Skip to main content

Serba Licious

 A recipe has no soul. You, as the cook, must bring soul to the recipe
~ Thomas Keller ~

Siak...
Hari kedua di kos-kosan rasanya sesuatu sekali hehe, pagi-pagi dah bangun terus lanjut jalan pagi sama gerakin badan biar nggak sakit semua. Maklumlah 5 jam duduk aja di kapal laut, mana ombaknya lumayang mengganggu konsentrasi tidur dan nonton jadi berasa banget capeknya padahal biasanya enjoy the show  aja dan asik nonton, tapi kemarin suasananya berbeda, jadi lumayanlah bikin badan agak gimana gitu hehe.
Heummm, kemarin di rumah bulek di Batam dimasakin sama bibi sayur sop sama botok lamtoro. Nyampe Siak ternyata mas kakang prabu ketagihan akhirnya minta dibuatin sop sama botok, baiklah mari kita raba-raba resep botoknya hehe, kalau sop sih simpel ya. Yuk ah intip behind the wajan ala saya (lap keringet dulu).

 Botoklicious

Bahan :
Udang
Tahu (potong dadu)
Tomat (potong dadu)
Kelapa parut muda
Kemangi
Telur

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
 Kemiri 
Gula 
Garam
Kaldu ayam

Bumbu rajang :
Cabe merah
Cabe rawit

Cara memasak :
Campur bahan dengan bumbu halus dan bumbu rajang (saya pake tangan biar enak gitu), aduk sampai rata.
Ambil daun pisang, letakkan campuran botok dan bungkus
Kukus selama 15 menit

Soplicious

Bahan :
Wortel
Kentang
Buncis
Brokoli putih
Daun brokoli
Sawi hijau
Daun seledri
Bawang merah goreng
Air

Bumbu tumis :
Bawang putih
Daun bawang

Bumbu :
Garam
Gula
Merica
Kaldu ayam 

Cara memasak :
Tumis "bumbu tumis" lalu masukkan air, tunggu sampai mendidih
Masukkan wortel dan kentang, lalu buncis, brokoli, daun brokoli, sawi, dan daun seledri
Masukkan bumbu, incip dan tunggu sampai matang
Angkat, taburi bawang merah goreng

Heummmmm, maknyus pemirsah. Segerrrr...nggak usah pake sambel ya, soalnya botoknya dah nendang banget pedasnya hehe....Mari makan, semoga bermanfaat ^^

***
Siak, 22/11/2013

Comments

  1. Itu botoknya menggoda iman sekali hehehe...btw Brokoli putih apaan si mak? Kembang kol x ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.....ya brokoli mak tp yg warna putih itu,kan ada juga brokoli ijo hehe....

      Delete
  2. suak botok campur teri petai cina aduuuh bisa nambah terus hehe :D

    ReplyDelete
  3. oho, akhirnya nemu juga resep botok :D

    dulu suami saya pernah minta di masakin mak, tapi saya malah nggak tau apa itu botok hehehe... pas liat tulisan ini oooh begitu toh bumbunya, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeaaaa...horeeee!!hehhe

      saya sering dibuatin ibu botok mbk dari kecilentah itu botok,pepes pokoknya model begituanlah,,silahkan d coba semoga sukses yaaa masaknya hehehe

      Delete
  4. Botok tuh suka ada pete cina nya bukan sih... Nek ga salah hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Botok itu kalau kamu gak pernah mandi. :D

      Delete
    2. una....iyha,berhubung disini g ada lamtoronya jadi seadanya hahaha


      idah....wkwkwkwkwkwkwkwk

      Delete
  5. ah mabak menggoda sekali, mau donk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...menggoda iman nih ^^..silahkan mbk,mumpung gratis

      Delete
  6. botok is one of my favorit food.... semua sayur saya suka, palagi botok yg dimasak pake ikan teri, ada campuran udangnya juga sluuuurrrp yummy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heummmmm.....digado aja dah enak ya mbk botok itu ^^

      Delete
  7. Singkirkan kemangi, singkirkan kemangiii. . .Hehehe
    Botoknya menggoda. SEgeer sopnya, Mba. . .

    ReplyDelete
  8. mamaku suka banget sama botok mbak hehe.

    ReplyDelete
  9. Botok lamtoro tak kira pake pete cina mak.. aku sukaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,berhubung di pasar g ada lamtoro jadi g pake mbk hehe

      Delete
  10. hmmm,,,, walau 'Botok lamtoro' nama yg asing ditelinga saya, tetep bikin ngiler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe....itu enak lagi kalo ada lamtoro,maknyuss

      Delete
  11. Botoknya bikin ngeces euy.... mau nyoba ah... :D

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.