Skip to main content

[hot wajan] Roti Maryam

"Pertama kali makan roti maryam tahun 2007,yang buat teman yang keturunan arab,dinikmati panas-panas sama gula pasir udah enak,apalagi kalau tinggal makan hehe.."
~HM Zwan~

 Siak
Bismillahirrahmaanirrahim....
Apa kabar pagi ini???semoga sehat selalu, alhamdulillah Siak hari-hari hujan semoga berkah aminn. Bulan lalu mbk Mey upload foto roti marya di fb-nya. Kebetulan saya lihat, ngiler dong, akhirnya pertengahan bulan lalu kayaknya *masakan lama bo' hehe* saya bikin roti maryam yang original alias aslinya. Dulu tahun 2007 saya pertama kali makan roti maryam buatan teman yang kebetulan keturunana arab *arab bangetlah poko'e hehe*, enak, apalagi dinikmati pas baru turun dari teflon, ditaburi gula pasir,sluurrpptt enakkkk...^^

Nah, saya kan hobi jalan-jalan cari inspirasi ke teman-teman food blogger salah satunya mbk vivi, resep dan cara buat roti maryam darinya pun saya praktekin di kos-kosan. Berhubung saya kan cuma berdua ya jadi buat setengah resep, dan ada juga yang saya ganti, resep roti maryam ala mbk vivi ada disini. Yuk, intip resep ala HM Zwan...
 Bahan I:
1/2 kg tepung terigu
1 butir telur utuh
1 butir kuning telur
2 sdm susu kental manis (susu bubuk nggak ada)
Sejumput garam
3 sdm minyak goreng (asal aja,main feeling)
Air hangat secukupnya (sampai adonan kalis)

Bahan II:
Margarin, untuk olesan adonan 

Cara Membuat :
 Siapkan tempat , masukkan air , minyak goreng, susu dan telur. Aduk dengan garpu, pokoknya tercampur.
Masukkan garam dan tepung terigu kedalam campuran cair, aduk uleni sampai kalis.
Lanjut ke step selanjutnya, berupa foto biar mudah di pahami.
 
1. Siapkan tempat atau loyang yang sudah diolesi dengan minyak, bagi adonan ukuran kecil atau sedang, yang terpenting sama rata. Tata di loyang, olesi permukaan adonan dnegan minyak, tutup dengan lap basah biarkan selama 1 jam.
2. Ambil satu adonan, tipiskan, olesi dengan margarin lalu gulung memanjang.
3. Gulung melingkar dari arah yang berlawanan, jika sudah di tengah tumpuk adonan.
4. Pipihkan adonan, bakar diatas teflon

Wuih,panjang ya...???banget,saya aja capek nulisnya hehehe, kira-kira adonan jadi kurleb 20 buah. Saya bakar setengah matang dan disimpan di kulkas, kalau mas kakang prabu pingin sarapan, tinggal manasin aja. Kebetulan kami selalu stok madu, jadi dinikmati saya madu deh, sluurrppptttt alhamdulillah...maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan....
Selamat mencoba, semoga bermanfaat, salam hot wajan^^

***
Siak, 17/3/2014
@hmzwan

Comments

  1. mantab deh,,..roti maryam dari Siak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,iya juga ya,kan bikinnya di Siak xixixixixix

      Delete
  2. Huaaaaa, roti maryam yang bikin ngiler, jadi lapar lagi.
    Aku beli sajalah, nggak bakat masak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha....iyaaa deh mak jul xixixixi

      Delete
  3. Mbak, saya sering buat kayak gini ternyata namanya Roti Maryam ya? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya?????hihihi....iya mbk nmanya roti maryam :)

      Delete
  4. aku maunya tinggal amakan aja ya :)

    ReplyDelete
  5. ini kalau lebaran haji mbak mimie suka bikin...pake kari kambing...fulamakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pake kare kambing..mkn ladzizzzz.....hehe

      Delete
  6. eh gampang ya ternyata buatnya

    ReplyDelete
  7. saya blm pernah nyobain roti maryam. Kayak apa ya... daripada penasaran, nyoba ah... ahay... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mbk...kl g mw ribet beli aja hehe

      Delete
  8. wah keren euy bisa bikin sendiri, saya maah nyari praktis beli tinggal makan hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lg cr kerjaan mbk jd bikin sendiri hehe

      Delete
  9. Resep dan cara bikinnya mah simple, aku bisa bikinnya enggak yaaak? hiyaaah Mak Hanna coba tinggal dekat rumahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk aplgi kl cuma lihat beginian hehe....coba ttanggaku pasti dah incip pertma kali hehe

      Delete
  10. mau dong, sepertinya lezat nih..

    ReplyDelete
  11. Enak banget nih roti maryam, suamiku suka beliin. Bahan2nya gampang ya, tapi gak tau deh bikinnya hehehe.... makasih, Mba Hanna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk...aplgi dmkn anget2 hehe...sama2 mbk ley ;)

      Delete
  12. Minggu lalu aku abisan makan cane pake keju susu, enakkk. Pakai sirup mapel juga enakkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adudududuuu....aplgi pake kejuuu sluuurrrppttttt.mkn enakkkk

      Delete
  13. Wah, mudah ya mak resepnya.. yang sulit adalah mendatangkan minat saya untuk membuatnya, hehe.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk simpel tapi itu hehe....ini lg ada mood jd hajar aja hehehe

      Delete
  14. ini sama dengan roti canai, ya?

    ReplyDelete
  15. belom pernah nyoba, pengen nyobain masakanmu aja maak hehe

    ReplyDelete
  16. Belum pernah ngerasain :D namanya aja baru denger. Cari ah. di Batam ada gak mbak Han yg jual?

    ReplyDelete
  17. Makasih resepnya mak... pengen nyobaaa.... tunggu hasil praktekku yaaa :p

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah makan roti Maryam tuh Mak hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis