Friday, 22 November 2013

Serba Licious

 A recipe has no soul. You, as the cook, must bring soul to the recipe
~ Thomas Keller ~

Siak...
Hari kedua di kos-kosan rasanya sesuatu sekali hehe, pagi-pagi dah bangun terus lanjut jalan pagi sama gerakin badan biar nggak sakit semua. Maklumlah 5 jam duduk aja di kapal laut, mana ombaknya lumayang mengganggu konsentrasi tidur dan nonton jadi berasa banget capeknya padahal biasanya enjoy the show  aja dan asik nonton, tapi kemarin suasananya berbeda, jadi lumayanlah bikin badan agak gimana gitu hehe.
Heummm, kemarin di rumah bulek di Batam dimasakin sama bibi sayur sop sama botok lamtoro. Nyampe Siak ternyata mas kakang prabu ketagihan akhirnya minta dibuatin sop sama botok, baiklah mari kita raba-raba resep botoknya hehe, kalau sop sih simpel ya. Yuk ah intip behind the wajan ala saya (lap keringet dulu).

 Botoklicious

Bahan :
Udang
Tahu (potong dadu)
Tomat (potong dadu)
Kelapa parut muda
Kemangi
Telur

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
 Kemiri 
Gula 
Garam
Kaldu ayam

Bumbu rajang :
Cabe merah
Cabe rawit

Cara memasak :
Campur bahan dengan bumbu halus dan bumbu rajang (saya pake tangan biar enak gitu), aduk sampai rata.
Ambil daun pisang, letakkan campuran botok dan bungkus
Kukus selama 15 menit

Soplicious

Bahan :
Wortel
Kentang
Buncis
Brokoli putih
Daun brokoli
Sawi hijau
Daun seledri
Bawang merah goreng
Air

Bumbu tumis :
Bawang putih
Daun bawang

Bumbu :
Garam
Gula
Merica
Kaldu ayam 

Cara memasak :
Tumis "bumbu tumis" lalu masukkan air, tunggu sampai mendidih
Masukkan wortel dan kentang, lalu buncis, brokoli, daun brokoli, sawi, dan daun seledri
Masukkan bumbu, incip dan tunggu sampai matang
Angkat, taburi bawang merah goreng

Heummmmm, maknyus pemirsah. Segerrrr...nggak usah pake sambel ya, soalnya botoknya dah nendang banget pedasnya hehe....Mari makan, semoga bermanfaat ^^

***
Siak, 22/11/2013

28 comments:

  1. Itu botoknya menggoda iman sekali hehehe...btw Brokoli putih apaan si mak? Kembang kol x ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.....ya brokoli mak tp yg warna putih itu,kan ada juga brokoli ijo hehe....

      Delete
  2. suak botok campur teri petai cina aduuuh bisa nambah terus hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pake nasi anget ngepul,haddeuhhhhh....^^

      Delete
    2. tambah sambal ben matep eheh :D

      Delete
  3. oho, akhirnya nemu juga resep botok :D

    dulu suami saya pernah minta di masakin mak, tapi saya malah nggak tau apa itu botok hehehe... pas liat tulisan ini oooh begitu toh bumbunya, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeaaaa...horeeee!!hehhe

      saya sering dibuatin ibu botok mbk dari kecilentah itu botok,pepes pokoknya model begituanlah,,silahkan d coba semoga sukses yaaa masaknya hehehe

      Delete
  4. Replies
    1. silahkannn.ini prasmanan lo mbk hahaha

      Delete
  5. Botok tuh suka ada pete cina nya bukan sih... Nek ga salah hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Botok itu kalau kamu gak pernah mandi. :D

      Delete
    2. una....iyha,berhubung disini g ada lamtoronya jadi seadanya hahaha


      idah....wkwkwkwkwkwkwkwk

      Delete
  6. ah mabak menggoda sekali, mau donk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...menggoda iman nih ^^..silahkan mbk,mumpung gratis

      Delete
  7. botok is one of my favorit food.... semua sayur saya suka, palagi botok yg dimasak pake ikan teri, ada campuran udangnya juga sluuuurrrp yummy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heummmmm.....digado aja dah enak ya mbk botok itu ^^

      Delete
  8. Singkirkan kemangi, singkirkan kemangiii. . .Hehehe
    Botoknya menggoda. SEgeer sopnya, Mba. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyyaaaa...g suka kemangi yaaaaaa T_T

      Delete
  9. mamaku suka banget sama botok mbak hehe.

    ReplyDelete
  10. Botok lamtoro tak kira pake pete cina mak.. aku sukaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,berhubung di pasar g ada lamtoro jadi g pake mbk hehe

      Delete
  11. hmmm,,,, walau 'Botok lamtoro' nama yg asing ditelinga saya, tetep bikin ngiler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe....itu enak lagi kalo ada lamtoro,maknyuss

      Delete
  12. Botoknya bikin ngeces euy.... mau nyoba ah... :D

    ReplyDelete