Tuesday 31 January 2023

Belajar Keuangan dengan Cara Menyenangkan Menggunakan Money Games Bersama Anak

Belajar Keuangan dengan Cara Menyenangkan Menggunakan Money Games Bersama Anak. Beberapa waktu lalu saya pergi ke warung dekat rumah, tempatnya tidak besar. Kurang lebih 4x4 meter area depan rumah disulap menjadi warung kecil tapi apa aja ada disana, komplit deh pokoknya. Mulai dari sanck, sembako, kebutuhan jahit-menjahit sampai es krim pun ada disana. Saat itu saya ingin membeli uang-uangan untuk materi belajar Aqla tentang berhitung dan keuangan. Sampai di warung sempat cari-cari di bagian mainan anak-anak, Alhamdulillah ada. Saya beli 2 bungkus, yang mana satu bungkus isinya 6 lembar uang mulai dari nominal  Rp 2000 hingga Rp 100.000.

money games
Dari setahun yang lalu Aqla mulai saya ajarkan tentang nominal dan bentuk-bentuk uang yang ada dan digunakan di Indonesia. Tapi berhubung Aqla hampir tidak pernah jajan di warung sendiri karena jajannya sering saya stok di rumah. Jadi belajarnya masih di rumah sama saya. Sesekali kalau pulang ngaji minta beli jajan di warung biasanya saya kasih uang dan Aqla memberikan ke pejual. Meskipun Aqla masih belum paham betul jika ada kembalian, tapi minimal sudah belajar cara bertransaksi keuangan dengan orang lain.

Pentingnya Mengajarkan Literasi Keuangan
Mengajarkan literasi keuangan pada anak merupakan salah satu hal penting yang harus diajarkan sedini mungkin. Sama seperti life skill pada umumnya, harus diajari dan dilatih terus. Dengan kebiasaan yang baik dan positif, anak akan terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Selain itu, juga bisa membantu anak untuk mengontrol diri, bijak dan cerdas dalam menggunakan uang di masa yang akan datang.

Belajar Keuangan dengan Mengamati Hal-hal yang Dilakukan Sehari-hari
Anak-anak merupakan peniru ulung, apa yang dilakukan orangtua biasanya akan mereka amati lalu ditiru. Nah, dari momen-momen seperti inilah kita bisa jadikan ide untuk anak-anak belajar tentang literasai keuangan dengan cara yang menyenangkan. Berikut beberapa hal sederhananya :

money games

- Mengajak si kecil belanja bulanan/mingguan, dari sini anak bisa melihat orangtua mengambil barang, melihat harga, membedakan mana harga yang lebih murah, kemudan ada transaksi seperti memberikan dan mengembalikan uang di kasir.
- Saat menulis anggaran untuk belanja mingguan atau bulanan, ajak si kecil untuk berdiskusi. Misalnya mau menu apa untuk hari senin, apa saja yang harus dibeli, berapa banyak yang harus dibeli dan lain sebagainya.
- Menabung, misalnya dapat uang dari nenek/saudara. Atau ada sisa uang saku harian, anak-anak bisa mengumpulkan terlebih dahulu di celengan kemudian jika sudah terkumpul banyak bisa disimpan di tabungan.
- Mendapatkan upah dari mengerjakan pekerjaan rumah. Beberapa orangtua ada yang melakukan hal-hal seperti ini, misalnya pekerjaan menyapu mendapatkan uang Rp 2000, menjemur baju mendapatkan uang Rp 3000 dan seterusnya.

Melalui hal-hal sederhana diatas, lambat laun anak-anak tidak hanya mengenal tentang nominal uang saja, tetapi mereka bisa belajar bagaimana mengelola keuangan dengan baik.

Money Games Seru untuk Mengajarkan Keuangan Pada Anak
Ada banyak kegiatan yang menyenangkan bagi anak untuk belajar tentang keuangan, salah satunya melalui games. Kapan hari ketika saya bercerita tentang kegiatan Aqla belajar tentang nominal uang di rumah, teman saya merekomendasikan untuk sesekali belajar keuangan melalui games online. Nggak pake lama, langsung browsing dong dan bertemulan saya dengan satu website yang membahas tentang bisnis dan keuangan dimana disana terdapat fitur games untuk anak-anak. Ada beberapa kategori free online video games untuk anak-anak, diantaranya adalah :
- Money Games
- Real Estate Games
- Food Bussinness Simulation Games
- Software Development Games
- Office Politics Games
- Other Fun Games

Dalam satu kategori terdapat banyak pilihan games, menariknya jika kita bermain secara langsung di website kita tidak perlua daftar dulu atau login. Jadi ketika kita memencet tombol gambar games, maka otomatis akan loading beberapa detik dan langsung bisa bermain tanpa ada iklan dan gratis.

