Skip to main content

Laos : Saatnya Menggenggam Dunia

Pernah dengar Laos?pernah, salah satu bumbu yang ada di dapur. Dan satu lagi, pernah dengar waktu belajar IPS materinya tentang negara ASEAN salah satu Negara namaya Laos. Nah, itu yang terakhir yang betul.

Laos dikenal dengan sebutan “Negeri Seribu Gajah”, Republik Demokratik Rakyat Laos merupaka salah satu Negara di Asia Tenggara yang berbatasan denga Myanmar dan Republik Rakyat Cina di sebelah barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di selatan, dan Thailand di sebelah barat. Seperti Negara pada umumnya Laos pernah di jajah oleh Thailand, lalu wilayahnya dikuasai oleh Perancis. Setelah penjajajan yang dilakukan oleh Jepang selama Perang Dunia II, Laos memerdekakan diri pada tahun 1949. Partai politik satu-satunya adalah Partai Revolusioner Rakyat Laos (LPRP). Ibu kota Laos  Vientiane, mempunyai mata uang kip, dan berbahasa Lao. Laos beriklim tropis yang dipengaruhi oleh angin musim, diselimuti hutan lebat yang kebanyakan bergunung-gunung.


link 
Dari segi perekoniam, Laos terbilang tertinggal jika dibandingkan dengan Negara-negara ASEAN yang lain. Mulai menata perekoniam pada tahun 1986 dengan cara memberi izin mendirikan perusahaan swasta. Sebagian besar penduduknya yang terpelajar memilih untuk pindah ke Luar Negeri dengan alasan kurangnya lapangan pekerjaan bagi mereka. Pada akhir 2004 Laos melakukan pembenahan di bidang ekonomi yaitu melakukan hubungan perdagangan dengan Amerika Serikat, sehingga berdampak positif terhadap nilai ekspor Laos terhadap Amerika Serikat.

Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan  negara ASEAN lainnya.


Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.  Tuliskan pendapatmu di blog tentang hal tersebut. Fokus pada peran Laos sebagai anggota Komunitas ASEAN.

Salah satu Negara ASEAN yang tidak terlalu terdengar gaungnya adala Laos, ketertinggalan Negara Laos hampir di segala bidang membuat Laos banyak mendapatkan bantuan dari negara-negara tetangga. Dengan julukan The Land Locked Country atau tanah yang terkunci tidak serta merta membuat Laos semakin tenggelam dan jauh dari peradaban. Tujuan dari dibentuknya organisasi regional ASEAN adalah untuk meningkatkan kerja sama multilateral antarnegara di kawasan Asia Tenggara. Bentuk kerja sama antarnegara itu meliputi bidang ekonomi, sosial dan budaya, serta keamanan dan perdamaian antarnegara ASEAN.

Investasi Diplomatik
Suatu perubahan tidak harus dilakukan langsung secara besar-besaran, contoh bentuk nyata dari kerjasama yang bertujuan sebagai investasi diplomatik adalah:
1.    Memberikan kesepakatan bebas visa bagi pemegang paspor, mungkin bisa dimulai dari lingkup Negara ASEAN dan lalu dilanjutkan dengan Negara-negara di luar ASEAN.
2.     Pertukaran pelajar atau pemuda antar Negara sebagai bentuk pengenalan beranekaragaman kebudayaan antar Negara. Misalnya pelajar Laos ke Indonesia, betgitupun sebaliknya.
3.    Bekerjasama mendirikan satu perusahaan yang mana akan banyak tenaga kerja Laos dipekerjakan sehingga mengurangi pindahnya masyarakat ke Luar Negeri karena minimnya lapangan pekerjaan bagi mereka.
4.    Mengimpor dan ekspor barang-barang hasil sumber daya alam misalnya beras, kopi, tembakau, kayu olahan dan lain-lain. Misalnya mengekspor kopi dari Vietnam dan tembakau dari Indonesia.
5.    Mengadakan kegiatan pertemuan  anggota parlemen dari masing-masing Negara untuk studi banding melihat dan menganalisa situasi, kebijakan, dan sistem dari Pemerintah.

Dengan adanya investasi diplomatik antar Negara, maka akan sama-sama memberikan dampak yang positif tehadap pembangunan dan perkembangan dari masing-masing Negara.  Melalui investasi diplomatik pula Laos akan lebih dikenal dan tentunya bisa mengejar ketertinggalannya dari Negara-negara ASEAN lainnya.

.
Referensi:
http://www.sahabat-informasi.com/2012/03/asean.html
http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/laos.html

Comments

  1. gara2 nulis ini, saya baru tau klo negeri 1000 gajah itu laos bukan thailand :D

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say