Skip to main content

Sedikit tentang Mood Swing



`“Bete aku…” , “Sumpek bangetttt….”, “Lagi nggak mood neh…pingin marah-marah mulu rasanya”. Mungkin saya, ataupun anda pernah merasakan hal yang sama yaitu dimana tiba-tiba saja perasaan atau suasana hati berubah drastis dari yang awalnya senang lalu marah-marah. Atau jangan-jangan perubahan ini anda rasakan dalam hitungan jam ataupun kurang dari satu jam..???Wow, jika iya maka harus diwaspadai karena bisa jadi anda termasuk orang yang memiliki kecenderungan mood swing.

Mood swing…????Apa itu…???Mungkin ada yang sudah mengenal istilah ini dan kemungkinan ada juga yang baru kali ini mendengar istilah ini. Mood swing atau biasa juga disebut dengan Oscillation of a person’s emotional feeling tone between period’ of euphoria and depression. Artinya yaitu suatu keadaan dimana terjadi fluktuasi atau perubahan kondisi emosi seseorang baik fisik maupun psikis dalam keadaan tertekan. Intinya, terjadinya perubahan perasaan pada seseorang yang tak menentu atau sering berubah-ubah. Kadang merasa senang, lalu tiba-tiba berubah menjadi kesal, marah atau bias sampai depresi sekalipun.

Perasaan yang sering berubah-ubah ini dapat disebabkan oleh:

…Masalah yang sedang dihadapi

…Munculnya kejadian yang tiba-tiba terjadi

…Keadaan cuaca

…Perubahan hormon, misalnya masa PMS, kehamilan, menopause, pubertas dll

Mood swing jangan dianggap remeh atau disepelekan, karena jika sudah memiliki Mood swing yang tinggi ini akan berdampak pada kelainan psikologis yaitu bipolar disorder. Dimana perbedaannya dengan mood swing itu penderita bipolar disorder memiliki mood swing yang tinggi dan sangat mempengaruhi kualitas hidupnya dan mengganggu bahkan bisa “merusak” kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, tak ada salahnya jika sering-sering mengecek apakah mood swing anda masih bisa di atasi atau sebaliknya yaitu berdampak sampai pada merugikan orang lain. Misalnya saja bisa mempengaruhi hubungan interpersonal (dengan orang lain), seperti interaksi dengan saudara, teman, orang tua dll. Karena saat suasana atau pikiran tidak jernih dalam menyampaikan suatu informasi, mau tidak mau cara kita menyampaikan informasi tersebuat sering kali ditanggapi secara terbalik oleh orang lain. Yang berakibat akan salah tanggap atau missunderstanding yang selanjutnya akan menimbulkan percekcokan.

Lalu, sekarang saatnya mencari tahu kira-kira mood swing kita tinggi atau rendah. Jika rendah itu hal yang tidak mengkhawatirkan tapi sebaliknya jika mood swing anda tinggi, berhati-hatilah dan tetap harus waspada. Kendalikan diri melalui hal-hal yang anda sukai atau yang tidak terduga, bisa juga dengan menikmati makanan yang anda sukai. Karena jika masing-masing orang bisa mengendalikan, maka suasana hati yang buruk akan segera membaik…

Sekian informasi dari saya, mari mengecek mood kita masing-masing….jangan sampai kena bipolar disorder lo ya, kalo sudah kena siap-siap berkunjung ke ahli Psikologi atau Psikiater hehehe…Sekian, SEMOGA BERMANFAAT…!!!!


…Is learning how to handle and make bad mood to be a good mood…

$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$

Malang, 27 Februari 2011

….Terinspirasi dari tulisan Bunda Selsa tentang Pribadi Multy

….Obrak-abrik buku lama nemu deh buku “Ingin Sehat, Jangan BAD MOOD…” by : Pangkalan Ide….Yeaaaaaa,huhuy!!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.