Monday 23 January 2023

Serunya Berkunjung ke Maharani Zoo & Goa Lamongan

Serunya Berkunjung ke Maharani Zoo & Goa Lamongan. Sabtu malam tiba-tiba suami berencana mengajak saya dan Aqla ke Lamongan dalam rangka survey lokasi. Tanpa penolakan kami langsung bilang "Ikutttt...!!". Kebetulan kota yang kami tinggali bersebelahan dengan Lamongan, jadi tidak butuh banyak waktu untuk menuju ke daerah Lamongan. Berangkat dari rumah pukul 06.30, sampai di lokasi ternyata masih pagi yaitu pukul 08.00. Setelah beres urusan lokasi suami bingung dong, antara langsung pulang atau jalan-jalan, secara baru kali ini kami bertiga jalan-jalan ke Lamongan. Mumpung masih pagi, mumpung libur akhirnya kami pilih jalan-jalan. Setelah browsing ada apa aja di Lamongan, ternyata lokasi tempat survey nggak jauh sama WBL (Wisata Bahari Lamongan). Cuma 1 kilo aja ahahaha, akhirnya langsung deh meluncur ke WBL.

Maharani Zoo & Goa Lamongan
Tidak lama akhirnya kami sampai di WBL, setelah masuk area parkir yang sangat luas. Kemudian kami membaca brosur plus peta yang diberikan oleh security. Terdapat 2 pilihan tempat wisata yaitu WBL (Wisata Bahari Lamongan) dan Maharani Zoo & Goa. Berhubung tidak ada persiapan sama sekali, termasuk membawa baju ganti misalnya jika Aqla pingin renang. Akhirnya setelah diskusi dengan Aqla khususnya, kali ini kami pilih berkunjung ke Maharani Zoo & Goa.

Maharani Zoo & Goa

Maharani Zoo & Goa merupakan tempat wisata edukasi yang berada di Kota Lamongan Jawa Timur. Mengusung konsep "Sarana Edukasi, Konservasi & Rekreasi" dengan perpaduan nuansa alami Afrika dan Amerika Selatan. Juga menyuguhkan berbagai wahana menarik dan mendidik untuk pembelajaran tentang berbagai jenis satwa dan bebatuan.

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Lokasi

Maharani Zoo & Goa berada di Jalan Raya Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Berlokasi 100 meter dari WBL, terdapat akses khusus yaitu tangga berjalan sehingga memudahkan kita menuju lokasi Maharani Zoo & Goa.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Buka setiap hari, jam operasional 08.30 - 16.30 WIB
Berikut informasi harga tiket masuk :
Weekday : Senin-Kamis Rp 40.000
Weekend : Jum'at-Minggu/musim libur/Hari Raya Nasional Rp 50.000

Note :
- Harga bisa berubah sewaktu-waktu
- Tiket sudah termasuk asuransi
- Anak-anak dengan tinggi badan 85 cm keatas dikenakan tiket penuh
- Dilarang membawa makanan berat di dalam area taman
- Tiket gelang rusak/lepas tidak berlaku lagi (tiket anti air)

Fasilitas

Harga tiket sudah termasuk fasilitas : Taman Satwa, Galeri Satwa, Goa Maharani, Gem Stone Gallery, Playground, Pyramid Kids Pool, Exotic Albino dan Inca Last Temple. Untuk area parkir di Maharani Zoo & Goa tidak terlalu luas, buat yang membawa kendaraan bisa parkir di area WBL yang tepat berada di depan MZG. Selain itu, di dalam juga terdapat banyak toilet. Di pintu masuk dan keluar terdapat banyak penjual makanan dan oleh-oleh seperti olahan dari ikan laut, pakaian dan masih banyak lagi.

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Serunya Berkunjung ke Maharani Zoo & Goa Lamongan

Kebetulan kami parkir di area WBL yang sangat luas, jadi untuk ke MZG (Maharani Zoo & Goa) bisa melewati tangga khusus. Setelah sampai, kami membeli tiket lalu masuk. Saya bawa beberapa snack ringan, air mineral dan susu, Alhamdulillah boleh dibawa ke dalam. Setelah melewati pintu masuk kami langsung disuguhkan dengan berbagai hewan yang ada di sebelah kanan kiri jalan. Untuk koleksi satwanya, disini lumayan komplit dan banyak lho. Seperti biasa, untuk lokasi setiap jenis satwa dikelompokkan sendiri-sendiri. Seperti area khusus monyet, ular, dan sejenisnya.

Disini kita juga bisa menyaksikan astraksi dan edukasi beberapa satwa seperti burung, gajah dan lain sebagainya. Selain bisa melihat banyak satwa yang masih hidup, disini juga terdapat galeri satwa yang isinya ada replika tulang dinosaurus dll, lalu juga terdapat banyak hewan yang sudah mengalami proses pengawetan. Disini semuanya dikelilingi rantai besi karena pengunjung tidak diperbolehkan masuk ataupun memegang. 

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Yang saya suka dari MZG adalah tempatnya sangat rindang, banyak sekali pepohonan, lingkungannya cukup bersih, banyak tempat sampah, tempat duduk untuk istirahat dan toilet. Jika tidak membawa bekal atau makanan, di dalam area juga terdapat beberapa penjual makanan ringan dan es krim. Setelah berkelilig melihat aneka satwa, selanjutnya kami menuju ke Goa Maharani.

Saat melihat mulut goa, Masya Allah...rasanya kalau lihat goa itu merinding banget. Dulu waktu saya SD sering banget diajak alm Abah kesini, hampir setiap tahun. Setelah lulus SD belum pernah lagi kesini. Sekarang kesini bareng suami dan anak, pintu goa masih sama seingat saya. Di dalam goa terdapat keindahan yang sangat luar biasa dari dalam isi perut bumi, berupa stalaktit dan stalakmit yang beraneka macam bentuknya. Karena tanah di dalam goa yang kita injak basah, jadi pastikan hati-hati saat berjalan meskipun sudah ada keset pengaman. Disana juga disediakan pegangan yang ada di pinggir jalan atau tangga.

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Penutup

Berkunjung di Maharani Zoo & Goa yang ada di Lamongan bisa menjadi alternatif mengisi liburan bersama keluarga tercinta. Selain bisa mengenal dan belajar banyak hal tentang satwa yang ada di dunia, juga belajar tentang bebatuan yang ada di perut bumi, yaitu goa. Fasilitas yang cukup komplit juga menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa menghabiskan akhir pekan disini.

Maharani Zoo & Goa Lamongan

Teman-teman ada yang sudah pernah ke Maharani Zoo & Goa Lamongan?ayo dong sharing...



1 comment:

  1. Pas awal ke tempat wisata ini, selalu salfok sama kepiting di atas sana jadi ikon paling khas sih haha. Kebun binatang yang satu ini pasti banyak yang ingin mengunjunginya, baru sekali ke sana juga takjub sama goanya. Binatang yang ada di dalamnya juga menarik, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete