Tuesday, 9 September 2014

Sego Gurih Lawuh Bebek

Assalamu'alaikum...
Pagi ini lumayan mendung, jadi udaranya seger banget. Kalau udah dingin kayak gini jadi males masak hahaha, apa hubungannya coba. Kapan hari pingin banget sego gurih atau nasi gurih buatan ibu, berhubung jauh, jadi siangnya saya bikin sego gurih. Sebenarnya cara membuat sego gurih itu sama persis dengan nasi kuning rempah-rempahnya, cuma kalau nasi kuning tinggal di kasih kunir aja, sedangkan sego gurih tidak. Saya suka banget sama sego gurih dan nasi kuning, harumnya itu loh, sedap dan nikmat rasanya. Biasanya kalau ibu masak nasi kuning, lawuh atau lauknya ayam bumbu kuning dan sambel goreng tahu tempe basah. Kali ini saya masak sego gurih lauknya bebek goreng bumbu lada hitam, kebetulan sehari sebelumnya saya beli bebek dimasak bumbu lada hitam pedas, beberapa saya sisihkan untuk di goreng. Nggak mungkin juga kan satu ekor bebek habis dalam satu hari untuk berdua hehe.
 SEGO GURIH

Bahan :
Beras 3 gelas (gelas magicom)
Santan 1 bungkus 
Daun salam 2 lembar
Sereh 2 batang, geprak
Garam 1 sdt
Air secukupnya

Cara memasak:
Cuci beras sampai bersih, masukkan semua bahan, masak tunggu sampai matang.
Jika sudah matang, aduk perlahan, nasi sudah siap untuk dihidangkan.

Lawuhnya ada bebek goreng bumbu lada hitam yang sudah saya ungkep sebelumnya, tinggal goreng saja. Sayurnya ada wortel, kol, toge yang saya tumis. Satu lagi yang tidak ketinggalan, sambel goreng tahu tempe pedas, rasanya...heummm,yummie. Ladziz jiddan alias endiang brambang, pas banget sego gurihnya. Silahkan dinikmati hehehe, semoga bermanfaat..
 
PS: ohya, ini buat mbk Idah. Kapan hari sempat komen, sego gurih itu yang gimana sih kak??ini dia jawabannya ^^.

***
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

44 comments:

  1. Hmmm.pagi2 disuguhin ginian. Nyam-nyam. Nasi uduk ya mak nama lainnya? Salam kenal. Ridha di Balikpapan. ^^

    ReplyDelete
  2. gleeekk...pagi2 blm sarapan liat ini langsung periiihh perutku :D

    ReplyDelete
  3. maknyuuss banget keliatannya...*jadi mupeng! :)

    ReplyDelete
  4. Maknyusss bngt kelihatannya,Mak...*Jd mupeng! :)

    ReplyDelete
  5. Kemecerrrrr... daku bacanya udah yang ngileerrrr gitu mak....

    ReplyDelete
  6. Mak, daku pengen banget masak bebek tapi takut amis dan alot..
    Resep biar gak amis dan alot gimana ya?

    ReplyDelete
  7. enaknyaaa... ngiler siang-siang gini, is :)

    ReplyDelete
  8. Kalo liat gambarnya bikin ngiler, kalo aslinya kayaknya ngk suka sama daging bebek. hehe

    ReplyDelete
  9. untungnya barusan udah makan siang, jadinya ga ngiler lagi dch :-)

    ReplyDelete
  10. sego gurih itu sama dgn nasi uduk kan? :)

    ReplyDelete
  11. Wooohhh...senengane kok nggawe ngiler wong ae lo arek iki :(

    ReplyDelete
  12. jadi pengen ....

    btw fotonya keren banget

    ReplyDelete
  13. mauuuuu, aku belum makan nih

    ReplyDelete
  14. ditambah taburan bawang goreng plus sambal bajak...mantep pisan uey...!

    ReplyDelete
  15. Kalau ada dekat rumahku pasti jadi langganan

    ReplyDelete
  16. hmm........ wenak tenak rek .... ra kemedep iki ndelok iku ...hehehe

    ReplyDelete
  17. I have read several just right stuff here. Definitely value bookmarking for
    revisiting. I wonder how so much effort you set to create this sort of great informative site.


