Tuesday, 23 September 2014

Asam Pedas Kakap Merah

Asam pedas, iya...saya kira dulu bumbu-bumbunya nggak sepepek (Jawa:komplit) itu, hanya bawang merah, bawang putih, cabe merah, plus saos tomat. Ternyata salah pemirsah, enaknya ngekos satu atap sama ibu kos itu bisa tanya berbagai bumbu masakan, apalagi kalau ada nenek, aje gile senengnya. Kapan hari beli kakap merah di pasar, lumayan seger banget, jadi ambil 3 ekor ukuran sedang yang satu besar. Sering lihat ibu kos masak ikan patin asam pedas, akhirnya kepikiran bikin asam pedas, kan enak tuh kepalanya disesep, assekk. Ohya, kali ini batang serehnya saya ulek jadi satu sama bumbu lainnya, kalau di geprak kan dibuang, sayang banget. Dan satu lagi, pakai daun kunyit ya, diikat aja biar makin sedap dan mantap.

ASAM PEDAS KAKAP MERAH
Bahan :
  1 ekor kakap merah ukuran besar, ditambah kepala 1
1 lembar daun kunyit
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
3 sdm perasan jeruk nipis
1 ruas jahe, geprak
Air
Garam
Gula 
Kaldu ayam

Bumbu halus :
6 bawang merah
3 bawang putih
5 cabai rawit
5 cabai merah
3 kemiri
1 batang sere iris tipis (batang putih)
1 buah tomat

Cara memasak :
Tumis bumbu halus, masukkan berbagai daun, jahe dan bumbui, tunggu sampai harum, lalu masukkan air secukupnya.
Jika sudah mendidih, masukkan ikan, tunggu sampai matang.
Masukkan air jeruk nipis, incip sampai rasanya pas. Angkat, hidangkan.

Alhamdulillah rasanya endes, enak banget kayak masakannya nenek (ibunya ibu kos). Apalagi kepalanya, adududu pas banget, krokot-krokot nyesep-nyesep, endes banget poko'e pemirsah. Bisa diganti ikan mas atau ikan yang modelnya kayak ikan mas dan kakap. Silahkan di coba, semoga bermanfaat.

***
23 september 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

32 comments:

  1. Waduh...saya dan istri biasa masak ini lho. Cuma biasanya saya tambahkan daun jeruk purut. Trus beli kepalanya di TPI Pantai Kenjera Surabaya. 10k sudah dapat sekresek.

    ReplyDelete
  2. Ini udah mulai kangen masakan Riau. Udah beberapa rumah makan didatengi, yang ngakunya RM Padang tapi rasanya masih jauh dari nasi rames Riau yg kaya rempah. Apalagi ikan begini nggak ada di pasar. Adanya yg udah beku gitu di supermarket, mahak huhuhuhuu

    ReplyDelete
  3. nyomnyom mbak ngeces mbak liat kepala ikan, di sini jarang ikan seger gede2 gitu kudu ke pasar ikan dulu yang jauh, lalallala.....

    Foto jepretanne emang joss markotop :D

    ReplyDelete
  4. ngiler mbak.,. bumbunya duhaiiii menggoda untuk didulit... hihi

    ReplyDelete
  5. waduhhhh... ngiler sayah liat foto'y,slruupppp...! :D,kpn2 sy praktekin mak,kebetulan suami sukaaa bgt makan ikan...

    ReplyDelete
  6. Pedas ya? Kesukaan mama :)
    Apalagi ikan kakap, pas bgt! Trims resepnyaaa.. kapan2 masak ini ah

    ReplyDelete
  7. asam pedas kakapnya bikin kalap mbak :D hehee
    kalo chika krn orang minang biasanya asam pedas disebut asam padeh, tapi gx pake tomat kalo ala padangnya, diganti ama asam kandis atau belimbing wuluh hehe

    ReplyDelete
  8. kayaknya enak..tapi ga suka pedas heehe
    bisa bikin versi ga pedas ya

    ReplyDelete
  9. Kalau dirumah sih biasanya makan kakap merah :-D

    ReplyDelete
  10. belum pernah masak kakap nih mak, patut dicoba :)

    ReplyDelete
  11. mak aku suka kakap pedas gini..
    bentar lagi mau ngunjungin suami di pulau sebrang, hmm bs jd referensi resep nihh..maacih maaak :)

    ReplyDelete
  12. aku ket mau ngeces mbak,,,,kuahnya bener2 menggoda,,,

    ReplyDelete
  13. Wah, ini mah wajib dicatet, secara aku penggemar asam pedas. Intan juga pasti senang nih kalo pulang akhir pekan makan masakan asam pedas buatan Uminya. Trims, resepnya, Mak! :)

    ReplyDelete
  14. Kakap nya siap di lahap.. Hap!!
    Yaa.. Gk dapat :-(

    ReplyDelete
  15. DIganti ikan patin enak gak ya ...

    ReplyDelete
  16. Hihi...bahasa nya itu loh..endes-endes...ga ngerti. Tp. Liat gambar nya...mmm...pasti uenak bgt mak..

    ReplyDelete
  17. wew...jadi Lapeeerrr, catet..catet :D

    ReplyDelete
  18. Tempat bumbunya itu bekas tempatnya telur ya Mbak kok ada lubang bulat-bulatnya *salah fokus* haha..
    Lihat penampakannya hmm endes tenan koyoke :D

    ReplyDelete
  19. enak banget ki klo iwake diganti tempe tahu xixixixiii... maap ga doyan iwak soale mba :)

    ReplyDelete
  20. Kayanya enak sekali ni kalo dibikin santapan makan mlm sama keluarga hhe..

    ReplyDelete
  21. Fotonya Menggoda Bangettttttt :D

    ReplyDelete
  22. dilihat dari tekstur nya, kelihatan rasanya pasti maknyus ya mas :)

    ikutan lomba yuk di situs dicuekin.com :)

    ReplyDelete
  23. Seger kayaknya, tapi nggak kebayang pedasnya, hahaha.

    ReplyDelete
  24. wohh mantap.. aku biasanya kakap cuma dibakar, lain kali coba ahhhh :)
    Fotonya makin bagus mbakkk :)

    ReplyDelete
  25. warna merahnya menggairahkannnn. Slruuphh...

    ReplyDelete
  26. Gambarnya aja udah bikin ngiler Mak Hanna :D

    ReplyDelete
  27. bikiinn ngileerrr.... ngebayangin si kakap merah di asam pedas-in sluurrrppp..pengen coba buat juga deh

    ReplyDelete
  28. asliiii ngiler berat....kuahnya pasti segeeer bangeet ya mak

    ReplyDelete
  29. Makanan pedas identik dengan minyak, untuk itu diperlukan packaging makanan yang benar untuk mewadahi menu tersebut agar minyak berlebih tidak kemana-mana. Salah satu packaging makanan yang bagus adala Greenpack. Terbuat dari kertas namun mampu menampung air ataupun minyak.

    ReplyDelete