Friday 9 September 2022

Rutin Olahraga Setelah Sembuh dari Sakit Pinggang Selama Satu Bulan

Rutin Olahraga Setelah Sembuh dari Sakit Pinggang Selama Satu BulanSakit pinggang selama satu bulan lamanya yang bikin sangat tidak nyaman beraktivitas membuat saya lebih sadar, terutama pentingnya menjaga pola hidup dan rutin berolahraga. Jadi ceritanya beberapa bulan yang lalu tiba-tiba saya sakit pinggang, salah satu penyebabnya yang saya ingat adalah pernah menggendong Aqla selebihnya tidak ada aktivitas yang membahayakan. Kerasanya itu pagi setelah bangun tidur, awalnya sakit biasa, kalau dibuat bangun rasanya makcleng gitu di area sendi. Sekali kerasa langsung sakit seluruh badan, hicks ngeri banget kan?. Semakin kesini ternyata semakin sakit, bahkan untuk berjalan tegak saja rasanya sakit sekali. Jadi jalannya agak bungkuk, yak arena sakit banget. Masya Allah, luar biasa sakitnya,ngilunya. Katanya sih ini kecetit gitu..yaa, efek dari tiba-tiba nggendong Aqla.

Atau jangan-jangan kaena kegemukan, heu....

rutin olahraga

Ketika saya merasakan kesakitan, beberapa hal yang saya sadari. Saat posisi tidur yang sangat tidak nyaman di berbagai posisi, saat itulah saya tersadar beberapa hal khususnya. Seperti kondisi badan saya yang sepertinya makin gemuk. Ini saja yang seringkali terpikirkan saat sakit pinggang. Mulai dari kegemukan, kolesterol tinggi, lemak menumpuk heuheu, intinya kegemukan gitulah kurang gerak. Akhirnya setelah sakitnya berkurang, saya mulai rutin olahraga ringan seperti jalan kaki sambal berjemur. Saat keluar keringat, badan digerakin dan terkena sinar matahari langsung kerasa banget pinggang saya ini sakitnya berkurang. Setelah itu, saya mulai rutin olahraga tiap hari. Alhamdulillah perlahan sakitnya berkurang dan sekarang sudah normal kembali.

Akhirnya sampai sekarang saya masih rutin olahraga setiap hari, setelah antar Aqla sekolah pukul 06.50. Saya lanjut olahraga jalan kaki keliling area komplek perumahan, awalnya hanya 1000 langkah sampai akhirnya sekarang perlahan mulai 2000-2500 langkah, Alahmdulilah. Selain itu, saya juga mulai menjaga pola makan. Bukan diet ketat melainkan mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makan secukupnya,mengurangi konsumsi nasi, gorengan dan perbanyak makan buah dan sayur. 

rutin olahraga

Setelah rutin olahraga setiap pagi, Alhamdulillah yang paling kerasa banget badan terasa lebih ringan, perut terasa lebih longgar ahaha, nggak begah gitu lho. Selalu ada hal positif dari perilaku atau kebiasaan yang baik. Semoga rutinitas yang baik ini bisa terus saya lakukan.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat,  tidak cukup hanya melakukan pola diet saja seperti mengurangi asupan makanan. Olahraga sangat penting bagi tubuh, karena selain manfaatnya bagus untuk kesehatan fisik juga bagus untuk kesehatan mental juga. Nah, berikut beberapa manfaat dari olahraga yang sangat baik bagi tubuh :

