Tuesday 16 November 2021

Resep Homemade Burger Bun

Satu tahun yang lalu, anak saya mulai suka banget sama burger. Gara-gara dia suka banget nonton Spongbob ahaha. Pas jalan sore mau beli buah disamping minimarket, tiba-tiba Aqla minta beli burger yang kedainya disamping toko buah pas. Sekali makan burger habis dalam hitungan menit, yang tersisa hanya kertas rotinya saja. Sayur mentahpun nggak ada yang dibuang, padahal saya sudah suudzon kalau sayurnya ngak bakal mau, tapi salah...artinya beneran habis dong burgernya plus sayur-sayurnya ahaha.

Sejak tau "enaknya" burger, Aqla lumayan ketagihan. Hampir tiap keluar sore pasti minta burger, wkwkwkwk... silahkan dihitung aja mak's, 3 (hari) dikali 12.000 wkwkwkwk...mulaiii mulaiii. Akhirnya hari keempat nggak keluar dong, takut dipalak wkwkwk. Karena takut dipalak kalo anak ikut keluar rumah, akhirnya kepikiran buat bikin roti burger sendiri. Setelah scrolling di instagram, akhirnya nggak sengaja lihat resep yang lagi hits. Banyak yang bikin gitu, yaudah deh latah, akhirnya bikin roti burger deh.

Ohya, lumayan banget kalo ada stok roti burger. Setelah selesai belajar biasanya Aqla minta camilan, nggak perlu lama bikin burgernya, tinggal bikin telur dadar, kasih sayur, saos dan mayones, jadi deh burger bun. Ohya, saya bikin roti burgernya pakai Mixer IL-221a IDEALIFE, praktis banget tinggal mixer aja adonan rotinya,praktis. 

Baca juga : Resep Donat Empuk Tanpa Kentang Anti Gagal

IDEALIFE - Proffesional Stand Mixer - Mixer Berdiri - Multi Speed (IL-221a)

Merupakan produk terbaru dari brand Idealife.  Stand Mixer IL 221a Idealife bagus untuk pemula. Body  plastik, desainnya minimalis, cantik dan warnanya putih ada aksen warna birunya. Kapasitas bowlnya untuk  5 liter atau sekitar 1 kg tepung tapi biar mixer lebih awet sebisa mungkin 500 gr tepung saja ya. Bagian atasnya ada top cover yang ada lubangnya sebagai pelindung mixer agar terhindar dari cipratan saat mengaduk bahan.

Khusus untuk pemakaian Stand Mixer IL 221a di sarankan untuk keperluan rumah, dengan pemakaian normal, dan tidak di pakai untuk volume dagang/jualan ya. Satu set stand mixer terdapat 3 pengaduk, whisk : untuk telor, krim, saus, mayonais, kue, telur putih dll. Beater untuk mengaduk mentega atau adonan kue, kue kering dll. dan dough untuk mengaduk sekaligus menguleni adonan berat seperti yeast dought, roti, donat, bakpao dll.

Cara memasang pengaduknya juga lumayan cukup mudah, lepas pasangnya cukup diputar lalu bisa langsung dilepas. Top covernya juga bisa dlepas, cara menutup mixernya juga tinggal ditekan saja. Terus yang bikin saya suka dari satand mixer ini adalah suaranya yang cukup halus tidak bising. Lalu daya wattnya mulai 200 watt hingga 1000 watt. Dilengkapi dengan anti geser dibagian bawah, ada 4 karet, jadi mixer nggak bakal kegeser waktu mengocok. Mixer ini juga dilengkapi dengan overheat protection ( Thermostat) dimana fitur ini membuat alat listrik terhindar dari resiko korsleting atau terbakar. Kalau mesinnya sudah panas mesinnya otimatis berhenti, kalau sudah dingin baru bisa dipakai lagi, jadi aman banget. 

Nah, untuk Stand Mixer IL-221a Idealife harganya 2.205.000 bisa dipesan di official store Shopee, Tokopedia (idealifeoutlet). Buat teman-teman yang ingin tahu banyak produk Idealife bisa cek di instagram Idealife (@idealifeonline_) .

Baca juga : Cara Mudah dan Praktis Membuat Pastel Pangsit

Resep Homemade Burger Bun

Untuk resep roti bunnya, saya pakai resepnya @moucup, jadi ini resep roti yang sempat viral di duni perbakingan di instagram. Namanya Condensed Milk Bread.

Condensed Milk Bread

Recipe @moucup

Bahan :

355 gr tepung protein tinggi (cakra) 

180 ml air/susu 

115 gr susu kental manis 

6 gr ragi (fernipan)

3 gr garam

30 gr butter

Toping, wijen

Cara  membuat :

1. Campur susu cair dan susu kental manis...lalu beri ragi aduk rata...masukan tepung...uleni/mixer setengah kalis...masukan garam dan butter..uleni/mixer sampai kalis elastis...windowpane test.

2. Istirahatkan selama 1 jam

3. Bagi adonan sesuai selera, bulatkan dan istirahatkan 10min.

4. Tata dalam loyang, olesi susu cair, tebur wijen. 

6. Panggang oven suhu 175C api atas bawah 25-30 menit atau sampai matang...sesuaikan oven masing2.

7. Setelah matang oles dengan butter.


Cara Membuar Burger Bun

Bahan :

Roti burger

Telur dadar

Selada

Timun iris

Tomat iris

Saos tomat/saos sambal

Mayones

margarin

Cara Membuat :

Panaskan teflon, olesi dengan margarin, belah roti jadi dua, panggang. Siapkan roti bagian bawah, beri telur dadar, tomat, timun, saos dan mayones. Lalu tutup dengan roti bagian atas, sajikan.


- SELAMAT MENCOBA -

26 comments:

  1. Duh burger pengen banget nyobain apalagi sampai buat sendiri, kalau beli kadang mahal dan pasti ada bahan yang tidak disukai atai tidak cocok :)

    ReplyDelete
  2. paling enak kalau bisa bikin burger sendiri, aku sendiri juga doyan burger
    kalau bikin bisa puas-puasin nambah topping juga

    ReplyDelete
  3. anakku juga termasuk yang telat suka sama burger, baru-baru ini banget, lebih tepatnya baru 2 tahunan inilah, dan dia beneran tergila-gila sama burger.

    ReplyDelete
  4. bikin burger sendiri di rumah bisa jadi aktivitas seru bersama anak ya mbak
    aku juga sering bikin burger di rumah, tapi roti dan dagingnya beli, di rumah tinggal plating aja
    nambah nambah isian burger sesuka hati, hehe

    ReplyDelete
  5. Duh kudet banget aku. Baru tau wujud burger bun kaya gimana. Kalo aku ngebayanginnya ya kaya burger yg biasa ada. Lumayan gampang bikinnya dan jelas full gizi dong ya. Karbonya dapet, protein ada ditambah dg sayurannya juga. Sip banget dah.

    ReplyDelete
  6. Burger bun nya menul2 gitu sih..gemeshh deh. Masyaallah telaten banget kalo aku bun beli jadi aja wes hahahha...

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah bikin roti burger sendiri. Selalu beli yang udah jadi. Mungkin sesekali harus cobain. Karena kalau untuk daging burger, lumayan sering bikin

    ReplyDelete
  8. Nggak kebayang aku tuh bikin roti burger sendiri mba. Ini tampilannya cantiknya mba. Makasih resepnya ya mba

    ReplyDelete
  9. Waah asyik nih kalau punya mixer yang bisa ngaduk adonan burger. Secara kalau ngaduk roti tuh kudu punya mixer yang kuat dan bagus, biar ga mudah panas mixernya. Karena adonan roti kan lumayan berat. Pengen buat deh, cuma panggangannya ada di rumah papa... hiks.

    ReplyDelete
  10. Wah jadi mau nyobain bikin mini bun biar sekali hap ya. Bikinnya agak lama makannya tinggal hap hehehe. Tapi puas sih kalau bikin sendiri ya

    ReplyDelete
  11. ya ampun ini praktis bener miksernya, kukira sampai harga berapaan. Bisa nih dipakai pas anak minta dibikinin burger, roti,...soalnya anak dua mayan juga aku kalau pergi kena palak mulu huhu. Klaau bikin dewe kan jadi banyak, emak bapak ikut makan burger juga.
    Cuz, bisa di recook nih resepnya

    ReplyDelete
  12. Di rumah kami dan saya sendiri juga suka burger Mbak. Tapi jarang bikin sendiri dan kebanyakan beli. Nah kalau bikin sendiri tentunya jauh lebih sehat ya karena ada beberapa bahan yang bisa dikurangi atau ditambahkan. Disamping juga selalu melatih keterampilan masa untuk anak-anak

    ReplyDelete
  13. waah...kok saya ga pernah kepikiran bikin rotinya sendiri yaa..selama ini kalo bikin burger rotinya pasti beli. Daging isiannya yg bikin sendiri. Jadi mupeng sama mixernya euy..

    ReplyDelete
  14. fotonya bagus, jadi menggiurkan. kayaknya aku harus punya mikser seperti itu. buat bebikinan roti donat dll bisa makin mantep

    ReplyDelete
  15. Aku lho tiap hari nonton Spongbob dan gak ada tergoda-godanya sama burger. Eh beda usia sama Aqla ya, hahaha. Kalau di rumah ada Stand Mixer IL 221a Idealife, dah gak usah jajan di luar. Ngadon sendiri dan lebih aman

    ReplyDelete
  16. Wiiihh mantul nih rajin bikin roti burger sendiri, menul2 pula hasilnya cakeeepp. Jd pengen beli juga. Naksir juga sama mixernya nih buat menggantikan mixwer lama di rumah. Seru ya kalau bikin burger bener2 dr awal dan homemade semuanya :D

    ReplyDelete
  17. Anakku juga suka burger, aku juga suka Mak. Asyik ya bisa bikin sendiri, lebih sehat dan lebih irit. Kalau aku, rotinya beli Mak. Belum pernah bikin, hehehe.

    ReplyDelete
  18. Duh, Burger Bun ini bikin ngiler. Rajin banget Mba bikinnya. Emang hobi masak kayanya. Makasih banget resepnya. Nanti kalau mau coba bikin, Liat ah resep di sini. Stand mixernya kece gini, jadi pengen punya.

    ReplyDelete
  19. Aku selama ini belum pernah bikin burger bun sendiri. Seru juga ya kalo bikin sendiri, bisa dibentuk ukuran besar atau kecil sesuai selera. Burger nya udah kayak di kedai-kedai itu

    ReplyDelete
  20. Ternyata burger juga bisa dibuat di rumah ya. Selama ini image burger hanya bisa dibeli tidak bisa dibuat begitu melekat di fikiran saya haha.

    ReplyDelete
  21. Boleh dicoba nih resepnya mak, siapa tahu saya berhasil, hehehe. Btw foto nya juga bikin ngiler yak

    ReplyDelete
  22. Ya Allah..
    Aku mau bilang, ini kenikmatan yang hakiki tau, teh... (1) Bisa memenuhi keinginan anak
    (2) Masak sendiri
    (3) Masaknya penuh cinta
    (4) Ide masaknya gak habis-habis..

    Teteh, aku gak bisa berenti nyebutin point-point kekagumanku sama teteh.

    Ini bisa banget bikin roti burger sendiri. Aku kan jadi pengen jadi Mrs. plankton buat curi resep rahasia bikin burger enak teteh..
    ((padahal uda ditulis di blog yaak...wkkwkw))

    ReplyDelete
  23. Du du du jadi lapar aku. Anakku juga bolak-balik request minta bikin burger di rumah karena kadang bosan kalau beli. Katanya kalau bikin sendiri di rumah dagingnya bisa lebih tebel dan enak. Tapi Emaknya malas nyari resep rotinya. Ternyata mudah saja kalau ngikut resep ini. Sabtu besok coba ah.

    ReplyDelete
  24. Kalau mba HM Zwan yang masak,lainnya wes melipir. Apapun jenis bahan makanan bisa diolah dengan baik dan pastinya enak

    ReplyDelete
  25. Burgernya begitu menggoda. Aku pun ngiler deh Mba. Impian pengen punya mixer kaya gitu deh mba, ssupaya rajin baking hehehe.

    ReplyDelete
  26. Slots.lv Casino: What is the best place to play games
    Slots.lv 양산 출장안마 is a 계룡 출장안마 Microgaming company that 경기도 출장안마 specializes 인천광역 출장샵 in online 경상남도 출장마사지 gaming. It operates a number of video slots, poker, bingo, and casino games. Rating: 3.2 · ‎4,846 votes

    ReplyDelete