Skip to main content

[quote on thursday] Geo dan Perjuangannya

...Hidup adalah perjuangan...
Siak
Bismillahirrahmaanirrahim...
Hidup adalah perjuangan, pernah main nyatuk (ambil) ice cream di timezone??termasuk nyatuk es krim ini, tapi kalau 3 kali sudah nggak berhasil mending beli es krim langsunga ajalah hehehe.Berjuang itu beda-beda ya, apalagi kalau melihat perjuangan para pahlawan kita, pastinya nggak ada apa-apanya hehe.Tapi apapun yang dilakukan dengan sungguh hati, dengan benar-benar, dengan tekad yang kuat pasti hasil perjuangan kita akan ada hasilnya. Berbeda kalau kita ogah-ogahan, malas, hasilnya juga beda bahkan bisa nol, ugh nggak bangetlah. Ini pembukaannya serius banget ya, curcol nggak papa kan ya, pengalaman gitu hahaha.
Sejak menjadi guru BK, bagi saya nggak ada yang namanya anak nakal, itu labeling banget, nggak ada dalam kamus guru BK atau anak Psikologi #uhuk (ini saya loh ya xixixi). Adanya dua, khusus (misalnya suka mbolos,suka usil,pelaku bulliying,dll) dan spesial (ABK= anak berkebutuhan khusus). Ceritanya bermula disini, sebut saja namanya Geo, siswa spesial SD kelas 1. Geo mengalami kesulitan membaca, menulis, dan berhitung. Terus mengapa kok bisa masuk sekolah national plus (kalau di Jawa = sekolah bertaraf  internasional)??saya tidak mau membahas itu disini karena pas saya baru naik level diagkat menjadi guru BK untuk PG/TK-SMA/K kebetulan di semester kedua. Dulu Geo mengalami pembengkakan kepala, operasi berkali-kali di Singapura dan ada selang untuk membuang kotoran yang ada di kepalanya. Itulah sebabnya Geo mengalami keterlambatan dalam banyak hal termasuk membaca, menulis dan berhitung.Selain itu, Geo termasuk anak yang aktif sekali, dan harus ada guru pendamping pribadi.

Jika Geo berulah di kelas, mulai dari mencium pipi teman perempuan sampai mengambil pensil teman saat si A asik menulis, dan ini sangat mengganggu ketertiban kelas, apalagi ini kelas 1. Sudah kebayang bagaimana keadaan di kelas, "miss....Geo distrub me", "miss.....Geo take my pencil", bla bla bla bla dan mendadak kelas ramai nggak karuan. Jika wali kelas sudah angkat tangan, dengan terpaksa sms saya atau diantarkan ke ruangan saya. Biasanya belajar dengan suster, tapi lagi-lagi jika suster sudah angkat tangan maka dilarikan ke saya. Oke, Geo belajar dengan saya. Belajar menulis, menempel, menggunting, berhitung dengan jari. Hah???itu kan kelas 1 kok kayak anak TK, oke..tolong dicatat, Geo ini anak spesial yang benar-benar spesial jadi belajarnya harus spesial dengan guru spesial hehe. Kadang saat saya suruh Geo menulis, ini hanya bertahan kurang lebih 10 menit, katanya tangan capek. Saya ajak bermain ice breaking, tepuk satu..tepuk dua..tepuk satu..tepuk dua..tepuk tangan!!!dan, dia senang sekali. Saya minta Geo meneruskan tulisannya, dia semangat menulis lagi meski tulisannya tidak beraturan, meski tulisannya susah di baca, tapi saya senang melihat kegigihannya.

Hidup adalah perjuangan, bagi Geo berjuang untuk bisa menulis adalah perjuangan yang sebenarnya. Faktor fisik yang mungkin tidak memungkinkan, tapi ia tetap berusaha agar bisa menulis sampai selesai meskipun tangannya sering capek, sering membuka kacamatanya, apalagi jika didampingi dengan orang yang membuat ia nyaman dan senang. Bisa mengenal Geo adalah satu momen yang indah bagi saya, belajar banyak hal dari Geo, do'a saya semoga Geo menjadi anak yang pintar amin.
Selamat hari kamis^^
***
Siak,24/4/2014
@hmzwan

Comments

  1. Aamiin, terus berjuang ya Geo, you r special :)

    ReplyDelete
  2. Itu tulisan Geo? Wah memang rupanya butuh perjuangan baginya utk bisa menulis dg rapi ya? Tapi salut dg kegigihan Geo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk..itu tulisan dia,harus sabar memang hehe

      Delete
  3. Amin..
    Semangat Geo dalam belajar menulis tak lepas dari semangat guru untuk menuntunya, terlebih ibu guru BK :).

    ReplyDelete
  4. semangaaat,, dan semangat juga buat gurunya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga gurunya yang sekrang lebih sabar dan semangat mbk hehe

      Delete
  5. Semangat buat Geo.. Semoga tetap selalu berjuang yaa,

    ReplyDelete
  6. Waktu ngajar dulu juga saya banyak bersinggungan dengan anak2 ismewa seperti Geo. walau nggak memang langsung, saya banyak belajar bersyukur Allah menganugerahkan anak2yg Sehat, belajar sabar dari guru2 yg memegangnya..subhanallah deh bu guru n pak gurunya

    ReplyDelete
  7. salut buat Geo dan Bu Guru yg belajar dari Geo....

    ReplyDelete
  8. Jadi inget pas magang S2 mak, ngadepin anak-anak khusus dan spesial memang butuh kesabaran, saya saja sampai berfikir, sepertinya saya gak cocok dengan anak-anak

    ReplyDelete
  9. berkunjung disore hari yang cerah, salam persahabatan ^_^

    ReplyDelete
  10. wow.. semangatnya Geo luar biasa banget ya!

    ReplyDelete
  11. Yaaay... Geo hebat. Dan gurunya juga. Susah memang menjadi guru. TFS, Mak. ^^

    ReplyDelete
  12. semangat buat mengajarnya. hehe kalau dibimbing pasti jadi anak yang berbakat tuh :D

    ReplyDelete
  13. Anak murid sebenarnya sekolah kita...

    ReplyDelete
  14. Saya belajar dari semangatnya Geo, ah :)

    ReplyDelete
  15. Ya allah kasian geo ya mbak sampe dipasang selang. Duh ngebayangin sakitnya

    ReplyDelete
  16. Itulah hebatnya seorang guru. Sabar dan tlaten dalam mendidik muridnya
    Hidup memang penuh perjuangan, sejak lahir sampai tua ya jeng
    Terima kasih kisahnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  17. tiap anak pst unik ya, ga ada yg sama.
    btw, dulu wkt aku sekolah guru yg paling galak itu guru BK, jd aku paling takut, pdhal kan mustinya guru BK yg musti nya paling bisa bergaul sama murid2 ya.

    ReplyDelete
  18. Untung gak nyium pipi gurunya ya, mba. Hahaha. Guru selalu mendampingi murid2nya, dlm keadaan apappun si murid.

    Tambah pinter ya, Geo. Sehat selalu.

    ReplyDelete
  19. ya, setiap anak memang berbeda dan kita benar2 harus memahaminya ya mak, luar biasa bisa berkesempatan mendampingi anak seperti Geo :)

    ReplyDelete
  20. Apakah Geo termasuk memiliki penyakit Dyleksia? Saya pernah menonton film anak semacam Geo dan membaca sedikit referensi tentang tipe anak begitu. Tapi akhirnya ada satu jalan yang bisa menyembuhkan: kepedulian orang tua dan lingkungannya.
    Sebenarnya anak dg tipe seperti Geo ini pasti memiliki penyebab khusus kenapa dia sampai kesulitan menulis, atau mungkin membaca dan berhitung. Bisa jadi, huruf2 yang dilihatnya itu dianggap seperti musuh yang siap memangsa. Nah, itu teh ada sebab khususnya yang hanya bisa diketahui setelah diamati. Karena bisa jadi sesama Dyleksia pun penyebab khususnya beda.

    Overall, Albert Einsten, Thomas Alfa Edison, dan para ilmuwan ternama lainnya, dulu juga pernah mengalami hal yang sama dengan Geo. Tapi mereka berhasil mengatasinya. Semoga, demikian pula dengan Geo. :)

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say