah rumah sakit Siak. Sebaliknya, kalau dari sebrang setelah rumah dinas pak Bupati. Bukan hanya disitu sih sebenarnya, di dekat pasar juga pernah lihat monyet kejar-kejaran dan sebagian gelantungan keren gitu, di daerah sebrang setelah jemabatan biasanya jalan ditiang listrik. Banyak deh pokoknya.

Biawak
Ini nih binatang liar yang bener-bener selalu bikin merinding dan mikir yang nggak-nggak kalau habis lihat langsung hehehe. Bentuknya mirip banget sama buaya, kakak adik pokoknya. Selain monyet, biawak juaga merajalela disini, dimana-mana selalu ada biawak. Pernah dikagetin sama biawak pas buang sampah di depan kos lama, kebetulan di depan kos ada got, nggak tau tiba-tiba air dama biawaknya gerak gitu, saya langsung teriak ular. Dan semua anak kos dan ibu kos keluar, eh pas dilihat suami, ternyata biawak hahaha. Pernah juga pas jalan sore, mendadak dikagetin biawak di pohon dekat jalan raya, lumayan gede biawaknya. Terakhir, beberapa hari yang lalu saya dengar suara orag jalan di kebun belakang kontrakan, jalannya pelan tapi bikin penasaran, pas saya lihat dari jendela ternyata biawaknya gede bangettt, panjang satu meter. Aarrghhhh, merinding banget pokoknya.

Babi 
Kemarin pas jalan sore, mendadak suami teriak-teriak "dek babi dek...". Iya, ada tiga babi kecil sedang lari terbirit-birit dari jalan raya masu ke jalan gang, sampai akhirnya mereka masuk di daerah rimbun. Ini pertama kalinya saya melihat babi dengan mata kepala, sebelumnya tidak pernah lihat, bahkan di kebun binatangpun saya nggak lihat. Kata suami itubabinya kecil, wakz, padahal menurut saya itu besar lo, gimana yang gedenya ya.

Sebenarnya ada beberapa lagi, tapi yang benar-benar berkesan menurut saya tiga diatas. Ngeri-ngeri sedap ya??banget, ternyata pindah ke kontrakan baru dapat suasana dan pengalaman baru juga. Setiap malam dan pagi selalu mendengar suara wak wak wak wak wakkk dari dalam pohon rimbun di belakang rumah. Seru ya??banget hehehe, seru-seru gimana gitu, untungnya ini di daerah kota. Jadi sempat mikir, gimana yang benar-benar tinggal di daerah hutan sawit dan hutan rimbun ya??apapun itu, semoga kita selalu dalam lindunganNya aamiin.

Pernah punya pengalaman serupa??

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan


30 comments:

  1. Huah... namanya juga tinggal di pulau yang masih banyak belantaranya :D seru dong! :D
    Kalo aku sih takut ama babi. Sedikit geli sih kalo liat asli, kalo kartun enggak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja yg lihat jauh ngeri2 gimana gitu hehehe

      Delete
  2. huaaa...
    pernah jg ketemu biawak mbak, pas tinggal di ciledug. pdhl ya dah kota lho. cuma mmg belakang perumahan itu oro-oro gitu. biawaknya jalan di atas tembok pager bumi. srekkk...srekkk...kirain orang nyeret apaa gitu. pas lihat cuma bisa diem aja saking kaget n takut. mau motret jadi lupa pdhl dah pegang hp. dua kali tuh mbak aku dikunjungi biawak. gede, panjang 1 meteran deh. mirip komodo kl menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...merinding kalo lihat binatang yg mirip2 buaya,komodo sama biawak ya mb hehe

      Delete
  3. Belakang rumahnya serem amat, mbak Hanna. Depan rumahku jg sering ada ular, musang, dan elang, tapi kalo babi sih amit-amit ya... hati2 babi hutan mah galak yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk,daerahnya emang masih banyak rawa2 gitu hehe

      Delete
  4. Duh! seru bangeeett!! saya kepengen bisa pindah-pindah kayak Mbak Zwan. Pengalamannya banyak. Saya bakal bikin buku ttg daerah yg saya tempati, dari manusia sampai makanannya. Pantess Blog ini resepnya unik-unik. Love it! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbk,seru banget rasanya hehe.makasih mbk^^

      Delete
  5. Wah....kalau saya justru udah akrab sama binatang-binatang begituan Mbak... apalagi biawak, dulu sering banget makan ayam yang dipelihara Bapak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya??hehehe...ngeri juga ya mbk ^^

      Delete
  6. yang aku takutin cuma baby mbak,,,gimana kalo pas nyeruduk hiks nggak kebayang deh :(

    ReplyDelete
  7. Idih, ngeri banget maakk..
    Kalo sy di sana bakal takut banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...takut juga tapi gimana lagi hehe

      Delete
  8. Wah, seru lihat binatang liar ya. Kalau manusia dan binatang bisa hidup berdampingan kan keren sekali, hihihi. Aku sih paling pernahnya waktu lagi beres-beres nemu ular di bawah bantal. Tapi langsung dilepas ke taman, soalnya ular daun gak berbahaya, hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,paling seneng itu kalo pagi,banyak denger suara burung2 yang indah mba^^

      Delete
  9. wahh, hewan itu selalu kutemui. tapi kalo di toraja sulsel malah ada pasar babi kak.. hehe

    ReplyDelete
  10. Waah,. Saya juga mesti harus siap mental kalau harus ditakdirkan ke sana.
    Pernahnya cuman tinggal di desa terpencil kaltim
    Satu monyet saja di belakang rumah ngetuk-ngetuk pintu udah panik..hehe..
    Maklum waktu itu baru lihat monyet langsung :F
    Btw, salam kenal. Blognya saya follow yah, kalau berkenan follow balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah diketok2??hehehe nggak kebayang gimana seremnya ya hehe

      Delete
  11. duh mak... saya mah liat ular sawah aja udah shock :D

    ReplyDelete
  12. waktu di lampung, aku pernah liat 3 binatang itu mak...di belakang kantor di Jakarta biawak juga masih banyak lhooo walaupun ngg besar...kalau di sini yang banyak tupai lucuuu mak...pernah liat rusa juga melintas waktu jalan agak ke hutan...cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tupai,wah itu mah lucu banget ya mak hehe..

      Delete
  13. Penasaran sama si babi, Is.. ;)

    ReplyDelete
  14. Kalau di :Pontianak sendiri khususnya tiga jenis satwa liar itu jarang saya temui. Biawak, Monyet dan Babi jarang keliatan. Mungkin di luar kota Pontianak, mungkin di daerah pada khususnya, banyak dijumpai ke tiga hewan tersebut khususnya Babi

    ReplyDelete
  15. saya paling geli lihat anjing dengan babi
    oya tikus walau kecil kena hati2 krn kencing tikus kena makanan sangat berbahaya

    ReplyDelete
  16. Haduuuh jangan sampe aku ketemu ular atau biawak, Maaakk. *mules kejet-kejet* Jiwa travelingku nol. :p

    ReplyDelete
  17. wew... jadi nih back to nature nih..hehe
    wah ada babi juga..aku jadi penasaran pngn lihat babi..
    babinya besar gk mbak?hehe

    ReplyDelete