    Feel free to visit my blog boom beach ios hack

    ReplyDelete
  18. Hi there, yup this article is really nice and I have learned lot of things
    from it concerning blogging. thanks.

    Feel free to visit my web site Duplicate File Finder

    ReplyDelete
  19. Prove yourself to your question and answer these
    questions:What were my toilet original childhood career hopes and dreams cascade into the night, and not a lucrative career option. The three-day visit by Clinton and the painter Miriam Schapiro relocated
    toilet the program works since some persons got positive resuls after using thhe
    spreadsheet method.

    Stop by my webpage: more info

    ReplyDelete
  20. When someone writes an article he/she retains the plan of a
    user in his/her brain that how a user can understand
    it. Therefore that's why this piece of writing is outstdanding.

    Thanks!

    Here is my web-site; jailbreak iphone ios 8

    ReplyDelete
  21. I just couldn't go away your website before suggesting that I extremely loved
    the standard information an individual provide on your guests?

    Is gonna be again frequently in order to check up on new posts

    Also visit my site cheap uk hosting wordpress

    ReplyDelete
  22. duh bebek. Daging bebek lebih gurih ya daripada ayam cuma ngrebusnya itu lho yang males. Lamaaa....

    ReplyDelete
  23. My brother suggested I would possibly like this website.

    He was once totally right. This submit truly made my day.
    You can not believe simply how so much time I had spent for this information! Thanks!



    Feel free to visit my web site; buy viagra online

    ReplyDelete
  24. kurang sambelnya,,,tambah dikit,,,langsung jossss

    ReplyDelete
  25. duhhh nasinya kelihatan gurih banget bikin ngences ! hehehehe

    ReplyDelete
  26. Nice post. I was checking constantly this weblog and I am impressed!
    Very helpful information particularly the closing part
    :) I maintain such information much. I was looking for this particular information for a very
    lengthy time. Thank you and good luck.

    Feel free to visit my site: Green Coffee Bean max

    ReplyDelete
  27. Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that it is really informative.
    I am going to watch out for brussels. I'll be grateful if you continue this in future.

    A lot of people will be benefited from your writing.
    Cheers!

    Feel free to visit my blog; musclecoop

    ReplyDelete
  28. walaaawh ini sih sedep pake bingits....enaaak...enak...enaaaak.....

    ReplyDelete
  29. haduhhh pengen nasi gurihnya... eh mbak masak bebek lama yaaa :p

    ReplyDelete
  30. If you would like to grow your know-how only keep visiting this web
    page and be updated with the most up-to-date news update posted here.



    Here is my website ... http://valkyrjagc.org/index.php?mod=users&action=view&id=18853 (degisimyapi.com.tr)

    ReplyDelete
  31. I'm really enjoying the design and layout of your
    website. It's a very easy on the eyes which makes it much more pleasant
    for me to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme?
    Exceptional work!

    Have a look at my web page: garcinia weight loss

    ReplyDelete
  32. Greetings! I've been reading your web site for a long time
    now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Houston Texas!
    Just wanted to tell you keep up the good job!

    My blog: am thuc viet nam

    ReplyDelete
  33. Hey there, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, terrific blog!

    Review my weblog weight loss plateau

    ReplyDelete
  34. It's important to note that no money is
    taken from John's commissions to pay your bonus, this should come from the companies commission pool generated through product sales.
    You can explicitly target your product or service to individuals of
    a certain age, gender,marital status, or geographic location. In time, the
    idea took root and network marketing began to be developed.


    Take a look at my site Xplocial (http://registro.ibercivis.es/)

    ReplyDelete
  35. Bebeeeekk! Kesukaanku! Tapi di sini harganya 20.000 per potong, Kak, kalo bebek. :)

    ReplyDelete
  36. Kalau di Cilegon sebutan sego itu untuk nasi goreng lho mak..

    ReplyDelete
  37. boleh dicoba nih mak, sipp maknyuusss

    ReplyDelete
  38. sego gurih tuuh kayak nasi uduk ya maaak...kesukaan anak2ku niiih...masaaak aaah hari iniiii :)

    ReplyDelete