Setelah melihat setiap kategori, akhirnya saya memilih Money Games untuk dimainkan Bersama Aqla. Nggak pake lama, langsung main dong. Seperti games pada umumnya, diawal ada keterangan dan cara bermainnya, kita bisa melihat contohnya terlebih dahulu. Namanya juga anak-anak, karena ada banyak pilihan games yang menarik, jadi semua dicoba. Berikut 3 money games yang saya mainkan bareng Aqla :

1.Cash Back
Cash Back merupakan permainan di mana pemain memberi pelanggan kembalian yang benar menggunakan uang kertas dan koin. Sebelum bermain, kita bisa melihat tutorial atau langsung bermain. Kemudian memilih pengaturan yang ingi kita mainkan, termasuk tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit). Caranya bermainnya cukup mudah, yaitu dengan menjawab pertanyaan sebanyak mungkin dengan benar sampai waktu habis.

money games

2.Grochery Cashier
Grochery Cashier merupakan permainan di mana anak-anak dapat berlatih penjumlahan dan pengurangan menggunakan mesin kasir virtual. Disini kita benar-benar menjadi kasir, menghitung dan mentotal semua belanjaan pelanggan. Setiap pelanggan mewakili level permainan lainnya. Di awal hanya dua item yang kita jumlahkan, tapi ketika bermain lebih lama,maka jumlah item akan meningkat sementara batas waktu untuk setiap pelanggan berkurang.

Cara bermainnya cukup mudah, yaitu kita tinggal memasukkan biaya setiap item saat barang berada di meja, setelah itu tekan tombol tambah (+). Setelah memasukkan semua item, klik tombol total. Ada beberapa pilihan pelanggan dalam membayar, ada yang menggunakan vocer ataupun dengan uang cash.

money games

3. Chocholate Shop
Chocolate Shop adalah game simulasi toko makanan. Disini tugas kita adalah melayani setiap pelanggan yang datang. Kita harus melayani pelanggan dengan cepat karena jika tidak, waktu akan habis dan pelanggan akan meninggalkan toko. Sebisa mungkin kita harus mengumpulkan pembayaran pelanggan untuk menyelesaikan transaksi.

money games


Siapapun kalau main games pasti seru banget, games diatas bikin kami kegaihan lho ahahaha. Bukan hanya main sekali dua kali saja, tapi berkali-kali. Apalagi pas main Grochery Cashier, wah seru banget berasa jadi kasir beneran.

Penutup
Sebagai orangtua, salah satu tugas kita adalah mengajarkan anak-anak banyak hal. Salah satunya dengan mengajarkan literasi keuangan yang merupakan salah satu hal penting yang harus diajarkan sedini mungkin. Dengan begitu anak bisa terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Selain itu, juga bisa membantu anak untuk mengontrol diri, bijak dan cerdas dalam menggunakan uang.

Banyak cara untuk mengajarkan literasi keuangan pada anak, mulai dari hal-hal yang sederhana seperti belanja di warung atau belanja bulanan sampai belajar menyenangkan lewat Money Games di website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ .

Teman-teman, ada yang suka bermain games di rumah bersama anak-anak?ayo dong sharing…













24 comments:

  1. Pemahaman akan keuangan memang perlu diajarkan sejak dini kepada anak, mengingat saat besar nantinya juga banyak bertemu dengan masalah ini. Tapi, agak sulit kalau mengajari anak tentang keuangan. Nah, game bisa jadi alternatif yang tepat agar anak tertarik, nih. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Aqla pinterrrr amat naakk
    Btw. Setuju bgt aku mba, bahwa literasi keuangan kudu diajarkan dan dibiasakam sedari dini.
    Kalo ndak, kuatirnya pas Remaja bs merongrong dompet ortunya

    ReplyDelete
  3. Ini anak-anak jadi main sambil belajar juga ya mak, seru banget pasti. Aku pengin juga ah ajakin anakku main gamesnya, dia pasti suka banget nih. Selain melatih dia untuk belajar keuangan juga sih.

    ReplyDelete
  4. Penting banget lho mengajarkan literasi keuangan ke anak2 gini. Biar mereka juga bisa belajar menabung sekaligus menata finansial ke depannya. Aku juga mau ngajak anak2 main money games juga ah.

    ReplyDelete
  5. Seru juga ya money games itu. Org dewasa juga bisa merasakan serunya bermain sambil belajar bersama anak. Metime sama anak sekaligus memberikan edukasi mengenai keuangan. Mau coba jg ah

    ReplyDelete
  6. Wah bagus banget gamesnya. Mulai dari temanya yg edukatif sampe grafisnya. jadi pingin juga nih main gamesnya.

