Thursday 23 February 2023

Uenak Tenan!!Makan Siang Nasi Krawu Khas Gresik

Uenak Tenan!!Makan Siang Nasi Krawu Khas Gresik. Menjadi pendatang itu rasanya nano-nano, meskipun kotanya tidak jauh dari kota kelahiran saya di Jombang. Tapi menetap di Kota Gresik merupakan hal yang saya syukuri. Salah satu yang istimewa dari setiap kota yang pernah saya tinggali, selain kebiasaan masyarakatnya, daerahnya, aneka makanan khas menjadi daya tarik tersendiri. Betul nggak sih?Nah, selain terkenal dengan ikan bandeng dan pudaknya, Kota Gresik punya makanan khas yang istimewa lho, namanya Nasi Krawu. 

nasi krawu khas gresik
Mengenal Nasi Krawu Khas Gresik
Nasi Krawu (sego krawu) merupakan makanan khas Kota Gresik Jawa Timur. Adapun ciri khasnya adalah nasi yang disajikan dengan suwiran daging, sambal petis dan serundeng. Nasi krawu banyak ditemui di tempat penjual nasi di pinggir jalan ataupun penjual aneka macam kue di pagi hari. Di dekat rumah saya, di pinggir jalan raya ada satu mbah-mbah (nenek) menjual nasi bungkus khusus nasi krawu saja. Merek nasi bungkus khusus nasi krawu yang cukup terkenal karena banyak di temui di daerah Menganti pasar atauoun di daerah Hulaan Menganti. 


nasi krawu khas gresik

Gimana Rasanya?
Sebenarnya saya sudah beberapa kali mendengar makanan yang satu ini, tapi hanya sebatas mendengar saja belum pernah mencoba ataupun beli. Tahun lalau saat main ke rumah mbak yang ada di Balungpanggang, kami dibelikan nasi krawu dong. Akhirnya....makan nasi krawu juga yeay!!.Dibungkus dengan kertas minyak tapi dalam nya ada selembaran daun pisang. Isinya seperti nasi krawu pada umumnya, suwiran daging, serundeng, sambal petis dan serundeng.

Waktu pertama kali buka bungkusnya, cukup terkejut karena dagingnya banyak banget hahaha, serundeng berwarna kuning keemasan bikin makin penasaran, terlebih lagi saat melihat sambel petisnya. Uw....langsung deh disantap. Sambal petisnya cukup pedas,  daging suwir rasanya pedas manis, kalau menurut saya rasanya hampir mirip dengan semur, bumbunya enak jadi pas banget gitu rasanya. Recomended banget deh, teman-teman wajib banget nyobain nasi krawu kalo ke Gresik Jawa Timur.

nasi krawu khas gresik

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Krawu di Gresik
Berikut beberapa tempat makan yang menjual nasi krawu di Gresik Jawa Timur versi Google, dari sekian tempat makan yang paling familiar adalah Bu Tiban karena tempatnya sangat strategis, seringkali lewat di depannya dan selalu ramai pengunjung.

Nasi Krawu Bu Tiban
Alamat : Purimas surabaya, Jalan KH. Abdul Karim.49, Jl. Veteran No.118, Pekelingan, Kec. Gresik.

Nasi Krawu Bu Azza
Alamat : Jl. Panglima Sudirman No.83a, Kramatandap, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik

Nasi Krawu Bu Ida
Alamat : Jl. Veteran No.67, Injen Timur, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik

Nasi Krawu Bu Timan
Alamat : Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo No.760, Dahanrejo, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik

nasi krawu khas gresik

Teman-teman ada yang sudah pernah makan nasi krawu khas Gresik?


2 comments:

  1. Beh mantep ini kelihatannnya nasi krawunya, baru tahu nasi krawu Gresik agak beda sama di Malang. Kelihatannya lebih enak sih, lauknya lebih banyak. Jadi pengin tahu rasanya, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. nasi krawu inilah yang membuat kangen Gresik. Pakai serundeng kuning dan oranye makin enak.
    ada juga krawu dicampur kuah kangkung, belinya dekat pasar Gresik. wait aku lupa nama sayurnya ini apa, hahaha pertanda harus pulang.

    ReplyDelete