Sunday, 20 January 2013

"Giveaway Senangnya Hatiku:Mengajar Playgroup"

Tidak terasa saya sudah 1,4 bulan tinggal di Batam. Saya asli Jombang dan setelah lulus kuliah di UIN Malang jurusan Psikologi, saya langsung mengajar di salah satu SMP dan SMA swasta di Malang. Tahun berikutnya saya dapat panggilan dari sekolah swasta milik universitas negeri di Malang yaitu Universitas Brawijaya, satu tahun saya mengajar di SMP sebagai guru bimbingan dan konseling. Belum genap satu tahun saya mengajukan diri untuk berhenti mengajar karena menikah dan ikut suami pindah ke Batam, sebenarnya berat sekali karena baru kali ini saya merasa sangat nyaman sekali berasa di sekolah satu ini, tapi apalah daya. Akhirnya saya pindah ke Batam, kurang lebih satu tahun saya berdiam diri di rumah dan menggeluti bisnis craft scara online dan offline yang hasilnya Alhamdulillah berkah bagi keluarga kecil kami.
Suatu hari suami saya melihat ada lowongan kerja di salah satu media massa, mereka membutuhkan tenaga pengajar untuk PG/TK yang berasal dari jurusan Psikologi. Karena suami saya setuju jika saya kembali ke dunia pendidikan, akhirnya saya coba memasukkan lamaran kerja dan besoknya langsung ada tes microteaching dengan satu bahasa yaitu bahasa inggris Alhamdulillah saya di terima. Tapi yang menjadi kendala saya yaitu saya belum pernah mengajar anak usia PG/TK, karena besoknya saya sudah langsung masuk kerja saya bingung dengan cara mengajarnya, cukup bingung tapi saya mencoba untuk santai karena satu kelas gurunya ada 2. Setelah observasi selama satu minggu di kelas playgroup, perlahan saya diinta untuk mengajar agar terbiasa. dan lagi-lagi Ahamdulillah saya bisa melakukan itu dengan baik...makasih miss loly.


Sampai akhirnya pada bulan oktober saya dipanggil oleh kepala sekolah dan diminta untuk pindah menjadi guru bimbingan konseling untuk TK-SMK, heummmm. apalah daya akhirnya saya berpisah dengan anak-anak playgroup. Sedih sekali, klao boleh jujur saya sangat menikmati dan senang sekali menjadi guru playgroup. Bayangkan, mulai dari anak masuk kelas dengan menangis gulung-gulung, berteriak, lari kesana kemari, dobrak pintu ingin keluar kelas sampai mereka bisa menuruti dan mentaati perintah kami sebgai guru kelasnya. Bagi saya mencatat perkembangan mereka setiap hari kamis dan sampai akhirnya melihat mereka saat ini saya merasa bangga sekali, itu saya sendiri sebagai guru kelasnya apalagi orang tuanya yang melihat anaknya sudah bisa ini itu.Pastinya sangat bangga dan senang sekali, begitu dengan saya...senangnya hatiku....

PS::jika disuruh memilih, mengajar BK SMP,SMK atau Playgroup???saya pilih playgroup,really my soul there.. :)


Batam,19 januari 2013
***


15 comments:

  1. Aha, tentu menyenangkan sekali ya mengajar anak-anak di playgroup, saya saja yang di TPA juga merasakan hal itu. Meski selanjutnya tidak di playgroup lagi, tentu ada sisi yang menyenangkan juga kan, Mbak, hehehe.... Maka, secara resmi artikel tersebut saya nyatakan TERDAFTAR.

    Makasih banyak ya, Mbak. Salam sama-sama asal Jombang, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyha pak azzet...ttp melsksanakn tgg jwb pastinya...


      Yeaaaa skhirnya terdaftar hehe...alhamdulillah ktm sodara jombang via blog :)

      Delete
  2. selalu menyenangkan ya bersama anak-anak. Tahun ini Alvin juga masuk Playgroup loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyha bgttt...suka bgtttt sm anak2 hehe
      Uwaaaaa...sini2 disrkolahnya zwan biar ktm kita mbk xixi

      Delete
  3. Gak kebayang deh kalo saya yang jadi guru PG. Keknya bakalan panik dan emosi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi..awalnya sih kak tp lm klamaan udh biasa...jd sbr qt :)

      Delete
  4. Berkunjung kawan..makasih atas infonya

    ReplyDelete
  5. dedeknya yang lagi makan namanya siapa ya...menunya apa tu

    ReplyDelete