    ReplyDelete
  7. Belajar keuangan bareng anak dengan cara ngegame rasanya seru banget, ya. Anak akan mulai mengerti tentang literasi keuangan yang baik.

    ReplyDelete
  8. Aku uda beberapa kali main games ini sama anak bungsuku dan asik dong. Kerennya lagi, anak-anak ini malah lebih cepet paham game daripada emaknya. Ketika emaknya masih mengeja tutorial game dalam bahasa inggris, anaknya malah sudah langsung lancar main. Setidaknya anaknya dapat game yang asik dan edukatif meski emaknya belum tembus ngebid game-nya wkwkwkw

    ReplyDelete
  9. asyik juga nih mba ..bisa bareng sama anak - anak tapi sekaligus belajar kan ya. Dengan cara begini biasanya jadi lebih masuk dan tidak akan lupa

    ReplyDelete
  10. Setelah membaca tutorial, aku coba main yang Money Games Cash Back lho.
    Seru ya!

    Tapi masih baru sih, Easy, level 4, soalnya masih coba-coba.
    Hahaha.

    Masih penasaran, ntar mau uji nyali lagi!
    Siapa tahu bisa level 10.
    Hmmm.

    ReplyDelete
  11. Wah, Aqla sudah mulai main game edukasi nih. Ini bekal buat ngatur keuangan kelak, siapa tahu nanti jadi akuntan. Keren euy.

    ReplyDelete
  12. Seru juga ya gamenya, anak tak hanya dapat hiburan tapi juga pengetahuan tentang literasi keuangan termasuk mengenal uang dan bagaimana menabungnya ya biar anak cerdas keuangan sejak dini

    ReplyDelete
  13. Wah seru nih
    Penting banget buat anak belajar uang ya mbak
    Kalau pakai games seperti ini pasti lebih mudah dimengerti oleh anak

    ReplyDelete
  14. Wah bener banget mba, anak anak emang udah harus diajarkan literasi keuangan sejak dini. Soalnya aku tipe orang yang gampang kalap mata. Untungnya suami termasuk yang bijak mengelola keuangan, jadi anak anak sudah ditatar ayahnya. Main money game kaya gini pastinya juga membantu banget.

    ReplyDelete
  15. Aku suka banget sama money games kayak ginii. Seruu banget atur keuangan di games! Kalau anak-anak sepertinya akan lebih mudah paham kalau main game gini ya, hiburannya dapet, ilmunya juga dapet.

    ReplyDelete
  16. Sekarang emang makin banyak games gemes yang secara gak langsung ngajarin literasi keuangan yaa. Anak2 pun juga bisa belajar tanpa puyeng2 dan merasa fun. Apalagi anak zaman sekaramg gampang banget menyerap apa2 dari games.
    BTW kalau aku kepengennya skrng2 ini rencana mau beliin anak boardgame kek monopoli :D.

    ReplyDelete
  17. Jika pendekatannya melalui games apalagi ini Money Games, ngajak anak melek pengelolaan financial sejak dini mba, ah serunya jadi pengen punya deh

    ReplyDelete
  18. Nah ini ya sedini mungkin anak2 hrs belajar bagaiman anak bisa terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.klo kayak gini bikin anak mudah ngerti

    ReplyDelete
  19. Wah, seru nih ngajarin anak keuangan lewat games.. apalagi anak itu suka melekat banget memorinya kalo games itu misinya udah selesai. Boleh nih list gamenya aku contek

    ReplyDelete
  20. Setuju banget nih memang literasi keuangan harus diajarkan sejak dini ke anak-anak ya, mbak biar pas dewasa nanti anak bisa mengatur keuangannya

    ReplyDelete
  21. Setuju banget nih memang literasi keuangan harus diajarkan sejak dini ke anak-anak ya, mbak biar pas dewasa nanti anak bisa mengatur keuangannya

    ReplyDelete
  22. Aku sedang mencari cara untuk mengajarkan literasi keuangan kepada anak-anak. Sepertinya bisa nih menggunakan money games ini

    ReplyDelete
  23. Bener banget, Mba. Ajari anak literasi keuangan sejak dini. Pengalaman waktu mengajarkan Abang tuh yaa saya kasih uang jajan. Cukup ga cukup dia yg atur. Awal2 utk 3 hari. Kalau sukses 2 minggu.. Diperpanjang jadi seminggu.. Sukses jalan 2 mgg.. Diperpanjang jadi 2 minggu. Bikin jedanya per 2 mgg. Kalau sukses lagi baru tiap bulan. Alhamdulillah kepake ba get skrg pas dia mondok.

    ReplyDelete
  24. Aku udah cobain bberapa games di website ini dan emang banyak banget ya pilihannya.. Anak-anak gak cuma sekedar nge game.. Tapi secara gak langsung jadi kenal tentang uang dan bisnis..

    ReplyDelete