Thursday, 17 November 2022

9 Kegiatan Seru Saat Pulang ke Rumah Nenek di Kampung

9 Kegiatan Seru Saat Pulang ke Rumah Nenek di Kampung. Sejak kami pindah ke Jawa setelah sekian tahun merantau dan sering pindah antar pulau. Kami jadi sering pulang kampung atau ke rumah ibu, baik ibu Jombang maupun ibu mertua yang ada di Ponorogo. Hal yang selalu bikin bahagia kalau mau pulang ke rumah, karena bisa bertemu dengan banyak saudara. Apalagi kalau pulang ke Ponorogo, selalu excited banget. Karena rumah ibu mertua di kampung, dibilang pelosok nggak pelosok banget. Cuma daerahnya memang dekat dengan pegunungan, jadi seru aja gitu rasanya.

9 Kegiatan Seru Saat Pulang ke Rumah Nenek di Kampung

Nah, kalau pulang ke Ponorogo kami selalu sibuk silaturahmi. Maklum saudara suami banyak sekali, dan tau sendiri bagaimana kondisi di kampung halaman yang satu sama lain kekeluargaannya sangat baik. Nggak hanya saya yang selalu bahagia ketika sampai di desa, Aqla juga nggak kalah bahagia karena bisa bermain sepuasnya di ladang dan kapanpun bisa kasih makan kambing dan lihat sapi di kandang. Berikut 8 kegiatan seru Aqla saat pulang ke rumah nenek di kampung :

1. Main ke rumah mbah yut

Alhamdulillah ibu dari ibu mertua masih ada semua, jadi kalau pulang biasanya kami main ke rumah mbah yut. Dua-duanya rumahnya ada di dataran tinggi, jadi kalau main kesini pasti lama. 

2. Kasih makan kambing dan lihat sapi

Di belakang rumah ibu mertua dan saudara pasti ada kandang kambing dan sapi. Jadi sudah pasti kalau Aqla lagi bosan main di teras, larinya selalu ke kandang kambing sama mbah nanang. 

3. Main ke ladang

Ibu mertua setiap hari pergi ke ladang untuk cari makan kambing, biasanya kalo kami pulang ikut ke ladang. Selain cari makanan kambing, biasanya cari sayuran dan lain sebagainya untuk masak. Sedangkan Aqla main sepuasnya disini.


4. Ikut panen cabe/singkong

5. Tidur di sova jagung

Biasanya kalau ibu mertua panen jagung dan sedang dijemur di area rumah dan teras, Aqla selalu main jagung. Biarpun gatal dan dimarahin ayahnya, tetep saja main ahahaha. Gatal urusan belakang, yang penting bahagia. 

6. Main air lalu menyiram tanaman

Di depan rumah ibu mertua ada kran, biasanya kalau sore Aqla ikutan neneknya menyiram tanaman yang ada di depan dan samping rumah. Beberapa tanamannya ada tanaman buah, cabe dan bayam. 

7. Duduk di depan rumah sambil lihat sawah

Biasanya kalau sore jam 16.00 Aqla sering duduk di depan rumah tetangga yang ada kursinya menghadap ke sawah. Disini biasanya banyak tetangga yang kumpul sambil ngobrol.

8. Pulang dari mbah yut lewat ladang

Biasanya kami naik motor ke rumah mbah yut yang ada di atas, terkadang kami memilih untuk jalan kaki. Meskipun jauh, tapi seru aja rasanya jalan kaki dengan pemandangan yang indah, lewat ladang dan lihat banyak hal dari atas.

9. Lihat nenek masak di pawon (dapur)

Biasanya pagi-pagi bangun tidur Aqla langsung ke dapur, karena kami semua berkumpul di dapur. Seperti biasa, namanya juga anak-anak penasaran apa saja termasuk pawon. Biasanya Aqla banyak tanya ke neneknya, seperti :

"Mbah, lagi masak apa"

"Mbah, kenapa kayunya dibakar?" dst 

Beginilah kegiatan seru Aqla kalau pulang ke Ponorogo, selain bertemu keluarga juga bisa main sepuasnya, ngasih makan ayam dan kambing.


1 comment:

  1. Huwaaa seru banget yaa main di Ponorogo
    nanti kalau mudik lagi, mampir Magetan ke rumah mbahnya Uno
    kita bisa main di sawah

    ReplyDelete