1. Meningkatkan kebugaran dan stamina

2. Mengurangi risiko penyakit tertentu

3. Membakar kalori dalam tubuh

4. Menjaga kesehatan jantung

5. Menjaga berat badan

6. Membantu meningkatkan suasana hati

7. Memperkuat otot dan tulang

8. Membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik

9. Memperbaiki mood dan stres

10. Mencegah obesitas

rutin olahraga

Semarakkan Hari Kemerdekaan RI, JNE Gelar Pekan Olahraga 2022

Ngomongin soal olahraga, pada Hari Kemerdekaan RI ke -77 tahun ini JNE menyelenggarakkan 6 pertandingan cabang olahraga dari tanggal 20-28 Agustus 2022, diantaranya adalah futsal, sepakbola, bola basket, tenis meja, badminton, panahan dan funbike yang diperuntukkan untuk seluruh karyawan. Acara puncak Pekan Olahraga JNE dilaksanakan di Orion Sport Center yang bertempat di Jl. Bandengan Utara Raya no. 73 Kec. Penjaringan Utara, Jakarta Utara. 

Futsal menjadi salah satu olahraga yang paling diminati dan menjadi favorit 58.000 karyawan JNE seluruh Indonesia. Turnamen Futsal di internal JNE pun rutin dilakukan sejak tahun 2007 yang diikuti “Ksatria” dan “Srikandi” JNE (julukan bagi seluruh karyawan JNE), yaitu dalam rangka Hari Kemerdekaan dan HUT JNE yang diikuti oleh seluruh Cabang JNE dan hampir masing-masing departemen memiliki tim unggulan. Puncaknya adalah, JNE berhasil meraih juara 1 Asperindo Cup di Palembang tahun 2017 mengalahkan beberapa tim dari perusahaan ekspedisi dan logistik. 

rutin olahraga

Diikuti 37 klub dari karyawan dan berbagai departemen di JNE Jakarta, pertandingan olahraga cabang futsal dilaksanakan pada (28/08). Adapun hasil pertandingan tersebut Tim Pickup Marketplace meraih juara 1 setelah menekuk Tim Futsal JKT 48. Luky Bachtiar dari Tim Pickup Marketplace menjadi pemain terbaik pilihan Coach Deny Handoyo.

Selain itu, Manajemen JNE yang diwakili oleh VP Marketing JNE, Eri Palgunadi sekaligus memberikan apresiasi kepada Cosmo JNE  FC yang telah berhasil meraih juara 3 pada Profesional Futsal League 2021-2022 yang diwakili oleh Manajer Tim, Hansen Tjubianto, kemudian dilanjutkan pertandingan Fun Match antara Cosmo JNE FC melawan Tim Futsal JNE Jakarta, untuk memeriahkan Pekan Olahraga JNE 2022. 

Eri Palgunadi, selaku VP Marketing JNE menyampaikan, “Mewakili keluarga besar JNE, kami merasa bangga, bahwa momen Pekan Olahraga JNE 2022 setelah vakum selama lebih dari 2 tahun, dapat kembali digelar. Momen yang tepat ini untuk kembali memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan untuk dapat berprestasi memberikan penampilan terbaiknya di masing-masing cabang olahraga. Selain itu hadirnya Cosmo JNE FC dapat memotivasi karyawan JNE agar terus berprestasi”.

rutin olahraga

Sementara itu, Pelatih Kepala Cosmo JNE FC, Deny Handoyo menyatakan, animo para karyawan JNE dalam mengikuti ajang Pekan Olahraga JNE 2022 begitu tinggi. “Saya sangat mengapresiasi JNE yang mengadakan event olahraga untuk para karyawannya. Ini sangat bagus untuk kebersamaan, tim dan juga mencetak atlet dalam cabang olahraga masing-masing. Siapa tahu dari 37 tim futsal yang bertanding, ada pemain bagus dan nantinya bisa gabung di Cosmo JNE FC. Lanjutkan terus event olahraga seperti ini,” tandasnya.

Semoga dengan diadakannya acara seperti ini, Ksatria dan Srikandi JNE bisa berprestasi di lapangan dan tentunya bisa memperkenalkan nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas, di mana JNE suka berbagi, memberi dan menyantuni, sehingga tagline “Connecting Happiness” dapat terwujud sehingga dapat memberikan manfaat seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat  Indonesia.  

