Tuesday, 4 March 2014

[hot wajan] Sambel Teri Blondo

"Saya baru tahu kalau ikan teri itu enak,apalagi di sambel,slurppttt...to'muhu ladziz!!!"
~HM Zwan~
Bismillahirrahmaanirrahim.....
Judulnya bikin penasaran, BLONDO???appaan itu???hehe....beruntungnya saya bisa sampai Siak, sampai-sampai blondo aja tahunya pas di Siak, padahal blondo itu bahasa jawa *kata nenek ibu kos dan mas kakang prabu* pletakk!!!. Dan, saya yang asli 100% orang Jawa Timur yang lahir di Jombang bener-bener baru tahu dan dengar yang namanya blondo, #ish njawani tenan sampai-sampai nggak tahu apa itu blondo hehehe.

Tahu kelapa kan???nah, sebulan yang lalu, nenek ibu kos bikin minyak rambut buat si dedek bayi *cucu* dari kelapa. Setelah kelapa di gongsong dan masak, sisa di wajan yang warna cokelat bentuknya butiran kecil itu namanya blondo. Rasanya emmmm...kek mana ya???baunya harum waktu di mulut,harum santan plus-plus pokoknya, tapi rasanya kurang enak menurut saya kalo digado terus-terusan.  Tiba-tiba nenek datang ke kamar sambil bawain blondo, kata mas kakang prabu sih enak dibuat sambel. Wah, enak nih kayaknya...masak yukkkk....capcus!!
 
Bahan
Blondo
Ikan teri
Tempe goreng *iris kotak kecil*
Garam
Gula
Kaldu ayam
Bumbu Ulek Kasar
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah
Cabe ijo
Cabe rawit
Cara Memasak
Goreng teri dan tempe, sisihkan
Tumis bumbu  sampai harum, tambahkan gula,garam,kaldu ayam
Masukkan teri, tempe dan blondo
Aduk, angkat, hidangkan

Uwooooo....wa to'muhu ladziz jiddan pemirsah,enak banget kalau disambel ternyata. Pake teri, tempe, nasi anget dan lalapan, uuuuuuwh sluurpppttt, endang brambang poko'e!!!
Udah tahukan apa itu blondo??
Pernah nyobain blondo??
Pernah makan blondo??
Huinak tenan poko'e!!!
Selamat hari selasa, salam hot wajan!!!
***
Siak,4/3/2014
@hmzwan

39 comments:

  1. Kalo di Jogja namanya kethak mbak. R

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda daerah beda nama ya mbk,,baru tahu juga saya :D

      Delete
  2. dl nenekq suka buat minyak kelapa, dan ampasnya itu enak banget emang buat dibikin sambel. kalau kita nyebutnya tainyonnyo atau tai minyak... sedikit aneh ya namanya,,,,heheheheheh
    tapi emang sedap banget buat sambel

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha...lucu2 ya mbk namanya,beda daerah bea nama... :D

      Delete
  3. Aku orang Jawa baru baca nih Blondo :P
    Njawani maksimal XD

    ReplyDelete
  4. aku baru tahu itu blondo...daannn melihat foto masakannya itu aku kok kemecer ya mbak????
    aku mintaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi tos duluuuu....sini sinniii

      Delete
  5. kliatannya ajah udah enak bgt deh ...

    ReplyDelete
  6. taunya telat nih mak... saya baru aja bikin minyak kelapa asli, dan blondonya saya buang, soalnya kalo di makan gitu aja kan blenger, gak tau mau digimanain, akhirnya dibuang deh... hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyyyyaaaa....hayuk bt lagiii.jgn dibuang blondonya hehe

      Delete
  7. patut di coba...thnak u mak resepnya :)

    ReplyDelete
  8. huaaaa, bikin ngiler maak.. apalagi ada terinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyyyyaaa....huinwk tenannnnnn hihihi

      Delete
  9. Galendo kali ya kalau bahasa sunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih..keren kali namanya teh hehe

      Delete
  10. blondo itu ampas minyak kelapa :)

    ReplyDelete
  11. Nah looo... blondo oh blondo.. kalau dikampuang saya namanya lebih aneh lagi... arau atau t*ilala

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Xixixi...unik2 namanya mak hehe

      Delete
  13. Em, saya belum pernah makan. Wah dari tampilannya saja menggiurkan, mbak. Saya suka teri, kalau dimasak pedas kering, ditambah kacang, itu saja mbak. Dijadikan Blondo belum pernah :D

    ReplyDelete
  14. Hi, salam kenal dari nunu, blondo :D

    #njawab sapaan si blondo,

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. namanya keren banget ya mbk hehe

      Delete
  16. maknyuss banget keliatannya, suer bikin ngilerrr

    ReplyDelete
  17. Di Desa Saya namanya Mlendo. :P
    Mlendo saja sudah enak, apalagi dijadikan sambel teri!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg bikin sama blkgnya yo mbk pake ndo ndo hehe

      Delete
  18. Kl di Aceh di blondo ni jg diolah jd masakan say, dicampur sama 27bahan lainnya. Sayur Pli namanya.. Bentuknya kya lodeh gtu deh...
    Btw hit wajan ni sllu berhasil bikin aku ngecess dehh :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah 27 bahan???pasti enak bgt ya mbk....aarrjkkkkk penasarannnn..hot wajan mksute???kikikiki....aplge yg masak...bagian nghabisin hehe

      Delete
  19. Aku belom pernah nyobain masa sambel teri pakai blondo, mak :-D

    ReplyDelete
  20. Saya penggemar sambel teri. Kalau makan sambel teri, campur kecap dan abon, diaduk-aduk merata dengan nasi hangat, sedap. Kata ayah saya, persis makanan kucing. Ga apa2, saya juga penggemar kucing *eh

    ReplyDelete