Skip to main content

[everything on wednesday] Mukholifatul Lughoh



jejak-jejak masa lalu.....
Siak
Bismillahirrahmaanirrahim...hari rabu, asap di sekitar kos-kosan masih lumayan nyesek ya dan peringatan dari pemerintah Siak, Pekanbaru, pokoknya daerah Riau katanya BERBAHAYA. Jadi, jemur pakaianpun harus pakai masker saya, apalagi belanja sayur ke kedai, berasa banget kayak ninja hatori hehe.  Ohya, kapan hari sara ngetwit tentang bahasa arab dan inggris yang saya gunakan waktu di penjara suci dulu *tsah,bahasanya*, jadi, dulu di penjara suci itu kami santrinya komunikasi/percakapan sehari-harinya pakai dua bahasa. Satu minggu bahasa arab minggu selanjutnya bahasa inggris, berurutan. Jadi kalau kita melanggar bahasa atau tidak pakai bahasa satu kata saja, alamat deh melanggar bahasa. Dan.....bakal terkenal seantero penjara suci hehe, soalnya siap-siapa yang melanggar bahasa pasti diumumin di masjid sebelum santriwatinya bubar. Dan....saya termasuk the best one pelanggar bahasa ulung di kantor bahasa pusat hahaha, terkenal banget deh pokoknya, satu katapun kalau kita ketahuan jasusah *mata-mata* bakal dicatet, fiuh...!!!

Misalnya...
Kita ngajak teman makan, soalnya kan makannya pergroup, satu group bisa dua sampai lima orang, nggak pakai piring tapi pakai baskom hahaha. Nakul yuk!!!...*makan yuk!!!* .
Saya kan suka tidur di kelas tuh, mulai dari ustadz/ustadzah menerangkan atau pas jam istirahat, saya komplain ke teman gara-gara istirahat saya nggak dibangunin, spontan teman nyeleuk. Ente sih naum miroron fil fasl....*kamu sih tidur terus di kelas*.
Pinjam ember teman buat nyuci. Eh, borrow your pail ya...atau...borrow your pail dong...* eh, pinjem embermu ya..dong*
dan masih banyak lagi...

Lucu sih bahasanya, kita kan orang Indonesia ya jadi mau nggak mau ada secuil kebiasaan yang dipaksa masuk dan digunakan dalam bahasa di penjara suci. Nah, kata-kata secuil yang saya maksud itu "Yuk", "Sih", "Eh", "Dong", "Kek", dan masih banyak lagi. Gara-gara itulah saya sering masuk ke ruangan panas hehehe, bukan panas sih sebenarnya tapi ruangan yang mendadak bikin saya pintar duluan dibanding teman-teman saya yang nggak atau jarang melanggar bahasa. Punishmentnya...ketika habis maghrib teman-teman asik bercanda dan makan sate dan sayur lodeh, saya serius dengerin kakak-kakak nerangin materi grammar atau suruh njawab soal bahasa arab, belum sampai disitu, saya dan pelanggar bahasa yang lain dapat PR. Paginya istirahat pertama balik ke kampus satu buat shalat dhuha terus absen, istirahat kedua di jemur di kampus dua keliling lapangan kampus sampai bel masuk sambil bawa munjid *ini kamus lengkap bahasa arab yang tebalnya minta ampunnnnnn* terus bilang ana mukholifatul lughoh hadzal yaum...tergantung pas pakai bahasa apa sih, kalau arab ya bahasa arab, begitu sebaliknya. Belum sampai sini, seharian pakai kalung kardus yang ada tulisan ini ana mukholifatul lughoh hadzal yaum hahaha...*intinya : saya pelanggar bahasa hari ini* beneran deh jadi artis pokoknya kalao melanggar bahasa.

Seru banget, makannya sampai sekarang setidaknya kakak kelas dan adik kelas pasti tau saya. Owwhhh...kak HM yang sering ngelanggar bahas dulu kan????jedddeeerrr.....hahaha, nggak papalah setidaknya saya dikenang *tsah*.....
Selamat hari rabu...baarokaloh..

***
Siak, 12/3/2014
@hmzwan

Comments

  1. hihii.. seru mak! Bikin bukunya aja sekalian!

    ReplyDelete
  2. Cie cie ... ngetop nih ... iya mak dibikinin buku seru iniiiih :D

    Penjara sucinya ini yang seperti A. Fuadi itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg punya pertanyaan yg sama :D

      penjara sucinya keren! ceritanya seru hihihi...

      Delete
  3. wah ceritanya sama mak :) tapi aku ngak ngetop....masa2 dulu itu di ma'had emang ngangein :)

    ReplyDelete
  4. Hhehe, jadi ngebuat mbak ngetop yak, hehe. disiplin sekali peraturannya yah, mbak, keceplosan dikit kena :D

    ReplyDelete
  5. ya, dong, deh, ah memang susah buat dihilangkan. Udah kebiasaan :p

    ReplyDelete
  6. hihihi... kenakalan yg membawa kenangan ya...

    ReplyDelete
  7. Bikin novel aja.. spt A.Fuadi itu... pasti deh laku
    Secara ceritanya para santriwati pasti seru2

    ReplyDelete
  8. aku dukung deh bukin buku nanti aku baca :)

    ReplyDelete
  9. أنت سيه نوم مرارا في الفصل "mengarabkan bahasa Indonesia, hehe" seru.. seru..

    ReplyDelete
  10. Seru ya han kehidupan santri itu. Si pelanggar bahasa malah sekarang pinter nulisnya.:)

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say