 

27 comments:

  1. Duh kalau soal sakit pinggang memang sulit buat ngapa-ngapain apalagi menyiksa banget. Buat kegiatan makin sakit, mantep ini langsung olahraga setelah sembuh. Itu pakai aplikasi apa Bun larinya, memudahkan nih kalau bisa tahu perhitungannya. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. Saya dulu juga suka sakit pinggang. Ini makanya rutin morning walk atau jalan sore. Mana yg sempat & hari cerah aja. Kadang keduanya, jadi pas 10 ribu langkah. Saya pun nulai dari seribu langkah, lama2 bisa rutin 5 ribu kalo pagi atau sore aja. Ini month period juga jadi lancar, & gak ngalamin keram dll. Keren ya JNE mendukung hidup sehat dengan berolahraga.

    ReplyDelete
  3. huwaaa mbak, itu kenapa gendong Aqla? gerakan tiba-tiba memang dapat memicu saraf kecetit. Alhamdulillah jadi lebih sehat yah sekarang.

    ReplyDelete
  4. Kalo saya rutin seminggu sekali olahraga simple aja..bersepeda sekitar kampung atau strecing di halaman rumah terus badminton sama tetangga

    ReplyDelete
  5. Bener banget. Kalau gemuk itu bawaannya di badan udah enggak nyaman, ya. Aku lagi mengumpulkan semangat buat rutin olahraga, nih

    ReplyDelete
  6. Aku juga sekarang udah mulai jalan pagi Zwaaan. Cuma keliling komplek aja palingan sekitar 30 menit, tapi diusahakan setiap hari sih. Lumayaaan kerasa lebih enak badannya yaah

    Keren banget JNE gak hanya peduli ama UMKM aja ternyata concern juga ama kesehatan yah, futsal tuh olahraga kesukaan Fathir banget sih hehe

    ReplyDelete
  7. Memang deh kuncinya tuh kita harus gerak setiap hari, gak hanya gerak untuk urusan domestik rumah saja. Tubuh juga butuh olahraga ya mak, aku saja sempat berhenti olahraga karena waktu itu covid langsung gak enak badannya.

    ReplyDelete
  8. Berasa memang mba, kalo rutin olahraga itu. Sejak oandemi, mau ga mau aku yg tadinya males olahraga, ya harus mau. Demi imun tubuh ga gampang sakit kan. Dan setelah rutin, memang badan jadi berasa bertenaga, ga mudah capek dan mood terjaga sih apalagi kalo baru selesai workout, dengan keringat banjir, itu ntah kenaoa malah ada kepuasan tersendiri.

    Aku juga ngerasa metabolisme jadi bagus, Krn makanan yg di makan juga lebih cepat dicerna, ga hanya berubah JD lemak di tubuh 😄

    ReplyDelete
  9. Pekan Olahraga JNE ini jadi semacam porseni ya buat anak-anak sekolah. Kegiatan ini juga bisa jadi indikasi kalau karyawan JNE terjaga kesehatannya karena rajin olahraga. Semoga kita sebagai pelanggan JNE juga selalu sehat ya mbak. Olahraganya jalan kaki pun gpp, yang penting ada niatan untuk bergerak

    ReplyDelete
  10. Haduh aku tau banget rasanya kecetit itu menyiksaaaa banget. Coba berbaring telentang di atas lantai selama 15 menit sama rajin squat mba.
    Btw JNE yang mengadakan event olahraga untuk para karyawannya keren banget deh.

    ReplyDelete
  11. Menjadi karyawan JNE tentu senang ya bisa ikut Pekan Olahraga JNE ini. Aktivitas olahraga juga menambah semangat beraktivitas jadi kerja pun lancar jaya ya. Aku juga kalo rutin olahraga, jalan kaki atau yoga gitu berasa tubuh jadi bugar, mbak

    ReplyDelete
  12. Ini jadi PR banget buat aku juga untuk rajin berolahraga supaya sehat selalu dan dapat mengurangi berat badan yang mulai membengkak nih..Yuk bisa yuk, jangan mager mulu *ngomong sama diri sendiri*

    ReplyDelete
  13. Rutin olahraga emang baik untuk kesehatan ya mbak
    JNE Ini sangat memperhatikan karyawannya y
    Pasti karyawannya jadi sehat dan bugar.
    Juga HEPI bisa ikut pekan olahraga ini

    ReplyDelete
  14. memang banyak aktivitas bergerak dan berolahraga penting ya mba, untuk menjaga kesehatan kita tentunya

    ReplyDelete
  15. Aku juga jadi banyak keluhan sejak gak olahraga rutin.
    Sedih banget kalau sudah sakit tuh... Rasanya kaya "Habis ini mau rajin olahraga, janji."

    Dan JNE mendorong semua karyawannya untuk tetap hidup sehat dari segi fisik dan mental.

    ReplyDelete
  16. Olah raga memang baguss buat kesehatan karena usia tak.lagi.muda saya suka olah raga yoga mak.. apalagi buat olah nafas dg yoga bagus. JNE keren semoga tambah jaya

    ReplyDelete
  17. iya mbak, aku juga pernah salah urat ketika bangun dari jongkok ke berdiri, sakitnya luar biasa banget. Alhamdulillah akhirnya sembuh. memang penting ya rutn olahraga agar badan jadi lebih sehat dan luwes

    ReplyDelete
  18. Saya pun merasa kelebihan BB nih Mba. Olahraga paling cuman jalan kaki kalau Cari makanan atau belanja di Mang Sayur. Biasanya cuman keliling kompleks aja sih. JNE ini banyak kegiatan positif untuk karyawannya ya. Program CSRnya juga oke nih. Moga nanti JNE makin sukses dan banyak menebar manfaat buat sekelilingnya

    ReplyDelete
  19. Nah, bener banget Mak kadang posisi tidur yang ga nyaman akan bikin badan kita sakit-sakit pas bangun. Alhamdulillah udah mulai menyadari ya, kemoon bergeraak olah raga . Etapi, keren tuh JNE yang mengadakan Pekan Olahraga JNE, semoga pda sehat terus semuanya.

    ReplyDelete
  20. Sakit pinggang emang sangat tidak nyaman. Jangankan sakit, pas sehat saja olahraga saya masih suka abai dan malas, hehe. Btw, JNE selalu kreatif dan inovatif ya dengan programnya. Sukses terus deh untuk JNE.

    ReplyDelete
  21. Kebayang tersiksanya ya sakit pinggang cukup lama Alhamdulillah sudah dapat solusinya dengan berolahraga teratur, sama dengan JNE, selalu kagum dan salut dengan programnya yang kreatif, inovatif dan tepat sasaran

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah sudah sembuh ya mba.. semangat menjaga kesehatan. Btw aku juga sedang memulai rutinkam olga dirumah nih, karena ada baby jadi belum bisa olga keluar rumah. Semoga bisa konsisten..

    ReplyDelete
  23. wow takjub membaca angka jumlah karyawan JNE. Sebanyak itu. Tapi JNE emang keren sih, karyawannya sangat diperhatikan.

    ReplyDelete
  24. Semoga sehat terus Mbak. Sakit pinggang nggak kumat lagi. Duh kebayang itu sakitnya. Hiks.

    Masyaa Allah tabarakallah JNE juga turut aktif berkiprah di dunia olahraga. Semoga sukses terus JNE

    ReplyDelete
  25. Sempet kesentil sama omomgan atasa waktu bilang saya jarang olahraga karena saya mengeluhkan sakit pinggang wkwkwk tapi emang mba manfaat olahrga tuh buanyak

    ReplyDelete
  26. Oke banget nih program dari JNE yang kali ini lewat komunitas olahraga. Kayanya setelah masuk ke cabor futsal, perlu masuk ke cabor zumba Mak. Coba besok diajukan yak siapa tau bisa hehehe

    ReplyDelete