Saturday 7 January 2023

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo. Salah satu wisata alam yang sangat terkenal di Ponorogo Jawa Timur adalah Telaga Ngebel. Nah, kebetulan sekali pas kami pulang tiba-tiba bapak pingin banget ke Ngebel. Akhirnya pagi hari secara dadakan kami jalan ke Telaga Ngebel. Berangkat dari rumah ibu mertua yang ada di daerah Sawo (daerah dekat perbatasan Ponorogo-Trenggalek) kurang lebih pukul 06.00, perjalan cukup lancar. Setelah menempuh kurang lebih 40 menit, akhirnya kami sampai di jalan yang menanjak, menikung dari yang biasa sampai yang lumayan sedikit tajam. Jalanan yang awalnya luas, makin kesini makin sempit tapi masih aman. Artinya harus tetap waspada, terlebih lagi ini kali pertama kami main kesini. Kurang lebih 1,5 jam akhirnya sampai juga di area Telaga Ngebel.

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

Sesampainya di area telaga kami sempat bingung, jalan menuju ke telaga ditutup karena ada perbaikan jalan. Tapi saya melihat ada mobil yang lewat dari jalan sebaliknya akhirnya kami mengikuti. Sempat sedikit kecewa karena jauh-jauh kesini masak harus balik pulang, akhirnya setelah mengikuti mobil di depan. Ternyata jalan tersebut juga ke arah yang sama yaitu ke telaga. Jadi dipinggiran Telaga Ngebel itu ada satu jalan yang melingkar, artinya kita bisa lewat dari dua arah tersebut. Jadi muter gitu jalannya.

Rute Perjalanan

Sampai di Telaga Ngebel kurang lebih pukul 08.00. Suasananya masih sepi, terlihat beberapa pengendara sepeda motor yang lalu lalang. Beberapa warung atau kedai yang berada di pinggir jalan sudah mulai buka. Kebetulan kami baru pertama kali kesini, jadi dari arah Trenggalek langsung menuju Ponorogo Kota ke daerah Jenangan lalu belok kanan, setelah itu bisa ikuti papan rambu menuju Telaga Ngebel. Sebaliknya, jika dari arah Madiun lurus ke arah Dolopo selanjutnya di Dolopo nanti ada papan petunjuk ke arah Telaga Ngebel, ikuti arah papan petunjuk. Atau jika bingung, teman-teman bisa mengandalkan Gmaps seperti kami. 

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

Lokasi Harga Tiket dan Jam Buka

Telaga Ngebel berada di desa Ngebel Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, dari pusat kota kurang lebh 23km. Untuk harga tiketnya, per agustus 2022 harga tiket masuknya Rp 15.000 (tiket bisa berubah sewaktu-waktu), jam buka mulai dari pukul 08.00. Kebetulan pas saya kesini ditutup karena perbaikan jalan, tapi kami lewat jalan tembusannya. Ada area parkir kendaraan roda empat khususnya, tempatnya cukup luas dan masuk ke area seperti lapangan. Untuk parkiran, dikenai biaya Rp 5000. 

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

Ada Apa Saja di Telaga Ngebel Ponorogo

Serigkali melihat pesona keindahan Telaga Ngebel salah satunya lewat media sosial. Karena bapak mertua bolak-balik pingin diajak jalan-jalan, akhirnya pulang kampung kali ini ngajak bapak jalan ke Telaga Ngebel. Meskipun asli Ponorogo tapi ibu bapak belum pernah sekalipun kesini. Pas banget momennya, kesini pagi hari, cuaca cerah dan udaranya segar sekali.

Lalu, ada apa aja di Telaga Ngebel?berikut beberapa keistimewaan dan hal yang bisa dinikmati disini.

pesona telaga ngebel ponorogo

pesona telaga ngebel ponorogo

1. Menikmati suasa alam

Buat yang tinggal di kota, menikmati suasana alam dengan pesona yang sangat menarik dan indah seperti ini menjadi hal yang dinanti. Suasana alam yang indah, danau cantik yang dikelilingi perbukitan, udara yang segar bisa dengan cuma-cuma kita dapatkan disini. Kita bisa jalan kaki ataupun keliling telaga menggunakan kendaraan pribadi.

2. Memacu adrenalin dengan naik speed boat

Bosan duduk manis melihat telaga?naik speed boat keliling mengitari telaga bisa menjadi solusi. Biayanya kurang lebih Rp150.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

3. Kulineran di samping telaga

Hampir 70% area dekat telaga yang ada di pinggir jalan raya ada kedai/warung/rumah makan yang menghadap langsung ke Telaga Ngebel. Kebetulan saya kesana pagi hari, jadi hanya sarapan gorengan, minum kopi dan teh panas. Disini juga banyak penjual buah, terutama durian. Biasa dijajakan di pinggir jalan.

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

Pesona Telaga Ngebel Ponorogo

4. Selfie di banyak tempat kece

Yuhu, buat yang suka selfie dan mengabadikan setiap momen. Disini selain pemandangan danau yang indah, kita bisa juga selfie ataupun foto-foto keren dengan bagron ikon yang keren. 

Penutup

Gimana?tertarik berwisata alam di Telaga Ngebel Pnorogo. Selain pesona alam yang indah, disini kita juga bisa melakukan banyak hal. Seperti kulineran, naik speed boat ataupun berburu durian Ngebel yang sangat terkenal.

Teman-teman ada yang pernah main di Telaga Ngebel Ponorogo?ayo dong sharing..






1 comment:

  1. Lihat air rasanya langsung damai, apalagi telaga itu anteng banget dan suasananya sejuk menenangkan cocok buat healing maupun refreshing. Di Malang di mana ada telaga? Entahlah, kayaknya seru kalau liburan ke tempat seperti ini nikmatin banget keindahan alam yang tenang. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete