Tuesday, 5 August 2014

Tradisi Maleman Menyambut Hari Fitri


Sehari menjelang lebaran, di Jawa ada sebuah tradisi namanya maleman. Masak banyak untuk dibagi-bagikan (weweh) ke tetangga dan saudara dekat dengan menggunakan wadah rantang (wadah sejenis aluminium yang dijinjing), atau bisa lebih simpel yaitu menggunakan kotak nasi. Sebagian untuk kenduri di mushola setelah shalat maghrib. Ada juga yang membagi-bagikan satu kotak besar berisi berbagai macam kue basah, atau satu paket kue lebaran.

Nah, maleman ini juga ada di Siak. Beda daerah tentunya beda nama atau sebutan, bukan maleman tapi masak-masak besar hehe. Bagi sebagian orang yang keturunana Jawa-Medan, ketika saya bilang maleman, spontan mereka mengerti. Jika di Jawa tradisi maleman identik dengan weweh, maka disini tidak, masak-masak untuk dimakan sendiri. Atau jika mempunyai hajat (misalnya khataman atau slametan menyambut ramadhan atau Ied Fitri), makanan tidak diantar ke rumah-rumah tapi mengundang warga atau kerabat untuk menikmati makanan di rumah sang punya hajat.

Kebetulan saya kemarin sempat menikmati sepiring nasi maleman buatan ibu kos, ada nasi kuning, rendang ayam, mi jagung goreng dan sambal tempe teri pedas. Alhamdulillah, rindu nasi kuning terobati sudah.
Adakah tradisi maleman di rumah teman-teman??

                                                                               ***
                                                                       5 agustus 2014
                                                            hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

31 comments:

  1. Kering tempenya menggoda, pagi2 baca ini jadi laper.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi....iya mbk,enak banget masakan ibu kosku nih :)

      Delete
  2. wahh cocok tuh buat anak kos, hehe.. kalo di tempatku tidak ada tradisi gitu mbak ^^

    ReplyDelete
  3. Di tempat saya, maleman biasa berlangsung menjelang malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan.

    ReplyDelete
  4. aduuuhhh ngiler habis nih liat nasi kuning dkk....Puas dong makan nasi kuningnya bu gulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. puas bangettt,pulen banget soalnya hehe

      Delete
  5. tradisinya pasti ngumpul2,,,kalo makanan sih nggak terlalu mbak,,,kalo nasinya nggak pake nasi kuning,,,nasi putih biasa,,,ikannya,,biasanya daging ayam, daging sapi,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak di rumah ibuku mbk :)

      Delete
  6. Maleman kemarin Ibuku juga buat nasi kuning hehehe

    ReplyDelete
  7. Kalaau Tradisi menyambut atau menjelang Hari Raya Idul Fitri di Pontianak cukup banyak. Salah satunya adalah dengan menyalakan lampu templok atau lampu dengan menggunakan botol seperti botol KratingDaeng. Menyambut Fitrie seperti menyambut datangnya Malam Lalatul Qadr. Nasi kuning kurang begitu dikenal bagi masyarakat Pontianak yang mayoritas Suku Melayu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ya pak tradisinya sama disini :)

      Delete
  8. di tempat saya gak ada tradisi maleman seperti ini mak, tapi ketika malam ke 20 atau 21 gitu, ada tradisi membuat ketupat beserta lauk pauknya dikirim ke masjid atau mushola lalu ngeriung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,berarti udah bikin ketupat duluan ya mbk hehe

      Delete
  9. d ngajuk masih ada mbak d desa tempatnya mbah :)
    btw itu menggoda bngt ayamnya...
    enak nih kecipratan nasi kuning dr ibu kost...aku juga kadang2 kebagian makanan dr ibu kost

    ReplyDelete
  10. lihat gambarnya jadi pengen deh hehe...

    ReplyDelete
  11. Minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin ya

    ReplyDelete
  12. oo ada ya, mba? klo di sini abis shalat ied adanya.

    ReplyDelete
  13. Tradisi hari raya or nama2 sesuatu di tanah air kita ini selalu mirip ... dikampung saya (Kuansing-Riau) buah kelapa itu namanya 'krambil ... di jawa juga ada (?) ... :)

    ReplyDelete
  14. waduuuuh..enak bangeeet itu si nasi kuning :).....bon app maaak...

    ReplyDelete
  15. Ada sih di Jawa tpi krn suami bungsu jadi ketiban enak, dikasih sama kakak2. Di Pekanbaru gatau krn kalau Lebaran pasti mudik. Jadi pengin nasi kuning :))

    ReplyDelete
  16. Eh iya di Jawa Barat juga ada. Tapi lupa apa ya istilahnya. Sehari sebelum lebaran saya yang paling sibuk nganter2in rantang ke sodara dan tetangga. Seru.

    ReplyDelete
  17. kok selama aku tinggal di Kudus ngga pernah menemukan tradisi kayak gitu ya, apa karena aku ndak gaol? :p

    ReplyDelete
  18. Yang belum sarapan kayak saya, jadi ngiler nih pagi2 liatnya mbak :)

    ReplyDelete
  19. Di Cimahi gak ada tuh tradisi kaya gini :p paling ya masak-masak untuk di makan bareng keluarga di rumah pada saat hari raya :)
    Btw itu piringnya sama dengan punyaku di rumah, hehe..

    ReplyDelete
  20. saya malah baru tau ada tradisi maleman, Mak :)

    ReplyDelete
  21. Di Bogor juga gakada nih tradisi kaya gini..
    duuh liat nasi kuning jadi pengen nyiciip, keliatannya enaaak :D

    ReplyDelete
  22. hiks aku gak merasakan momen malam menyambut idul fitri kemarin

    ReplyDelete