Saturday, 9 April 2011

Sedikit tentang Mood Swing



`“Bete aku…” , “Sumpek bangetttt….”, “Lagi nggak mood neh…pingin marah-marah mulu rasanya”. Mungkin saya, ataupun anda pernah merasakan hal yang sama yaitu dimana tiba-tiba saja perasaan atau suasana hati berubah drastis dari yang awalnya senang lalu marah-marah. Atau jangan-jangan perubahan ini anda rasakan dalam hitungan jam ataupun kurang dari satu jam..???Wow, jika iya maka harus diwaspadai karena bisa jadi anda termasuk orang yang memiliki kecenderungan mood swing.

Mood swing…????Apa itu…???Mungkin ada yang sudah mengenal istilah ini dan kemungkinan ada juga yang baru kali ini mendengar istilah ini. Mood swing atau biasa juga disebut dengan Oscillation of a person’s emotional feeling tone between period’ of euphoria and depression. Artinya yaitu suatu keadaan dimana terjadi fluktuasi atau perubahan kondisi emosi seseorang baik fisik maupun psikis dalam keadaan tertekan. Intinya, terjadinya perubahan perasaan pada seseorang yang tak menentu atau sering berubah-ubah. Kadang merasa senang, lalu tiba-tiba berubah menjadi kesal, marah atau bias sampai depresi sekalipun.

Perasaan yang sering berubah-ubah ini dapat disebabkan oleh:

…Masalah yang sedang dihadapi

…Munculnya kejadian yang tiba-tiba terjadi

…Keadaan cuaca

…Perubahan hormon, misalnya masa PMS, kehamilan, menopause, pubertas dll

Mood swing jangan dianggap remeh atau disepelekan, karena jika sudah memiliki Mood swing yang tinggi ini akan berdampak pada kelainan psikologis yaitu bipolar disorder. Dimana perbedaannya dengan mood swing itu penderita bipolar disorder memiliki mood swing yang tinggi dan sangat mempengaruhi kualitas hidupnya dan mengganggu bahkan bisa “merusak” kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, tak ada salahnya jika sering-sering mengecek apakah mood swing anda masih bisa di atasi atau sebaliknya yaitu berdampak sampai pada merugikan orang lain. Misalnya saja bisa mempengaruhi hubungan interpersonal (dengan orang lain), seperti interaksi dengan saudara, teman, orang tua dll. Karena saat suasana atau pikiran tidak jernih dalam menyampaikan suatu informasi, mau tidak mau cara kita menyampaikan informasi tersebuat sering kali ditanggapi secara terbalik oleh orang lain. Yang berakibat akan salah tanggap atau missunderstanding yang selanjutnya akan menimbulkan percekcokan.

Lalu, sekarang saatnya mencari tahu kira-kira mood swing kita tinggi atau rendah. Jika rendah itu hal yang tidak mengkhawatirkan tapi sebaliknya jika mood swing anda tinggi, berhati-hatilah dan tetap harus waspada. Kendalikan diri melalui hal-hal yang anda sukai atau yang tidak terduga, bisa juga dengan menikmati makanan yang anda sukai. Karena jika masing-masing orang bisa mengendalikan, maka suasana hati yang buruk akan segera membaik…

Sekian informasi dari saya, mari mengecek mood kita masing-masing….jangan sampai kena bipolar disorder lo ya, kalo sudah kena siap-siap berkunjung ke ahli Psikologi atau Psikiater hehehe…Sekian, SEMOGA BERMANFAAT…!!!!


…Is learning how to handle and make bad mood to be a good mood…

$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$

Malang, 27 Februari 2011

….Terinspirasi dari tulisan Bunda Selsa tentang Pribadi Multy

….Obrak-abrik buku lama nemu deh buku “Ingin Sehat, Jangan BAD MOOD…” by : Pangkalan Ide….Yeaaaaaa,huhuy!!!!!

No comments:

Post a comment