Tuesday, 18 March 2014

[hot wajan] Roti Maryam

"Pertama kali makan roti maryam tahun 2007,yang buat teman yang keturunan arab,dinikmati panas-panas sama gula pasir udah enak,apalagi kalau tinggal makan hehe.."
~HM Zwan~

 Siak
Bismillahirrahmaanirrahim....
Apa kabar pagi ini???semoga sehat selalu, alhamdulillah Siak hari-hari hujan semoga berkah aminn. Bulan lalu mbk Mey upload foto roti marya di fb-nya. Kebetulan saya lihat, ngiler dong, akhirnya pertengahan bulan lalu kayaknya *masakan lama bo' hehe* saya bikin roti maryam yang original alias aslinya. Dulu tahun 2007 saya pertama kali makan roti maryam buatan teman yang kebetulan keturunana arab *arab bangetlah poko'e hehe*, enak, apalagi dinikmati pas baru turun dari teflon, ditaburi gula pasir,sluurrpptt enakkkk...^^

Nah, saya kan hobi jalan-jalan cari inspirasi ke teman-teman food blogger salah satunya mbk vivi, resep dan cara buat roti maryam darinya pun saya praktekin di kos-kosan. Berhubung saya kan cuma berdua ya jadi buat setengah resep, dan ada juga yang saya ganti, resep roti maryam ala mbk vivi ada disini. Yuk, intip resep ala HM Zwan...
 Bahan I:
1/2 kg tepung terigu
1 butir telur utuh
1 butir kuning telur
2 sdm susu kental manis (susu bubuk nggak ada)
Sejumput garam
3 sdm minyak goreng (asal aja,main feeling)
Air hangat secukupnya (sampai adonan kalis)

Bahan II:
Margarin, untuk olesan adonan 

Cara Membuat :
 Siapkan tempat , masukkan air , minyak goreng, susu dan telur. Aduk dengan garpu, pokoknya tercampur.
Masukkan garam dan tepung terigu kedalam campuran cair, aduk uleni sampai kalis.
Lanjut ke step selanjutnya, berupa foto biar mudah di pahami.
 
1. Siapkan tempat atau loyang yang sudah diolesi dengan minyak, bagi adonan ukuran kecil atau sedang, yang terpenting sama rata. Tata di loyang, olesi permukaan adonan dnegan minyak, tutup dengan lap basah biarkan selama 1 jam.
2. Ambil satu adonan, tipiskan, olesi dengan margarin lalu gulung memanjang.
3. Gulung melingkar dari arah yang berlawanan, jika sudah di tengah tumpuk adonan.
4. Pipihkan adonan, bakar diatas teflon

Wuih,panjang ya...???banget,saya aja capek nulisnya hehehe, kira-kira adonan jadi kurleb 20 buah. Saya bakar setengah matang dan disimpan di kulkas, kalau mas kakang prabu pingin sarapan, tinggal manasin aja. Kebetulan kami selalu stok madu, jadi dinikmati saya madu deh, sluurrppptttt alhamdulillah...maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan....
Selamat mencoba, semoga bermanfaat, salam hot wajan^^

***
Siak, 17/3/2014
@hmzwan

32 comments:

  1. mantab deh,,..roti maryam dari Siak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,iya juga ya,kan bikinnya di Siak xixixixixix

      Delete
  2. Huaaaaa, roti maryam yang bikin ngiler, jadi lapar lagi.
    Aku beli sajalah, nggak bakat masak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha....iyaaa deh mak jul xixixixi

      Delete
  3. Mbak, saya sering buat kayak gini ternyata namanya Roti Maryam ya? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya?????hihihi....iya mbk nmanya roti maryam :)

      Delete
  4. ini kalau lebaran haji mbak mimie suka bikin...pake kari kambing...fulamakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pake kare kambing..mkn ladzizzzz.....hehe

      Delete
  5. eh gampang ya ternyata buatnya

    ReplyDelete
  6. saya blm pernah nyobain roti maryam. Kayak apa ya... daripada penasaran, nyoba ah... ahay... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mbk...kl g mw ribet beli aja hehe

      Delete
  7. wah keren euy bisa bikin sendiri, saya maah nyari praktis beli tinggal makan hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lg cr kerjaan mbk jd bikin sendiri hehe

      Delete
  8. Resep dan cara bikinnya mah simple, aku bisa bikinnya enggak yaaak? hiyaaah Mak Hanna coba tinggal dekat rumahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk aplgi kl cuma lihat beginian hehe....coba ttanggaku pasti dah incip pertma kali hehe

      Delete
  9. mau dong, sepertinya lezat nih..

    ReplyDelete
  10. Enak banget nih roti maryam, suamiku suka beliin. Bahan2nya gampang ya, tapi gak tau deh bikinnya hehehe.... makasih, Mba Hanna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk...aplgi dmkn anget2 hehe...sama2 mbk ley ;)

      Delete
  11. Minggu lalu aku abisan makan cane pake keju susu, enakkk. Pakai sirup mapel juga enakkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adudududuuu....aplgi pake kejuuu sluuurrrppttttt.mkn enakkkk

      Delete
  12. Wah, mudah ya mak resepnya.. yang sulit adalah mendatangkan minat saya untuk membuatnya, hehe.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk simpel tapi itu hehe....ini lg ada mood jd hajar aja hehehe

      Delete
  13. ini sama dengan roti canai, ya?

    ReplyDelete
  14. belom pernah nyoba, pengen nyobain masakanmu aja maak hehe

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ngerasain :D namanya aja baru denger. Cari ah. di Batam ada gak mbak Han yg jual?

    ReplyDelete
  16. Makasih resepnya mak... pengen nyobaaa.... tunggu hasil praktekku yaaa :p

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah makan roti Maryam tuh Mak hehehe

    ReplyDelete