Tuesday, 9 September 2014

Sego Gurih Lawuh Bebek

Assalamu'alaikum...
Pagi ini lumayan mendung, jadi udaranya seger banget. Kalau udah dingin kayak gini jadi males masak hahaha, apa hubungannya coba. Kapan hari pingin banget sego gurih atau nasi gurih buatan ibu, berhubung jauh, jadi siangnya saya bikin sego gurih. Sebenarnya cara membuat sego gurih itu sama persis dengan nasi kuning rempah-rempahnya, cuma kalau nasi kuning tinggal di kasih kunir aja, sedangkan sego gurih tidak. Saya suka banget sama sego gurih dan nasi kuning, harumnya itu loh, sedap dan nikmat rasanya. Biasanya kalau ibu masak nasi kuning, lawuh atau lauknya ayam bumbu kuning dan sambel goreng tahu tempe basah. Kali ini saya masak sego gurih lauknya bebek goreng bumbu lada hitam, kebetulan sehari sebelumnya saya beli bebek dimasak bumbu lada hitam pedas, beberapa saya sisihkan untuk di goreng. Nggak mungkin juga kan satu ekor bebek habis dalam satu hari untuk berdua hehe.
 SEGO GURIH

Bahan :
Beras 3 gelas (gelas magicom)
Santan 1 bungkus 
Daun salam 2 lembar
Sereh 2 batang, geprak
Garam 1 sdt
Air secukupnya

Cara memasak:
Cuci beras sampai bersih, masukkan semua bahan, masak tunggu sampai matang.
Jika sudah matang, aduk perlahan, nasi sudah siap untuk dihidangkan.

Lawuhnya ada bebek goreng bumbu lada hitam yang sudah saya ungkep sebelumnya, tinggal goreng saja. Sayurnya ada wortel, kol, toge yang saya tumis. Satu lagi yang tidak ketinggalan, sambel goreng tahu tempe pedas, rasanya...heummm,yummie. Ladziz jiddan alias endiang brambang, pas banget sego gurihnya. Silahkan dinikmati hehehe, semoga bermanfaat..
 
PS: ohya, ini buat mbk Idah. Kapan hari sempat komen, sego gurih itu yang gimana sih kak??ini dia jawabannya ^^.

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

32 comments:

  1. Hmmm.pagi2 disuguhin ginian. Nyam-nyam. Nasi uduk ya mak nama lainnya? Salam kenal. Ridha di Balikpapan. ^^

    ReplyDelete
  2. gleeekk...pagi2 blm sarapan liat ini langsung periiihh perutku :D

    ReplyDelete
  3. maknyuuss banget keliatannya...*jadi mupeng! :)

    ReplyDelete
  4. Maknyusss bngt kelihatannya,Mak...*Jd mupeng! :)

    ReplyDelete
  5. Kemecerrrrr... daku bacanya udah yang ngileerrrr gitu mak....

    ReplyDelete
  6. Mak, daku pengen banget masak bebek tapi takut amis dan alot..
    Resep biar gak amis dan alot gimana ya?

    ReplyDelete
  7. enaknyaaa... ngiler siang-siang gini, is :)

    ReplyDelete
  8. Kalo liat gambarnya bikin ngiler, kalo aslinya kayaknya ngk suka sama daging bebek. hehe

    ReplyDelete
  9. untungnya barusan udah makan siang, jadinya ga ngiler lagi dch :-)

    ReplyDelete
  10. sego gurih itu sama dgn nasi uduk kan? :)

    ReplyDelete
  11. Wooohhh...senengane kok nggawe ngiler wong ae lo arek iki :(

    ReplyDelete
  12. jadi pengen ....

    btw fotonya keren banget

    ReplyDelete
  13. mauuuuu, aku belum makan nih

    ReplyDelete
  14. ditambah taburan bawang goreng plus sambal bajak...mantep pisan uey...!

    ReplyDelete
  15. Kalau ada dekat rumahku pasti jadi langganan

    ReplyDelete
  16. hmm........ wenak tenak rek .... ra kemedep iki ndelok iku ...hehehe

    ReplyDelete
  17. duh bebek. Daging bebek lebih gurih ya daripada ayam cuma ngrebusnya itu lho yang males. Lamaaa....

    ReplyDelete
  18. My brother suggested I would possibly like this website.

    He was once totally right. This submit truly made my day.
    You can not believe simply how so much time I had spent for this information! Thanks!



    Feel free to visit my web site; buy viagra online

    ReplyDelete
  19. kurang sambelnya,,,tambah dikit,,,langsung jossss

    ReplyDelete
  20. duhhh nasinya kelihatan gurih banget bikin ngences ! hehehehe

    ReplyDelete
  21. walaaawh ini sih sedep pake bingits....enaaak...enak...enaaaak.....

    ReplyDelete
  22. haduhhh pengen nasi gurihnya... eh mbak masak bebek lama yaaa :p

    ReplyDelete
  23. Bebeeeekk! Kesukaanku! Tapi di sini harganya 20.000 per potong, Kak, kalo bebek. :)

    ReplyDelete
  24. Kalau di Cilegon sebutan sego itu untuk nasi goreng lho mak..

    ReplyDelete
  25. boleh dicoba nih mak, sipp maknyuusss

    ReplyDelete
  26. sego gurih tuuh kayak nasi uduk ya maaak...kesukaan anak2ku niiih...masaaak aaah hari iniiii :)

    ReplyDelete